Sukses

Kenali Penyebab Mengigau Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Mengigau adalah gangguan tidur di mana seseorang berbicara saat tidur tanpa menyadarinya. Oleh karena itu, ketahui penyebab mengigau dan bagaimana cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengigau adalah gangguan tidur di mana seseorang berbicara saat tidur tanpa menyadarinya. Mereka mungkin berbicara dengan dialog atau monolog yang rumit, omong kosong atau mungkin bergumam.

Bagi kebanyakan orang itu adalah kejadian yang langka dan berumur pendek. Oleh karena itu, ketahui penyebab mengigau dan bagaimana cara mengatasinya, seperti melansir dari Times of India, Selasa (20/6/2023).

Menurut penelitian, 66% orang pernah mengalami episode mengigau. Namun, ini tidak sering terjadi, dengan hanya 17% orang yang melaporkan episode mengigau dalam tiga bulan terakhir.

Karena seseorang sangat jarang menyadari episode mengigau mereka, data tentang prevalensi mengigau mungkin ttidak akurat seperti yang biasanya dilaporkan oleh anggota keluarga atau pasangan tidur.

Apa penyebabnya?

Alasan di balik mengigay masih belum jelas. Ada beberapa kemungkinan alasan, salah satunya adalah faktor genetika Anda.

Berbicara saat tidur juga ditemukan terutama terkait dengan masalah kesehatan mental seperti gangguan stres pasca-trauma (PTSD), depresi dan kecemasan. Ini juga terkait dengan mimpi buruk, terutama pada anak-anak.

Beberapa obat, seperti antidepresan, bisa menyebabkan tidur sambil berbicara. Penyalahgunaan zat, seperti tertidur di bawah pengaruh alkohol, juga bisa meningkatkan peluang seseorang untuk mengigau. Demam tinggi juga salah satu penyebab mengigau.

Bagaiamana bisa menghentikan mengigau?

Bicara sambil tidur (somniloquy) jarang membahayakan seseorang dan mungkin lebih menyusahkan pasangan tidurnya.

Jika jarang terjadi, Anda mungkin tidak memerlukan perhatian khusus untuk memperbaikinya. Jika sering atau mengganggu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips untuk mengurangi frekuensi mengigau

Kebiasaan tidur yang sehat

Mempertahankan kebiasaan tidur yang sehat bisa membantu mengatur obrolan tidur. Ini termasuk tidur pada waku yang tepat dan untuk jumlah waktu yang tepat.

Kebersihan tidur juga penting untuk membantu mendorong tidur malam yang nyenyak dan mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan bicara saat tidur.

Hal ini bisa dilakukan dengan memastikan bahwa Anda tidur di kasur yang bagus, bantal yang bersih, kamar yang bebas kebisingan dan tidak ada cahaya terang.

Menghilangkan stres

Kebanyakan orang tidur berbicara ketika mereka stres, depresi atau memiliki kecemasan. Oleh karena itu, menghindari stres fisik dan emosional sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Hindari aktivitas yang membuat stres sebelum tidur. Meditasi sebelum tidur juga bisa membantumu bersantai dan rileks, meningkatkan kualitas tidur.

 

3 dari 3 halaman

Inilah Waktu yang Dibutuhkan Kebanyakan Orang untuk Tidur Menurut Ahli

Saat Anda memikirkan perawatan diri dan kebiasaan hidup sehat, Anda cenderung menunjuk pada makan dengan baik, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur. 

Sayangnya, banyak orang yang melewatkan waktu tidur mereka lantaran terlalu sibuk dan stres mulai menumpuk. Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda perlu tidur tujuh jam atau lebih setiap malam untuk mendapatkan kondisi terbaik Anda, tetapi kapan waktu terbaik untuk tidur dan apakah itu penting?

Adalah normal untuk mengkhawatirkan detail tentang tidur karena melakukannya dengan benar sangat penting untuk semua alasan. Jelas, tidak aman untuk mengemudi saat Anda tidak waspada. Tetapi Anda mungkin juga melihat penurunan fokus dan produktivitas saat Anda sangat lelah. 

Seiring waktu, kurang tidur kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, nyeri, kondisi kesehatan mental, kelainan hormonal, dan penurunan kekebalan tubuh, menurut Sleep Foundation.

Di sini, seorang ahli tidur menguraikan mengapa penting untuk memiliki rutinitas tidur yang konsisten dan sehat dan apa yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan kualitas tidur malam demi malam.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.