Sukses

Rekomendasi Jurusan Kuliah Berdasarkan 10 Kepribadian MBTI, Bisa Jadi Referensi

Namun jika Anda masih ragu-ragu untuk memilih jurusan kuliah , tipe kepribadian MBTI Anda memegang kunci untuk menggali kekuatan alami dan minat tersembunyi Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari individu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bingung memilih jurusan karena banyaknya pilihan. Ketika ada banyaknya perguruan tinggi untuk dipilih, dan jurusan kuliah yang tak terhitung jumlahnya, bagaimana Anda mulai memutuskan?

Jika Anda sudah mengetahui bidang yang Anda minati dan karier apa yang ingin Anda kejar, bagus! Ikuti passionmu.

Namun jika Anda masih ragu-ragu, tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI Anda memegang kunci untuk menggali kekuatan alami dan minat tersembunyi Anda.

Oleh karena itu, ketahui jurusan kuliah yang cocok untuk Anda berdasarkan kepribadian MBTI, seperti melansir dari Teenvogue, Jumat (11/8/2023).

1. INFP: Creative writing

Anda merasa paling betah menjelajahi dunia batinmu secara pribadi, dan menulis adalah jalan keluar yang bagus untuk energi kreatifmu.

Media seperti puisi dan fiksi bisa membantumu menjelajahi dinamika hubungan yang rumit, mengekspresikan emosi terdalam, dan membayangkan karakter yang ingin Anda pahami dengan lebih baik.

2. ISFP: Sejarah seni

Anda menyukai bentuk ekspresi diri yang inventif, jadi jurusan apa pun yang menghasilkan nada artistik yang tepat pasti akan berbicara kepadamu, baik itu komposisi musik dan desain.

Sejarah seni memungkinkan Anda untuk memeriksa karya terkenal, sehingga Anda bisa memahami bagaimana seniman menyampaikan pesan. Anda akhirnya bisa bekerja di museum, menjadi kritikus, atau bahkan pergi sendiri suatu hari nanti.

3. ESTP: Bisnis

Anda benar-benar membenci lingkungan yang terstrujtur, atau diberi tahu apa yang harus dilakukan, dan akan menyukai karier yang memiliki unsur risiko.

Mempelajari bisinis akan membekalimu dengan pengetahuan untuk menjadi seorang pengusaha, pekerjaan di mana Anda menentukan peran Anda dan menciptakan kesuksesan Anda sendiri. Karena Anda tidak dibaasi pada satu kotak saja, tidak ada batasan untuk apa yang bisa Anda capai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. ISFJ: Perawat

Anda adalah seorang pengasuh dengan hati yang besar, dan tidak ada yang memberi Anda kepuasan lebih dari membantu seseorang yang membutuhkan.

Ini adalah bidang sempurna untuk orang yang tanggap, dan juga membutuhkan disiplin yang secara alami Anda miliki setiap kali Anda menetapkan pikiran pada suatu tujuan.

5. INTJ: Ilmu komputer

Dibutuhkan otak khusus untuk memahami dengan tepat cara kerja sistem, dan bakatmu dalam teori dan inovasi bisa membantumu unggul dalam bidang seperti ilmu komputer.

Mempelajari cara kerja komputer bisa membantumu memimpikan gadget, aplikasi, atau program baru yang visioner.

6. INFJ: Psikologi

Anda mungkin telah disebut "bijak" dan "dewasa melebihi usia Anda" oleh orang-orang di sekitarmu?

Anda menjadi sumber dukungan bagi teman dan rekanmu dan akan sangat berkembang ebagai konselor atau terapis.

Kursus psikologi bisa meningkatkan pengetahuanmu tentang pikiran manusia dan pada akhirnya, membantumu mengasah keinginan alami untuk membantu orang lain.

7. ENTJ: Keuangan

Anda mungkin akan berhasil dalam bidang apa pun yang memungkinkan Anda naik pangkat dan melakukan perubahan--terutama bidang kompetitif seperti keuangan, yang membutuhkan fokus, wawasan dan kemampuan untuk bekerja dengan angka.

Anda mungkin juga mnyukai ilmu politik jika Anda bercita-cita menjadi pemimpin, seperti yang dilakukan banyak ENTJ.

 

3 dari 3 halaman

8. ESFP: Seni dan desain

Dari semua tipe, Anda memiliki mata yang paling tajam untuk detail (dan selera terbaik). Mengapa tidak mengubah smeua saran gaya Anda menjadi karier penuh waktu?

Baik itu fotografi, desain grafis, mode atau lukisan, program seni & desain akan membantumu mengeksplorasi hasratmu akan estetika. Ikuti saja ke mana instingmu membawamu.

9. ISTJ: Sejarah

Meskipun Anda ahli dalam angka dan data, Anda memiliki kecintaan yang lebih dalam pada sejarah daripada yang Anda tujukkan.

Filsafat, peradaban kuno dan agama mungkin menarik minatmu, jadi jangan takut untuk mengikuti hasratmu.

Meskipun ada jalur karier yang lebih "praktis," Anda akan menjadi guru atau profesor sejarah masa depan yang hebat.

10. ENFJ: Teater/drama

Anda adalah seorang visioner, yang hanya "mendapatkan" orang. Drama akan menjadi bidang studi yang luar biasa, karena Anda akan senang menghidupkan karakter dengan cara yang terasa nyata dan dinamis--apakah Anda mengarahkan dari balik layar, atau menjadi bintang utama.

Berani dan percaya diri, insting kreatifmu membantu Anda menceritakan kisah dengan cara baru yang menginspirasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.