Sukses

7 Makanan Yang Membantu Memutihkan Gigi Secara Alami Menurut Ahli

Jika Anda ingin memiliki gigi yang putih, simak beberapa cara alami berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan. Gigi yang sehat dan terawat akan memberikan senyuman yang menarik sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Memang, warna alami gigi sangat bervariasi karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun, gigi yang terlihat putih secara visual dianggap tanda dari kesehatan dan kebersihan mulut yang baik. Meskipun gigi putih merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang, namun hal penting yang perlu dicatat adalah bagaimana cara Anda untuk merawat gigi secara keseluruhan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan perubahan warna pada gigi, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung pigmen seperti kopi, teh, soda, atau cokelat. Zat-zat yang terkandung dalam tembakau juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perubahan warna pada gigi. Terakhir, warna gigi juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan pola makan.

Jika Anda ingin memiliki gigi yang lebih putih, ada beberapa cara yang dapat dilakukan termasuk perawatan pemutihan gigi yang disarankan oleh dokter gigi. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan. Berikut 7 makanan yang dapat memutihkan gigi secara alami, dilansir dari laman Bestlife pada Senin (14/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Stroberi

Stroberi menjadi salah satu buah yang direkomendasikan oleh para ahli untuk memutihkan gigi secara alami karena mengandung asam malat. Seorang ahli gizi bernama Kelsey Costa menjelaskan bahwa asam malat merupakan zat pemutih alami yang dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membantu pencegahan perubahan warna pada gigi. Jika tidak menyukai buah stroberi, Anda dapat mengonsumsi buah semangka yang juga mengandung asam malat.

2. Nanas

Nanas menjadi salah satu buah lainnya yang direkomendasikan untuk memutihkan gigi secara alami. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi dan memperbaiki warna gigi yang memudar. Seorang ahli diet bernama Medelyn Larouche merekomendasikan untuk mengonsumsi nanas yang segar karena memiliki kandungan bromelain yang tinggi. Namun perlu diketahui, meskipun bromelain dapat memutihkan gigi secara alami, hasilnya tidak akan secepat prosedur professional yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

3 dari 5 halaman

3. Seledri

Seledri merupakan sumber serat dan vitamin yang dapat membantu mengikis partikel dan bakteri pada gigi. Selain itu, mengunyah seledri secara teratur dapat membantu mengurangi noda dan plak pada gigi sehingga membantu memutihkan gigi secara alami.

“Makanan tertentu termasuk seledri dapat membuat gigi tampak putih, namun hanya menghilangkan noda permukaan yang menumpuk di permukaan gigi saja. Warna gigi seseorang ditentukan oleh warna alami dentin, lapisan di bawah enamel, dan ini bervariasi berdasarkan genetika dan usia,” ujar Bill Dorfman, seorang dokter gigi.

4. Soda Kue

Beberapa orang menggunakan soda kue sebagai metode alami untuk memutihkan gigi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Jika terlalu sering menggunakan soda kue dapat merusak lapisan pelindung enamel gigi karena soda kue memiliki sifat abrasif yang kuat. Namun tetap saja beberapa ahli merekomendasikan untuk menggunakan soda kue jika ingin memutihkan gigi secara alami.

4 dari 5 halaman

5. Wortel

Wortel memiliki potensi untuk membantu menghilangkan noda dan plak serta bakteri dari gigi Anda. Wortel juga membantu memperkuat enamel gigi dengan menyediakan vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Seorang kepala tugas klinis bernama Jeffrey Sulitzer menjelaskan bahwa tekstur yang kaki dapat membantu menghilangkan kelebihan bakteri yang tertinggal di gigi dan gusi.

6. Permen Karet Bebas Gula

Kutlay, seorang dokter gigi merekomendasikan untuk mengonsumsi permen karet bebas gula setelah makan. Hal tersebut dapat membantu menjaga kebersihan gigi, membuat gigi menjadi lebih cerah, menghilangkan residu di antara gigi, dan bermanfaat dalam mengurangi asam dan mencegah gigi berlubang. Mengonsumsi permen karet bebas gula juga dapat mendorong aliran air liur, yang membantu mencegah penumpukan plak dan pembusukan gigi Anda.

5 dari 5 halaman

7. Produk Susu

Produk susu seperti susu, yogurt dan keju mengandung kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat enamel dan mendukung remineralisasi dan berpotensi mengurangi noda di permukaan gigi.

Disarankan untuk mengonsumsi produk yang tinggi asam laktat seperti keju cottage, krim asam, dan yogurt Yunani. Asam laktat membantu melindungi enamel gigi, dan di bawah enamel gigi terdapat dentin yag paling mudah terkena noda. Jadi, dengan melindungi enamel gigi, Anda juga dapat membantu gigi agar tetap putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.