Sukses

Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Warganet Berharap Dapat Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Warganet berdoa dapat menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru Islam 1445 Hijriah

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah pada Rabu (19/7/2023). Menjadi awal tahun dalam kalender Hijriah, tanggal 1 Muharam kerap dipilih untuk melakukan sejumlah kegiatan keagamaan, berdoa hal-hal baik untuk tahun yang baru, atau bahkan melakukan tradisi-tradisi unik seperti yang dilakukan di berbagai daerah.

Doa-doa untuk menjadi pribadi yang lebih baik dipanjatkan oleh warganet dan dibagikan di media sosial. Berikut beberapa doa dan harapan warganet tersebut seperti dihimpun Citizen6 Liputan6.com dari berbagai sumber:

"Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H. Semoga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi," cuit @xReza***

"Selamat tahun baru Islam. semoga kita selalu dilindungi Allah dan diberikan berkah dunia akhirat. jadi pribadi yang lebih baik lagi dan selalu dilimpahkan rezeki, kebahagiaan serta kesehatan," cuit @jisunge***

"Selamat merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H bagi semua Saudaraku yang merayakan," cuit @itokgem***

"Amalan yang indah berawal dari hati yang indah. Indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk, kita sambut Tahun Baru Hijriah. Selamat Tahun Baru Islam 1445H," cuit @AymBers***

"Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah Smart People! Semoga momen ini menjadi awal yang sempurna untuk senantiasa memperbaiki diri dan teguhkan iman kita," cuit @tuguins***

Sementara itu, Presiden Jokowi tak lupa ikut mengucapkan doa baik untuk Tahun Baru Islam 1445 Hijriah. 

"Mari berhijrah dan melangkah maju," kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya @jokowi, Rabu (19/7/2023).

Jokowi juga mengajak masyarakat meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Termasuk, hambatan yang menahan untuk melangkah maju.

"Meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Menanggalkan segala hambatan yang menahan kita melaju," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam 2023, Muhasabah dan Resolusi Lebih Baik

Umat merayakan tahun baru Islam 2023, 1 Muharram 1445 Hijriyah, Rabu, 19 Juli 2023. Pada awal tahun umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa.

Terlebih, bulan Muharram adalah bulan yang mulia dan berjulukan Syahrullah atau bulannya Allah. Julukan ini memperlihatkan betapa istimewanya Muharram.

Doa awal tahun dengan harapan Allah SWT melimpahkan rahmat, perlindungan, keselamatan, kesehatan, rezeki dan husnul khatimah.

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk merenung, ber-muhasabah. Sementara, awal tahun adalah resolusi agar lebih baik.

Imam Suyuthi dalam Kitab Al Jami’ Al Kabir mencantumkan doa awal tahun. Doa ini kemudian ditambahkan sholawat atas Nabi Muhammad SAW di awat kalimat doa oleh Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya. Beliau merupakan Mufti Batavia

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Sekjen ASEAN Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn memberikan ucapan Tahun Baru Islam kepada para diplomat dan umat Muslim. Tahun baru Hijriah 1445 jatuh pada tanggal 19 Juli 2023. 

Ucapan selamat itu diberikan oleh Kao Kim Hourn saat memberi paparan pada Outcomes of the 56th ASEAN Foreign Ministers' Meeting/Post-Ministerial Concerences yang mana pertemuan-pertemuannya baru digelar pekan lalu. Pemaparan itu diberikan Kao Kim Hourn ke para duta besar asing dan media.

Kepada para duta besar, Kim Kao Hourns menjelaskan bahwa Tahun Baru Islam merupakan hari yang diperingati di Indonesia dan negara-negara Muslim di dunia. 

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi ucapan ke para anggota korps diplomatik, media, serta para staff yang merayakan Tahun Baru Islam 1445 yang sukacita ini," ujar Kao Kim Hourn di kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (18/7).

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Hari Libur Nasional Tahun Baru Islam, Tak Ada Ganjil Genap Jakarta Rabu 19 Juli 2023

Peraturan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Jakarta pada waktu-waktu tertentu hingga saat ini masih terus diberlakukan Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI bersama stakeholder terkait.

Lalu bagaimana dengan hari ini, Rabu (19/7/2023)? Jawabannya tidak. Mengapa? Sebab seperti diketahui, hari ini merupakan hari libur nasional tanggal merah Tahun Barau Islam sehingga ganjil genap Jakarta tak berlaku.

Peraturan ganjil genap Jakarta tersebut hanya berlaku pada hari Senin-Jumat. Selain itu, tanggal merah dan hari libur nasional aturan ganjil genap Jakarta tak berlaku. Begitu pun akhir pekan Sabtu dan Minggu tak ada aturan ganjil genap di Jakarta.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.