Sukses

Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Ras Kucing Terbaik untuk Dipelihara Karena Keramahannya Menurut Ahli

Memperingati Hari Kucing Sedunia, berikut daftar ras kucing yang paling ramah untuk dipelihara

Liputan6.com, Jakarta Berlawanan dengan kepercayaan populer, kucing juga bisa menjadi "sahabat manusia". Kucing sering mendapatkan reputasi berjalan mengikuti irama drumnya sendiri, tetapi meskipun mereka lebih mandiri, ada ras tertentu yang cenderung lebih manis daripada yang lain.

Setiap kucing hadir dengan kepribadiannya masing-masing. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kucing memiliki tujuh ciri kepribadian dan perilaku yang berbeda. Bersamaan dengan mengetahui kepribadian berbeda yang ditunjukkan oleh teman berbulu kita, tim peneliti mencatat beberapa ras cenderung menunjukkan lebih dari satu kualitas tertentu daripada yang lain.

Jadi, bagaimana Anda tahu jika kucing Anda semanis yang Anda kira? Ternyata mereka punya caranya sendiri untuk tersenyum. Faktanya, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa untuk kucing, gerakan menyempitkan mata adalah cara mereka tersenyum yang sebenarnya, meskipun banyak ras tampaknya memiliki seringai permanen di wajah mereka. Jadi, tampilan sipit yang diberikan bola bulu Anda terkadang berarti mereka senang melihat Anda!

Mencari hewan peliharaan baru yang manis dan menyenangkan? Mengutip dari StudyFinds, dalam rangka Hari Kucing Sedunia, berikut ini daftar kucing paling ramah yang direkomendasikan untuk menjadi hewan peliharaan.

1. Maine Coon

Trah Maine Coon sering dijuluki sebagai raksasa yang ramah. Ramah dan lembut? Kedengarannya seperti kombinasi yang hebat.

“Trah ini dimulai sebagai kucing lumbung yang bekerja untuk menjaga persediaan petani New England aman dari hewan pengerat, dan masih lebih suka menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusianya,” kata Chewy.

Kucing Maine Coon memiliki ukuran dan kepribadian yang besar. “Dengan reputasi ramah, penyayang, dan salah satu ras kucing terbesar di dunia, Maine Coon disebut sebagai 'anjing dunia kucing'. Maine coon sekarang menjadi salah satu ras kucing paling populer di Amerika Utara,” tambah Trupanion.

Kucing berbulu ini dikenal ramah dengan orang-orang dari segala usia. “Maine Coon berada di urutan teratas daftar ras kucing yang paling ramah,” jelas HillsPet.

“Maine Coon adalah ras kucing penyayang yang suka bermain dan menghabiskan waktu dengan manusianya. Maine Coons sangat cerdas, sangat sosial, dan tidak jarang mereka mengikuti Anda berkeliling dengan sangat sedikit memperhatikan ruang pribadi Anda, ”jelas Country Living. Apa yang tidak disukai dari raksasa berbulu yang akan senang menghabiskan waktu bersama Anda!

“Biasanya, kucing Maine Coon jantan akan lebih supel daripada betina. Mereka lebih termotivasi untuk mengesankan manusia mereka dan suka menjadi pusat perhatian. Maine Coon betina sama menyenangkan dan penuh kasih sayang, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk bersikap ramah kepada orang-orang sebelum menunjukkan diri mereka yang sebenarnya,” tambah Litter Robot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Persia

Pilihan lembut lainnya dengan sisi manis – Kucing Persia, sering disebut kucing terbaik untuk dipangku. Dikenal karena bulunya yang lembut, wajah datar, dan suka berbaring selama berjam-jam, kucing Persia disebut sebagai 'furnitur dengan bulu.' Untungnya mereka juga merupakan salah satu dari ras kucing paling ramah di dunia.

Kucing Persia cerdas dan senang bermain dengan orang, tetapi seringkali tidak seenergi ras kucing lainnya. Jinak dan pendiam, mereka adalah pendamping yang ideal bagi orang yang suka membaca, keluarga dengan anak-anak, dan siapa saja yang menikmati berjam-jam berpelukan dengan bantal berbulu,” kata Trupanion.

“Menyenangkan tetapi tidak menuntut, kucing Persia paling bahagia saat berbaur dengan rumah tangganya, berkomunikasi dengan tenang dan dengan senang hati berpose agar orang lain menghargai kecantikan alami mereka,” kata Chewy.

Kucing Persia berbaur dengan baik di dalam rumah, mereka memiliki momen bermain tetapi juga suka mengamati. “Mereka bahkan menyukai anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, yang menjadikan mereka tambahan yang bagus untuk keluarga,” jelas Rover.

 

3 dari 5 halaman

3. Ragdoll

Kucing Ragdoll telah memenuhi rumah sejak tahun 1960-an, Ragdoll cantik dan juga memiliki kepribadian yang ramah.

“Dikembangkan pada tahun 1960-an di California, Ragdoll memiliki mata biru yang indah dan sikap ingin menyenangkan. Mereka bahkan dapat dengan mudah belajar untuk datang saat dipanggil dan bermain tangkap. Kucing yang berperilaku baik ini membutuhkan perawatan minimal, dan akan selalu memberikan kasih sayang yang maksimal,” kata Chewy.

“Ragdoll adalah kucing yang lembut dan santai yang suka mengikuti Anda kemanapun Anda pergi. Mereka kucing yang dikenal suka menyapa anggota keluarga di depan pintu. Plus, mereka bisa belajar bermain tangkap! Dikenal karena temperamennya yang manis, Ragdolls rukun dengan kucing dan anjing lain. Sifat lembut mereka juga membuat mereka cocok untuk keluarga dengan anak-anak dan manula. Meskipun mereka suka bermain, mereka tidak terlalu aktif – mereka lebih suka nongkrong di lantai daripada mencari tempat bertengger tinggi untuk beristirahat,” tambah Pumpkin Care.

Apakah Anda tinggal di apartemen atau rumah, ras Ragdoll akan cocok. “Mereka adalah pilihan yang sangat baik untuk orang tua hewan peliharaan yang tinggal di apartemen atau ruang kecil lainnya, dan mereka cocok dengan anak-anak,” tambah HillsPet.

 

4 dari 5 halaman

4. Scottish Fold

Kucing Scottish Fold menggemaskan dan dikenal sebagai salah satu ras termanis. “Scottish Folds tidak hanya menggemaskan – mereka juga teman yang mudah beradaptasi, manis, dan penyayang. Kucing-kucing ini pendiam dan jinak dan sama sekali tidak menuntut. Mereka rukun dengan kucing dan anjing lain, serta anak-anak,” tambah Pumpkin Care.

Tidak heran mengapa Taylor Swift memiliki tiga kucing ini yang bahkan ikut tur bersamanya. “Scottish Fold adalah yang paling bahagia saat berada di samping pemilik manusianya. Mereka sangat ingin berpartisipasi dalam semua aktivitas sehingga Anda akan segera mulai curiga bahwa mereka tidak tahu bahwa mereka sebenarnya adalah kucing dan bukan manusia. Kucing-kucing ini hadir dengan beberapa keanehan unik yang pasti akan membuat Anda jatuh cinta: mulai dari telinga terlipat hingga kemampuan duduk dengan kaki belakang. Ditambah dengan sifat kasih sayang mereka yang tidak ragu-ragu mereka tunjukkan kepada semua orang di keluarga, dan Anda mungkin baru saja menemukan yang paling ramah,” kata Purina.

 

5 dari 5 halaman

5. Siam

Kucing Siam telah menjadi ras yang sangat dicintai dan dihargai selama ratusan tahun. “Populer saat ini karena banyak bicara, anggota keluarga yang suka bermain, kucing Siam sebenarnya adalah salah satu ras kucing tertua di dunia. Meskipun terkenal sebagai favorit bangsawan Siam pada tahun 1800-an, mereka disebutkan dalam manuskrip Thailand sejak tahun 1350 Masehi. Kucing siam mudah dikenali dengan mata biru cerah, wajah dan cakar gelap, serta tubuh berwarna terang. Pewarnaan unik mereka diyakini berasal dari bentuk albinisme parsial,” tambah Trupanion.

Kucing siam ramah dan rukun dengan orang-orang. “Untuk jenis ramah yang lebih sopan, semua mata tertuju pada orang Siam. Mereka dikenal karena kepribadiannya yang ramah dan bersemangat dan umumnya dapat bergaul dengan semua jenis orang (dan hewan peliharaan),” jelas Rover.

Dengan betapa ramahnya Kucing Siam, terkadang mereka terlihat “mirip anjing”. “Kucing siam sering disebut mirip anjing karena kepribadiannya yang setia, penuh kasih sayang, dan mudah percaya, serta wataknya yang lembut,” jelas Country Living.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.