Sukses

Warganet Ramai-Ramai Ikuti Tren Thread, Ini Bahaya FOMO yang Perlu Disadari

Saking banyaknya individu yang mengunduh aplikasi Threads, tak sedikit dari mereka dianggap FOMO karena hanya mengikuti tren.

Liputan6.com, Jakarta - Platform Instagram resmi merilis aplikasi terbarunya, Threads, pada Kamis, 6 Juli 2023. Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial pun buru-buru menjajal aplikasi pesaing Twitter tersebut.

Bahkan kurang dari 24 jam setelah aplikasi mandiri ini dirilis di Android dan iOS, Threads telah dibanjiri 30 juta pengguna yang melakukan registrasi.

Sementara, data internal mengindikasikan, para pengguna tersebut telah membuat lebih dari 95 juta unggahan Threads.

Saking banyaknya individu yang mengunduh aplikasi ini, tak sedikit dari mereka dianggap FOMO karena hanya mengikuti tren.

Dilansir dari Techtarget, Jumat (7/7/2023), FOMO sendiri berarti fear of missing out atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah rasa takut ketinggalan. FOMO adalah respons emosional terhadap keyakinan bahwa orang lain hidup lebih baik, kehidupan yang lebih memuaskan atau bahwa peluang penting terlewatkan.

FOMO sering menyebabkan perasaan tidak nyaman, ketidakpuasan, depresi dan stres.

Terlebih lagi, FOMO sangat umum terjadi pada individu berusia 18 hingga 33 tahun. Faktanya, sebuah survei menemukan bahwa sekitar dua pertiga individu dalam kelompok usia ini mengaku mengalami FOMO secara teratur.

Bahaya FOMO dalam kehidupan

Kekhawatiran yang berlebihan tentang apa yang dilakukan orang lain hanya menyebabkan individu semakin kehilangan kehidupan mereka sendiri.

Nyatanya, FOMO menyebabkan orang memusatkan perhatian mereka ke luar, bukan ke dalam. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan mereka kehilangan rasa identitas dan bergumul dengan harga diri yang rendah

Beberapa efek FOMO yang terlihat termasuk takut ketinggalan acara-acara besar, menyiarkan semua yang dilakukan ke media sosial, dan panik membayangkan jika tak bisa turut serta dalam hal yang sedang ramai dibicarakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya FOMO lainnya

Semua efek yang terlihat ini mencerminkan dampak FOMO terhadap kesehatan mental. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perasaan depresi, takut, cemas, dan stres dapat muncul sebagai respons terhadap FOMO serta ketidakpuasan terhadap kehidupan.

Seseorang yang mengalami FOMO mungkin juga mendapati diri mereka terus-menerus menderita atas apa yang dilakukan orang lain, menyebabkan mereka kehilangan nyawanya sendiri. Namun, FOMO bukanlah kondisi kesehatan mental, melainkan emosi yang digerakkan oleh pikiran.

Pikiran menciptakan ketakutan yang dapat mengarah pada diagnosis. Oleh karena itu, FOMO bisa menjadi gejala dari masalah yang lebih besar.

 

3 dari 4 halaman

Tips mengatasi FOMO

Salah satu cara bagi remaja untuk mengatasi FOMO adalah dengan mempraktekkan apa yang dikenal sebagai reframing, yaitu latihan mental yang dirancang untuk membantu mereka melihat situasi secara berbeda.

Dan ketika berbicara tentang FOMO, ini bisa sangat membantu dalam mengubah pola pikir negatif. Berikut beberapa cara individu reframing pemikirannya, seperti melansir dari Verywellfamily.

Lacak pikiran negatif

Satu hal yang dapat dilakukan remaja untuk mengatasi FOMO adalah mencatat pikiran dan perasaan negatif mereka dalam jurnal. Ini memungkinkan mereka untuk mengamati seberapa sering mereka merasa negatif tentang diri mereka sendiri atau kehidupan mereka.

Kuncinya adalah mencatat seberapa sering mereka mengalami pikiran dan perasaan negatif dan mencatat apa yang mereka lakukan saat pikiran dan perasaan itu muncul.

Nanti, Anda dapat menganalisis jurnal dan menentukan apakah ada pola negatif dan apa yang mungkin perlu diubah agar merasa lebih baik tentang diri dan kehidupannya.

Pilih pikiran yang positif

Melacak pikiran negatif juga memungkinkan individu mengenali kata dan frasa negatif yang mereka ulangi pada diri mereka sendiri.

Kemudian, ketika mereka mendapati diri mereka mengatakan sesuatu yang negatif kepada diri mereka sendiri, mereka dapat mengarahkan pikiran mereka dan mengganti kata-kata negatif tersebut dengan sesuatu yang positif.

 

4 dari 4 halaman

Dampak FOMO lainnya

Jadwalkan istirahat teknologi

Tentu saja, mematikan teknologi sepertinya merupakan obat alami untuk FOMO. Tetapi hanya dengan mengalihkan telepon ke "mati" atau "jangan ganggu" tidak menghapus perasaan yang ditimbulkan oleh FOMO.

Individu mungkin masih khawatir akan ketinggalan, meskipun mereka tidak menggunakan media sosial sama sekali.

Kuncinya adalah mematikan teknologi dan melakukan hal lain sepenuhnya seperti membaca buku, memberi perubahan pada teman, membuat kue—apa saja yang memungkinkan mereka untuk fokus pada hal lain selain media sosial.

Pilihan lainnya adalah menjadwalkan waktu tertentu setiap hari untuk memeriksa media sosial. Dengan melakukan ini, individu tidak terpaku pada layar mereka dan lebih produktif jika mereka hanya memeriksa media sosial pada waktu yang ditentukan setiap hari daripada menggulir Instagram tanpa henti.

Jadilah realistis

Dorong individu untuk menyadari bahwa mereka memiliki waktu yang terbatas dan tidak mungkin berada di mana-mana dan melakukan segalanya. Jadi, tentu saja akan ada pesta atau acara yang tidak bisa mereka hadiri. Tetapi ini tidak berarti bahwa mereka kehilangan sesuatu. Foto memang bisa menipu. Dan meskipun tampaknya rekan-rekan mereka bersenang-senang, ini mungkin bukan masalahnya.

Mereka tidak boleh membiarkan fakta bahwa mereka tidak bisa berada di suatu tempat memengaruhi pandangan mereka tentang diri mereka sendiri.

Bantu mereka untuk menghindari keyakinan bahwa hidup mereka membosankan dan bahwa mereka tidak pernah melakukan sesuatu yang menyenangkan. Ingatkan mereka tentang hal-hal menyenangkan yang sebenarnya mereka lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.