Sukses

6 Tanda Anda Menjalani Hubungan dengan Pasangan Narsistik

Beberapa tanda ini menunjukkan jika Anda berada dalam hubungan narsistik.

Liputan6.com, Jakarta Cinta diri itu penting, tetapi ketika mencapai titik di mana seseorang mulai menunjukkan pola perilaku seperti obsesi diri yang ekstrem, kurangnya empati, menyulut orang lain merasa lebih unggul dari orang lain, pahami bahwa mereka jatuh ke dalam lubang narsistik yang dalam.

Bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang, narsisme tidak selalu tentang orang yang terobsesi dengan diri mereka sendiri, tapi masih banyak lagi hal lainnya.

Jika Anda menjalin hubungan dengan seorang narsistik, dan hubungan tersebut merusak harga dirimu, penting bagi Anda untuk mempelajari semua tentang pola hubungan narsistik dan mengambil langkah yang diperlukan untuk menemukan kebahagiaan bagi diri sendiri.

Berikut beberapa tanda yang menunjukkan jika Anda berada dalam hubungan narsistik, seperti melansir dari Pinkvilla, Jumat (23/6/2023).

1. Dia selalu membicarakan dirinya sendiri

Setiap kali ada percakapan, orang narsistik cenderung mengalihkannya ke diri mereka sendiri. Mereka umumnya sangat tidak sabar dan tidak mau mendengarkan siapa pun yang memuji atau memuji orang lain selain mereka.

Kadang-kadang bisa menjengkelkan ketika mereka merusak diskusi yang menarik dengan ikut campur dalam pembicaraan dan membuat semuanya tentang diri mereka sendiri.

2. Selalu ingin dipuji

Orang-orang narsistik suka dipuji, seringkali sampai membuat pasangannya frustasi. Mereka benar-benar memakannya karena itulah yang ingin didengar dan diperlakukan oleh seorang narsisis dan diperlakukan dengan perhatian ekslusif.

Yang lebih menarik adalah pujian semacam itu meningkatkan ego mereka, dan membuat mereka merasa berada di puncak dunia. Karena mereka membutuhkan validasi dari luar, jika Anda tidak memujinya, mereka akan marah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Dia tidak menoleransi kritik

Seorang narsistik akan selalu ingin mendengarkan pujian dan sanjungan, tapi itu tidak bisa dilakukan setiap saat.

Narsistik tidak suka mendengarkan kritik dan merasa bahwa mereka hanya tahu yang terbaik untuknya. Itu adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat yang sengaja mereka lakukan.

4. Dia tidak mempedulikan perasaanmu

Pasangan narsistik juga sangat tidak peka karena yang mereka pedulikan hanyalah diri mereka sendiri. Ini bisa sangat mengecewakan dan Anda bahkan merasa seperti diremehkan.

Tapi jika pasanganmu adalah seorang narsistik, mereka tidak akan terlalu peduli. Anda bisa mencoba mendiskusikannya dengan pasanganmu tetapi itu mungkin tidak membantu.

 

3 dari 3 halaman

5. Egois

Yang menjengkelkan dari pasangan narsistik adalah mereka sangat egois. Mereka tahu bagaimana memanipulasi orang dan menyelesaikan sesuatu.

Mereka akan menunjukkan perilaku terbaiknya saat membutuhkan sesuatu darimu, dan nantinya, kembali menjadi diri mereka yang beracun.

6. Manipulasi

Anda akan tahu bahwa Anda berada dalam hubungan narsistik ketika Anda melihat pasanganmu menggunakan Anda untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Mereka tidak ragu memanfaatkan orang lain untuk memnuhi keinginannya, bertindak sebagai korban situasi, atau membuat situasi palsu untuk meyakinkanmu. Mereka tahu Anda tidak akan mengatakan "tidak" untuk apa pun dan memanfaatkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.