Sukses

Kamu Mahasiswa Baru? Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Masuk Kuliah

Bagi calon mahasiswa baru, hidup di perantauan akan terasa berat bila tidak dibekali dengan persiapan yang matang. Berikut ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa sebentar lagi dunia perkuliahan akan memasuki tahun ajaran baru. Bagi kamu yang baru saja dinyatakan lulus sekolah menengah atas, tentunya hal ini menjadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu. Walaupun terdengarnya menyenangkan, tetapi persiapan untuk memasuki perkuliahan menjadi salah satu hal yang cukup rumit. Hal ini dikarenakan kamu akan memasuki fase baru yang pastinya sangat berbeda dengan kebiasaan sebelumnya.

Masuk ke dunia perkuliahan akan menuntutmu beradaptasi dan berlatih menjadi anak rantau. Hidup diperantauan akan terasa berat bila tidak dibekali dengan persiapan yang matang, baik secara fisik maupun psikis. Jangan sampai aktivitas perkuliahanmu terganggu karena kamu lupa menyiapkan dan melakukan hal penting untuk kuliah.

Kamu harus tahu bagaimana jadwal perkuliahan di kampus pilihanmu agar tidak kaget setelah mengikuti perkuliahan. Berbeda pada masa sekolah yang diberikan jadwal tetap setiap harinya, pada masa kuliah nanti kamu akan mendapati jadwal yang tidak teratur. Hal ini tentunya juga akan menuntut kamu untuk meningkatkan kedisiplinan agar dapat melaksanakan kuliah dengan baik dan selesai studi tepat waktu.

Nah, terdapat banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk memulai kehidupan sebagai mahasiswa. Seperti yang dilansir dari halaman Prospects pada Jumat (25/08/23), berikut 7 hal yang perlu dilakukan sebelum kamu memasuki perkuliahan, tekhusus bagi kamu yang merantau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Siapkan Akomodasi Selama Kuliah

Bagi kamu mahasiswa baru yang akan merantau, sebaiknya kamu sudah mencari tempat tinggal sebelum perkuliahan dimulai. Sebagian besar mahasiswa tahun pertama akan memilih untuk tinggal di asrama yang dikelola oleh kampus. Hal ini bertujuan agar memudahkan kamu dalam proses kuliah, seperti mencari gedung belajar atau bertemu dengan teman baru.

2. Atur Keuangan Sebelum Masuk Kuliah

Walaupun ini bukan tugas utama kamu sebagai anak, tetapi sebagai mahasiswa barukamu harus belajar mengatur keuangan agar kamu dapat menganggarkan dana darurat selama kuliah. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan tabungan atau rekening baru untuk menyimpan keuanganmu sehingga meminimalisir kesulitan keuangan di kemudian hari.

3. Periksa Kesehatan

Sebelum kamu meninggalkan kampung halaman, sebaiknya kamu sudah mengatur waktu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini bertujuan memastikan bahwa kamu memulai perkuliahan dalam kondisi kesehatan yang baik.

3 dari 4 halaman

4. Mencari Tahu tentang Daerah Kampus

Untuk menghemat pengeluaran dalam perjalanan, terutama bila kampus pilihanmu jauh dari kampung halaman, sebaiknya kamu mulai mencari tahu tentang daerah-daerah sekitar kampus melalui internet.

Setelah kamu pindah, gunakanlah waktu luang untuk mengelilingi daerah sekitar tempat tinggal atau kampusmu, seperti mencari transportasi terdekat, toko makanan, rumah sakit, tempat ibadah, dan sebagainya.

5. Habiskan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Sebelum masuk kuliah, sebaiknya kamu sudah merencanakan pertemuan bersama orang yang kamu sayangi, seperti keluarga dan sahabat. Berdasarkan dengan seberapa jauh kamu merantau, kamu mungkin tidak dapat bertemu dengan mereka dalam beberapa waktu, bisa jadi sekali enam bulan atau bahkan sekali dalam satu tahun.

4 dari 4 halaman

6. Mulailah Membaca tentang Jurusan Pilihanmu

Rata-rata universitas sudah meletakkan daftar bacaan secara daring beberapa minggu sebelum perkuliahan dimulai. Hal ini tentunya akan memberikan kamu gambaran tentang sistem perkuliahan sehingga kamu akan lebih percaya diri saat mengikuti perkuliahan nantinya.

7. Persiapkan Alat Penunjang Kuliah

Sebelum membeli peralatan kuliah, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu apa yang akan disediakan oleh pihak kampus untuk menghindari pembelian barang yang tidak perlu. Biasanya, peralatan yang menunjang aktivitas kuliah yang perlu kamu persiapkan adalah ponsel dan laptop. Selain itu, kamu juga mesti mempersiapkan alat tulis, seperti pena, pensil, buku tulis, dan sebagainya.

Sudah sejauh mana persiapan kamu untuk memasuki dunia perkuliahan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.