Sukses

10 Khasiat Bengkoang yang Jarang Diketahui, Salah Satunya dapat Melawan Kanker

Bengkoang menjadi salah satu sayuran yang miliki segudang manfaat. Biasa disebut "kentang Meksiko", Bengkoang mengandung antioksidan yang bisa melawan sel kanker. Selain itu, ada 10 manfaat lainnya yang dapat kamu dapatkan jika mengonsumsinya lho!

Liputan6.com, Jakarta - Banyak sekali buah-buahan dan sayuran di dunia yang dapat menjadikan tubuh Anda lebih sehat. Salah satunya Bengkoang, atau yang dikenal dengan sebutan “kentang Meksiko”. Bengkoang merupakan salah satu sayuran yang banyak digunakan di Amerika Tengah.

Sayuran ini merupakan tanaman umbi-umbian berkulit coklat, yang kaya akan manfaat bagi manusia. Bagian tanaman yang dapat dimakan berada di bawah tanah, yang merupakan umbinya, ini juga disebut sebagai kastanye air Meksiko.

Akar Bengkoang kaya akan serat dan membantu tubuh Anda dalam mengatur sel darah, gula darah, dan tekanan darah, sehingga merupakan makanan yang baik bagi orang yang menderita penyakit kardiovaskular.

Nilai Gizi pada Bengkoang

Bengkoang adalah sayuran akar yang renyah dan berair, yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tanaman ini termasuk ke dalam kacang-kacangan, dan memiliki nama ilmiah Pachyrhizus erosus. Nama "jicama" berasal dari kata Nahuatl "xīcamatl", yang berarti "akar berbonggol".

Bengkoang adalah sayuran besar berkulit coklat yang tumbuh hingga panjang 20 inci. Daging Bengkoang berwarna putih dan renyah. Rasanya sedikit manis, terkadang puncak, dan rasa pedas.

Sayuran berkulit coklat ini baik untuk Anda, dan merupakan sumber yang kaya serat. Ia juga merupakan makanan rendah kalori, jumlah kalorinya menjadikannya makanan yang sehat. Bengkoang bisa dimakan mentah, dimasak, atau diasamkan. Sayuran ini seringkali digunakan sebagai tambahan dalam salad, tumisan, dan bahkan sup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Melansir dari Pink Villa, Bengkoang memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh. Ia juga memiliki banyak khasiat tambahan yang membuatnya lebih baik bagi penderita diabetes. Sayuran ini memiliki manfaat sebagai berikut untuk tubuh.

1. Tinggi Serat: Serat Bengkoang membantu pencernaan, penurunan berat badan, dan pengendalian gula darah. Oleh karena itu, membantu pergerakan serat yang tepat waktu dapat membantu penyerapan air yang memadai.

2. Prebiotik: Bengkoang mengandung inulin, sejenis prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh. Efek jangka panjang dari sayuran ini juga membantu melawan infeksi.

3. Indeks Glikemik Rendah: Banyak sekali manfaat Bengkoang bagi penderita diabetes. Bengkoang memiliki indeks glikemik rendah atau beban glikemik rendah. Hal ini tidak membuat kadar gula darah naik. Anda juga bisa memakannya sebagai camilan tumis, dan tidak meningkatkan kadar gula.

4. Sumber Antioksidan yang Baik: Bengkoang melindungi sel dari kerusakan. Kedua senyawa di sini membantu melindungi lapisan dalam usus dan membuat Anda tetap sehat. Inilah salah satu manfaat Bengkoang untuk kulit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bengkoang Lainnya

5. Melawan Kanker: Antioksidan dalam Bengkoang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Secara khusus, Bengkoang telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Bengkoang mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membantu melawan penyakit jantung. Denyut jantung yang lebih tinggi memastikan tubuh Anda membakar lebih banyak lemak, dan melindungi hati dari perkembangan sindrom hati berlemak.

7. Meningkatkan Pencernaan: Serat dalam Bengkoang dapat membantu menjaga sistem pencernaan berjalan lebih lancar. Hal ini karena kandungan serat pada Bengkoang yang berperan.

8. Baik untuk Bakteri Usus: Serat prebiotik dalam Bengkoang dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus. Ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk peningkatan pencernaan, kekebalan, dan suasana hati. Ini adalah salah satu manfaat paling penting dari Bengkoang.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan: Manfaat jus Bengkoang termasuk rendah kalori. Makanan berserat tinggi ini dapat membantu Anda merasa kenyang.

10. Serbaguna: Bengkoang bisa dimakan mentah, dimasak, atau diasamkan. Karena sayuran ini memiliki rasa umami, Anda bisa membuat berbagai macam bahan darinya. Orang yang sedang diet dapat dengan mudah mengonsumsinya tanpa khawatir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.