Sukses

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Mulai Membenci Pasangan

Kebencian bisa muncul karena berbagai alasan dan jika tidak diatasi, lambat laun hal itu bisa mengikis fondasi hubunganmu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kita melangkah ke dalam sebuah pernikahan atau hubungan, kita seringkali memulai perjalanan ini dengan cinta dan optimisme yang tidak terbatas, percaya bahwa hubunganmu akan mampu bertahan menghadapi tantangan apa pun.

Namun, seiring berjalannya waktu dan kehidupan mulai berjalan, tidak jarang kita mendapati diri kita bergumul dengan emosi yang tidak pernah kita antisipasi, termasuk rasa benci terhadap pasangan kita.

Kebencian bisa muncul karena berbagai alasan dan jika tidak diatasi, lambat laun hal itu bisa mengikis fondasi hubunganmu.

Namun, daripada membiarkan kebencian berkembang, berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat Anda mulai membenci pasanganmu, seperti melansir dari Times of India, Jumat (1/9/2023).

1. Refleksikan perasaanmu

Luangkan waktu untuk mencari tahu alasan di balik kebencianmu. Identifikasi insiden atau pola tertentu yang menyebabkan emosi negatif. Memahami akar permasalahan sangat penting untuk menemukan solusi.

Anda juga harus mencoba memahami perspektif pasanganmu dan tantangan yang mungkin dia hadapi.

Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna, dan setiap orang melakukan kesalahan, praktikkan pengampunan, baik terhadap pasanganmu maupun dirimu sendiri, demi kesejahteraan hubunganmu.

2. Berkomunikasi secara terbuka dan jujur

Bicaralah dengan pasanganmu tentang apa yng Anda rasakan. Pilih tempat yang tenang dan pribadi untuk mendiskusikan kekhawitaranmu.

Hindari menyalahkan bahasa dan fokuslah untuk mengungkapkan perasaanmu. Bagikan perspektifmu dan dengarkan juga kisah dari sisi pasanganmu.

Kebencian terkadang bisa timbul karena merasa kewalahan atau dianggap remeh. Jadi, tetapkan batasan yang jelas untuk memastikan kebutuhan kedua pasangan dihormati dan terpenuhi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Habiskan waktu berkualitas bersama

Berusahalah untuk menyambung kembali dan memperkuat ikatanmu. Rencanakan kegiatan yang Anda berdua nikmati dan ciptakan peluang untuk pengalaman positif bersama.

Selain itu, latih empati dan pengampunan. Fokuslah pada saat ini, cobalah untuk melepaskan kebencian dan fokus pada langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk meningkatkan hubunganmu ke depan.

4. Fokus pada perawatan diri

Jaga dirimu secara fisik, emosional dan mental. Terlibat dalam aktivitas yang membuatmu senang dan puas.

Ketika Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri, hal itu bisa berdampak positif pada hubunganmu. Jadi, alihkan fokusmu ke aspek-aspek positif dari pasangan dan hubunganmu.

Ungkapkan rasa terima kasih atas hal-hal yang dilakukan pasanganmu, dan cobalah menumbuhkan suasana saling menghargai daripada rasa benci. 

3 dari 3 halaman

5. Bekerja sama untuk mencari solusi

Ketika kebencian mulai mengakar dalam suatu hubungan, seseorang tidak boleh terjebak dalam sikap saling menyalahkan atau terlibat dalam perebutan kekuasaan.

Sebaliknya, dekati situasi ini sebagai sebuah tim dan berkomitmenlah untuk mencari resolusi bersama.

Upaya kolaboratif ini bisa memberdayakan dan menciptakan rasa persatuan saat Anda menghadapi tantangan sebagai pasangan.

Kembangkan rencana dan strategi bersama untuk mengatasi tantangan dalam hubunganmu dan menyelesaikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.