Sukses

6 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami, Banyak Makan Protein hingga Pilih Shampo yang Tepat

Berikut ini deretan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut yang tebal secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa dari kita beruntung dilahirkan dengan rambut tebal dan berkilau alami, tetapi bagi banyak orang, hal itu mungkin membutuhkan usaha. Meskipun Anda selalu bisa mengakalinya dengan menggunakan shampo penambah volume rambut, ini hanya solusi sementara dan tidak benar-benar memengaruhi struktur batang rambut Anda. 

Namun sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dan tebal, dan sebagian besar metode ini sederhana dan terjangkau. Dilansir dari Brightside, Minggu (12/11/2023) berikut ini deretan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut tebal secara alami. 

1. Tambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan Anda

Jika Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, Anda mungkin ingin lebih memperhatikan berapa banyak zinc yang Anda dapatkan dari makanan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak makan daging berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan seng, yang pada akhirnya dapat menyebabkan rambut rontok. 

Karena protein membantu tubuh mendapatkan manfaat maksimal dari nutrisi penting ini, vegetarian dan vegan harus mengonsumsi zinc dua kali lebih banyak dari yang direkomendasikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Pilihlah shampo yang lembut

Shampo favorit Anda mungkin menghasilkan busa yang luar biasa, tetapi jika Anda ingin rambut Anda lebih tebal secara alami, Anda mungkin perlu membaca labelnya dengan lebih cermat. 

Sulfat yang menyebabkan busa berbusa tidak memberikan manfaat apapun pada helai rambut Anda, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif dan rambut tipis. Meskipun efektif dalam menghilangkan kotoran, sulfat juga dapat menghilangkan terlalu banyak minyak alami yang dibutuhkan rambut Anda agar tetap sehat.

3 dari 6 halaman

3. Jauhi alat penata rambut

Ketika Anda hampir tidak punya waktu untuk menghabiskan kopi di pagi hari, sangat wajar jika Anda ingin menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut Anda secepat mungkin. 

Namun alat penata rambut dengan suhu panas tinggi sebenarnya dapat menghalangi Anda mendapatkan helai rambut yang lebih tebal dan kuat. Jika Anda memberikan panas langsung ke rambut, hal ini akan menciptakan lubang kecil di lapisan pelindung rambut, yang dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan.

4 dari 6 halaman

4. Perhatikan kulit kepala Anda

Anda mungkin menggunakan scrub dan eksfoliator untuk menjaga kulit wajah dan tubuh Anda tetap halus, tetapi kulit kepala Anda juga membutuhkan perawatan yang sama. 

Kelenjar di kulit kepala Anda menghasilkan sebum yang menumpuk seiring waktu, dan shampo saja mungkin tidak cukup untuk menghilangkannya. Menggunakan exfoliant untuk kulit kepala membantu menjaganya tetap sehat dan mendorong rambut Anda tumbuh lebih cepat.

5 dari 6 halaman

5. Jangan terlalu sering menggunakan dry shampoo

Jika Anda tidak punya waktu atau tenaga untuk mencuci rambut dengan benar, Anda mungkin tergoda untuk menyemprotkan dry shampoo pada rambut Anda yang kurang segar. Meskipun aman untuk digunakan sesekali, penggunaan dry shampoo terlalu sering dapat merusak rambut Anda dan menyebabkan kerusakan, penyumbatan folikel, dan bahkan rambut rontok.

6 dari 6 halaman

6. Jangan lupakan vitamin C

Selain banyak manfaat kesehatannya, vitamin C dapat menguatkan rambut dan membantunya tumbuh lebih tebal. Ini penting untuk produksi kolagen, mencegah kerusakan, dan bahkan mencegah rambut beruban dini. Sebagian besar dari kita tahu bahwa jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik, tetapi jeruk juga dapat ditemukan pada brokoli, kangkung, dan stroberi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.