Sukses

Begini Cara Tetap Aman Mengobrol dengan Orang Asing Secara Online

Berhati-hati dengan data pribadi Anda ketika chatting dengan orang asing secara online.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kita memang dapat dengan mudah berkenalan dan berkomunikasi dengan orang asing di internet. Terlebih dengan semakin banyaknya aplikasi kencan online, bisa membuat Anda bertemu dengan orang lain yang berbeda dari lingkungan Anda.

Coba diingat-ingat lagi, pertemanan yang Anda jalani saat ini, kebanyakan berasal dari teman-teman sekolah, kuliah, kantor, atau orang-orang yang ditemui di media sosial? Sebab, sudah tidak bisa ditampik bila preferensi pertemanan akan berubah seiring bertambahnya usia.

Berdasarkan informasi dari Betterhelp, Sabtu (12/8/2023), studi telah menemukan bahwa hubungan sosial adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling penting dan dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesehatan fisik. Hal ini juga dengan adanya internet yang menjadi alat berharga yang membantu orang terhubung, termasuk obrolan dan terapi online.

Namun, beberapa orang mungkin merasa khawatir kebiasaan mengobrol dengan orang asing dapat membahayakan keselamatan mereka. Orang lain mungkin khawatir mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berbicara dengan orang yang tidak mereka kenal dan ingin mengalihkan energi mereka ke bagian lain dari kehidupan mereka. Memahami keamanan obrolan online dapat membantu Anda membuat keputusan internet yang bijak untuk kehidupan sosial Anda.

Nah, bagi Anda yang sering menghabiskan waktu dengan internet, termasuk berbincang dengan orang asing secara online, perlu waspada dan berhati-hati saat menggunakannya. Tentunya, Anda sendiri tidak mau kan ada hal-hal negatif yang akan terjadi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Orang Senang Mengobrol secara Online

Dalam satu studi tentang berbicara dengan orang asing, yang ditulis oleh Gillian M. Sandstroma dari Departemen Psikolog, University of Essex, Colchester, pada tahun 2020, menegaskan bahwa berkomunikasi dengan orang asing bisa meningkatkan kebahagiaan pada banyak orang. Hal ini dikarenakan menjadi salah satu bentuk koneksi.

Internet memberikan peluang baru untuk memenuhi kebutuhan ini, dan mengobrol dengan orang asing dapat membantu orang bersosialisasi. Saat terisolasi, mereka bisa kehilangan kesempatan, lupa cara berkomunikasi, atau mengalami depresi. Berbicara dengan orang asing dapat menjadi informasi, memperluas pengetahuan Anda tentang dunia, dan membuka peluang baru.

Pengaruh media sosial telah meruntuhkan banyak penghalang dan kekhawatiran tentang potensi bahaya berbicara dengan orang asing. Orang-orang dari segala usia menggunakan internet untuk berbicara dengan orang lain, berteman, dan terhubung.

Studi dari Pew Research Center, telah menemukan bahwa 16% remaja memiliki teman online yang mereka atau teman mereka tidak kenal dalam kehidupan nyata, dan 12% orang dewasa telah memulai hubungan berkomitmen dengan bertemu pasangan mereka secara online.

Konsep penyembunyian juga seringkali krusial saat mengobrol dengan orang asing. Misalnya, seseorang mungkin memilih untuk menggunakan obrolan online saat mengalami emosi menyakitkan yang tidak ingin mereka ungkapkan dengan seseorang yang mereka kenal. Membicarakan masalah seseorang seringkali tampak lebih mudah diatur saat berbicara di balik avatar atau nama panggilan online.

Namun, meskipun mengobrol dengan orang asing secara online mungkin menyenangkan, tapi pasti ada rasa kekhawatiran mendasar jika itu menjadi kebiasaan seperti kesepian, isolasi, atau depresi. Mengatasi masalah mendasar ini dapat membawa individu kembali ke masa kini dan ke kehidupan offline mereka. Selain itu, mengurangi interaksi sosial secara online juga dapat meminimalisasikan risiko menghadapi bahaya seperti pelanggaran keamanan, intimidasi, atau interaksi yang tidak aman.

3 dari 4 halaman

Bahaya Mengobrol dengan Orang Asing secara Online

Banyak orang tentunya mengetahui bahwa memberikan alamat rumah Anda atau mengatakan terlalu banyak tentang kehidupan pribadi Anda secara online bisa berisiko tinggi. Untuk itu, orang tua dianjurkan hanya membiarkan anaknya menggunakan internet dengan pengawasan orang dewasa.

Ada juga semakin banyak aplikasi dan layanan untuk memantau aktivitas web anak atau mencegah mereka mencari situs web tertentu tanpa izin orang dewasa. Meskipun bahaya sering terjadi pada anak-anak saat online, ada juga bahaya bagi orang dewasa.

Misalnya, ada beberapa fakta tentang penyalahgunaan online, seperti predator internet yang menargetkan orang-orang dalam sesi obrolan online dengan orang asing. Masih menurut penelitian dari Pew Research Center, sekitar 59% dewasa muda dan remaja pernah mengalami pelecehan atau pelecehan online.

4 dari 4 halaman

Cara Tetap Aman Berkomunikasi secara Online

Saat menggunakan situs web, pastikan siapa pun yang yang Anda hubungi secara online tidak dapat memperoleh lokasi atau informasi Anda menjadi sesuatu yang penting. Cobalah untuk menahan diri agar tidak mudah memberikan nomor telepon, informasi kartu kredit, nama keluarga, jawaban keamanan, kata sandi, dan email dapat membuat Anda tetap aman saat menggunakan internet.

Selain itu, berhati-hati dengan foto dan video yang Anda unggah juga dapat membuat perbedaan. Di mana, selalu pastikan Anda tidak menampilkan informasi identitas apapun tentang rumah, jalan, kompleks apartemen, atau keluarga kecil Anda, karena orang secara online dapat menggunakan informasi tersebut.

Orang yang mengobrol dengan orang asing secara online mungkin juga menggunakan taktik tingkat lanjut seperti peretasan atau pelacakan komputer. Bahaya ini seringkali dapat dihindari dengan menolak mengunduh lampiran apapun yang dikirim dalam sesi obrolan dari situs media sosial yang aman.

Anda juga dapat mencegahnya dengan menggunakan VPN. VPN adalah perangkat lunak yang mengalihkan alamat IP internet Anda yang terpasang ke perangkat Anda melalui alamat IP di lokasi lain. Hal ini memungkinkan orang melihat Anda di lokasi berbeda jika mereka memeriksa IP Anda. Memeriksa IP seseorang bisa sederhana, dan itu bukan informasi istimewa, jadi VPN seringkali lebih aman daripada tidak ada VPN.

Banyak orang dewasa yang paham teknologi juga berhati-hati untuk mengambil tindakan pencegahan seperti menutupi webcam mereka saat tidak digunakan. Menutupi atau mematikan kamera mencegah peretas masuk ke webcam dan diam-diam melihat seseorang dari jarak jauh.

Saat mengikuti panduan akal sehat untuk keamanan internet, sebagian besar situs web dapat menjadi tempat yang aman bagi orang dewasa untuk mengobrol dengan orang asing. Namun, berhati-hatilah saat mencari aplikasi atau situs obrolan. Saat Anda memulai obrolan, Anda mungkin tidak tahu apakah orang yang Anda ajak bicara adalah memang seperti orang yang mereka katakan di dunia nyata.

Selain itu, mengobrol dengan orang asing secara online mungkin berisiko jika Anda tertekan secara emosional. Penindas dan orang jahat di dunia maya mungkin memperlakukan Anda dengan buruk jika mereka menyadari bahwa Anda peka terhadap kata-kata mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.