Sukses

Viral Ibu Nyaris Buang Bayi di Stasiun Diduga Alami Baby Blues, Apa Itu?

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang ibu nyaris membuang bayinya di Stasiun Pasar Minggu, karena mengalami baby blues, apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang ibu nyaris membuang bayinya di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam video tersebut terlihat seorang petugas keamanan menggendong bayi yang menangis. Sementara petugas lain berusaha menenangkan ibu yang bersangkutan.

Saat sedang ditenangkan, ibu tersebut terlihat sempat mengamuk dan tampak menolak dibantu oleh petugas.

"Biarin bapak," kata sang ibu dikutip dari unggahan yang diunggah oleh akun TikTok @akaross_, Selasa (5/9/2023).

"Kok biarin, ibu? Kenapa ibu, kenapa? Kan bisa diomongin baik-baik," jawab petugas keamanan di stasiun.

Sementara itu, ada pula penumpang wanita yang juga turut menenangkan sang ibu

"Ibu kenapa, bu, ibu enggak boleh gitu bu," timpal sang penumpang.

Video tersebut pun menjadi viral dan banyak orang menduga bahwa sang ibu mengalami baby blues. Sebenarnya apa itu baby blues yang kerap dialami oleh ibu yang baru melahirkan? 

Dilansir dari Very Well Mind, Selasa (5/9/2023) istilah “baby blues” mengacu pada perubahan suasana hati emosional yang dialami banyak ibu dalam dua minggu pertama pasca-persalinan. Perasaan cemas, kecewa, sedih, gelisah, dan ketidakpastian semuanya merupakan indikasi baby blues.

Periode singkat suasana hati yang buruk ini sangat umum terjadi, diperkirakan 85% ibu baru mengalami baby blues. Dalam beberapa kasus, perasaan ini mungkin mulai muncul sesaat sebelum kelahiran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Baby Blues?

Baby blues disebabkan oleh perubahan hormonal dan masuk ke dalam dunia peran sebagai orangtua yang menimbulkan stres tersendiri. Perubahan fisik dan dampak emosional sangat ekstrem dan dapat menyebabkan sedikit kegelisahan dan tekanan saat Anda memikirkan cara menavigasi dunia baru Anda.

“Pemulihan fisik setelah melahirkan, fluktuasi hormonal yang dramatis, dan gangguan tidur merupakan pemicu stres yang signifikan,” catat Rachel J. Dalthorp, MD, psikiater di LifeStance Health. 

Dia menambahkan, “Para ibu mungkin merasa gugup dalam merawat bayinya atau khawatir tentang perubahan hidup mereka sejak bayinya lahir.”

Pikiran-pikiran tersebut dapat menyebabkan ibu dan ayah baru merasa sedih atau tertekan. Dukungan yang tidak memadai, masalah hubungan, dan pemicu stres tambahan dapat menyebabkan atau memperparah baby blues. Beberapa tanda umum baby blues meliputi:

  • Kesedihan
  • Merasa kewalahan
  • Perubahan suasana hati yang tinggi dan rendah
  • Mantra menangis
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
  • Peningkatan iritabilitas
  • Kekecewaan
  • Kegelisahan
  • Stres atau kecemasan
3 dari 4 halaman

Berapa Lama Baby Blues Bertahan?

Untungnya, perubahan suasana hati yang menandakan baby blues cenderung memudar secara bertahap setelah sekitar satu hingga dua minggu, tepat saat Anda mulai menjadi orangtua. Perasaan ini biasanya hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan profesional.

4 dari 4 halaman

Apa Perbedaan Baby Blues dengan Depresi Pasca-persalinan?

Perlu diingat bahwa baby blues tidak dianggap sama dengan depresi pasca-persalinan, yang ditandai dengan depresi terus-menerus yang dapat memengaruhi kemampuan ibu untuk berfungsi. Depresinya sendiri bisa bertambah dan berkurang, tapi berlangsung sekitar enam bulan.

“Jika setelah dua minggu Anda masih merasa diliputi perasaan membingungkan, hubungi dokter, bidan, atau bahkan dokter bayi Anda untuk mendapatkan bimbingan dan bantuan,” kata Harvey Karp, MD, dokter anak, dan pakar perkembangan anak. 

“Tolong bagikan juga dengan orang yang Anda cintai. Mereka dapat bekerja untuk menghilangkan stres Anda sehari-hari.”

Penelitian menemukan bahwa ibu yang mengalami baby blues empat hingga 11 kali lebih mungkin mengalami depresi pasca melahirkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.