Sukses

4 Cara Healing Terbaik Selain Pergi Berlibur, Bantu Atasi Emosi Negatif

Banyak individu memilih melakukan self healing dengan pergi berlibur untuk menghilangkan rasa penat. Namun, ada beberapa cara healing yang bisa dilakukan selain pergi berlibur.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam keseharian, tentu kita dihadapkan dengan stres, tekanan emosional, mulai dari kecemasan, kesedihan, kebosanan, kecanduan dan berbagai suasana hati lainnya.

Untuk mengatasi atau meringankannya, kita memerlukan healing. Healing menjadi proses penyembuhan luka mental dan batin agar orang berdamai dengan diri sendiri atau masa lalunya yang tak mengenakan.

Namun, healing bukan lagi sekedar istilah yang berarti menyembuhkan, tapi juga perawatan diri atau melihat tempat baru.

Banyak individu memilih melakukan self healing dengan pergi berlibur untuk menghilangkan rasa penat. Namun, self healing dapat dilakukan dengan proses yang sederhana, ketika Anda menyelaraskan diri dengan energi tubuh, Anda benar-benar dapat mengubah hidup Anda secara fisik, mental, emosional, dan spiritual.

Berikut beberapa cara healing terbaik selain pergi berlibur seperti melansir dari Womansday, Senin (31/7/2023).

1. Mendengarkan Musik

Musik dipercaya bisa membantu mengurangi rasa stres. Studi menunjukan, saat seseorang mendengarkan musik, mereka melepaskan dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Para ahli pun menyarankan untuk membuat playlist favorit yang dapat membantu memenuhi kebutuhan diri. Contohnya, playlist khusus bahagia, menenangkan diri dan lain sebagainya.

Pilihlah musik kesukaan yang dapat meningkatkan semangat, hindari lagu sedih yang nantinya malah memengaruhi suasana hati buruk.

2. Meditasi

Kalian bisa melakukan meditasi dari rumah. Lakukan dengan cara memejamkan mata dan fokuskan pikiran pada hal positif.

Cobalah untuk melakukan meditasi selama 5 menit di setiap harinya. Rasakan kehebatannya setelah kalian rutin melakukan perawatan diri satu ini.

Kalian akan lebih banyak mendapatkan hal-hal postif dan memiliki konsentrasi penuh. Dengan begitu, pikiran akan tetap terjaga dan terhindar dari rasa cemas, stres dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, bermeditasi di rumah setiap hari dipercaya dapat membantu kalian merespons suatu hal lebih baik dan bijak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara self healing lainnya

3. Membuat Jurnal

Evaluasi diri menjadi bagian paling penting dalam melakukan penyembuhan diri. Kalian bisa refleksi diri masing-masing dengan cara menuliskannya di atas kertas.

Luangkan waktu selama 5 menit setiap harinya untuk menceritakan segala sesuatu yang terjadi di hari ini, hal baik ataupun buruk.

Mengidentifikasi diri membantu kalian memperbaiki hal-hal yang mungkin masih kurang baik. Dengan begitu, kalian akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

4. Istirahat

Tubuh dapat memberikan sinyal kepada diri ketika sudah merasa terlalu lelah. Biasanya, kalian akan lebih mudah merasa kantuk.

Istirahatkan diri, hindari memaksakan tubuh untuk berkerja terlalu lama. Berilah waktu istirahat untuk tubuh dengan cara atur pernapasan dan tidur.

Cobalah untuk tidur siang, lihatlah hasil yang didapatkan. Kalian mungkin akan merasa begitu segar saat terbangun, baik secara mental maupun fisik.

3 dari 3 halaman

Manfaat Self Healing

1. Bantu Kendalikan Pikiran dan Emosi

Self healing berfungsi untuk memberi kita lebih banyak kendali atas pikiran dan emosi kita. Mengontrol pikiran dan emosi adalah bagian penting dari proses penyembuhan apapun pasalnya tindakan, pikiran, dan perasaan kita semuanya terhubung.

Tindakan kita ditentukan oleh pikiran kita. Emosi kita, jika dibiarkan terpendam, dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Semua hal ini pada akhirnya akan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh kita, yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.

Memendam emosi negatif hanya dapat menyebabkan efek negatif dan pada akhirnya menyebabkan lebih banyak stres dan kecemasan. Jadi, bagian penting dan mendasar dari proses penyembuhan diri adalah belajar bagaimana mengendalikan pikiran dan emosi Anda.

Jika Anda ingin menikmati kesehatan yang optimal, maka Anda perlu belajar bagaimana melepaskan semua pikiran dan emosi negatif, apakah itu disebabkan oleh penyakit, trauma, pekerjaan, tekanan, atau gaya hidup yang penuh tekanan.

Gantikan pikiran dan perasaan negatif dengan perasaan pemberdayaan yang positif, latihlah rasa syukur dan fokuslah pada hal-hal dalam hidup Anda yang Anda inginkan lebih banyak, dan Anda akan mulai merasa lebih baik secara emosional dan fisik.

2. Bantu Pola Hidup Sehat

Mempelajari cara melakukan self healing secara alami atau cara memulai self healing tidaklah sulit. Faktanya, penyembuhan diri bukanlah semacam proses mistis yang sulit untuk dipahami.

Proses penyembuhan diri sendiri memerlukan penyesuaian sederhana pada gaya hidup Anda. Ini termasuk mengadopsi pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, berlatih yoga atau meditasi, mempraktikkan teknik pernapasan, mempertajam pikiran dan indra Anda, tidur lebih teratur, dan mengurangi stres dan kecemasan.

Banyak dari teknik ini telah dikembangkan atau diadaptasi untuk membantu mengatasi masalah yang memengaruhi kehidupan Anda, dan akibatnya menyebabkan masalah pada pikiran dan tubuh Anda.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.