Sukses

Kerap Diabaikan, Ternyata Ini Manfaat Jeruk Nipis Bagi Rambut, Kulit, dan Kesehatan Tubuh

Dikemas dengan nutrisi penting, antioksidan, dan asam alami, jeruk nipis menawarkan beragam manfaat yang meningkatkan kesehatan dari dalam hingga luar tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk nipis merupakan sejenis buah sitrus yang memiliki rasa asam yang kuat. Jeruk nipis memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jeruk lainnya.

Buah jeruk nipis sering digunakan dalam industri makanan dan minuman sebagai perasa alami. Jeruk nipis juga biasanya digunakan sebagai bumbu dalam hidangan atau sebagai tambahan pada minuman tertentu. Selain sebagai campuran bumbu dan perasa, jeruk nipis memiliki nilai gizi yang baik.

Jeruk ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, misalnya membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan digunakan sebagai campuran perawatan wajah. Bahkan jeruk nipis bermanfaat bagi pengobatan tradisional untuk beberapa kondisi medis tertentu.

Selain itu jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk kulit, rambut, dan kesehatan secara keseluruhan. Dikemas dengan nutrisi penting, antioksidan, dan asam alami, jeruk nipis menawarkan beragam manfaat yang meningkatkan kesehatan tubuh dari dalam ke luar.

Mulai dari meningkatkan kecerahan kulit dan mendorong pertumbuhan rambut hingga mendukung fungsi kekebalan tubuh dan pencernaan. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda terhadap penggunaan atau pemakaian jeruk nipis dan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli atau tenaga medis lainnya.

Dilansir dari PinkVilla, Kamis (15/6/2023) berikut penjelasan mengenai manfaat jeruk nipis bagi kulit, rambut, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kulit

1. Mencerahkan Kulit

Kemampuan pemutihan alami jeruk nipis yang terkenal dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit Anda. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang merupakan pencerah kulit yang efektif. Mereka biasanya bekerja dengan menghambat produksi melanin di kulit dan hal ini dapat membantu lebih lanjut dalam mengungkapkan kulit yang lebih bercahaya.

2. Melindungi dari Bahaya Sinar Matahari

Sifat antioksidan vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari potensi bahaya sinar UV matahari. Antioksidan yang ditemukan dalam vitamin C melindungi sel-sel kulit dengan menyumbangkan elektron ke radikal (kelas molekul yang menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari). Namun, vitamin C tidak menghalangi sinar UVA atau UVB, dan tidak dapat digunakan sebagai pengganti SPF.

3. Mengencangkan Kulit

Air perasan jeruk nipis juga berfungsi sebagai astringen alami, yang mengencangkan kulit dan mengurangi visibilitas pori-pori. Hal ini dapat membantu menghaluskan dan mengencangkan tekstur kulit Anda, sehingga membuat Anda tampak lebih muda dan segar.

4. Mencegah Jerawat

Karena sifatnya yang asam, jeruk nipis dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit, sehingga tidak dapat ditinggali oleh kuman penyebab jerawat. Jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai pembersih alami untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan polutan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

5. Melembabkan dan Menutrisi Kulit

Jeruk nipis juga memiliki kualitas pelembab yang membantu kulit mempertahankan kelembapan, menghindari kekeringan dan mendorong tekstur yang lembut dan kenyal. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung jeruk nipis secara teratur dapat membuat kulit Anda terasa beregenerasi, terhidrasi dengan baik, dan segar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

1. Mengatasi Masalah Kulit Kepala dan Ketombe

Karena kualitas antibakteri dan antijamur yang melekat, jeruk nipis merupakan pengobatan yang sukses untuk masalah kulit kepala dan ketombe. Asam sitrat jeruk nipis berkontribusi dalam menjaga keseimbangan pH kulit kepala, mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Penggunaan produk rambut yang mengandung jeruk nipis secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Hal ini juga dapat mencegah pengelupasan dan gatal-gatal.

2. Memperkuat dan Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis penuh dengan vitamin dan mineral yang penting untuk perkembangan rambut yang kuat dan sehat. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C, yang membantu membuat kolagen, protein penting yang mendorong pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan.

3. Meningkatkan Kilau Rambut

Jeruk nipis dapat menjadi senjata rahasia Anda jika Anda ingin rambut Anda berkilau dan indah. Sifat asam jeruk nipis membantu menghilangkan penumpukan produk dan minyak berlebih dari rambut, memberikan penampilan yang lebih berkilau dan hidup. Untuk meningkatkan kilau alami rambut Anda setelah keramas, gunakan air perasan jeruk nipis sebagai pembilas rambut alami.

4. Mengatur pH Kulit Kepala

Keseimbangan pH kulit kepala sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Tingkat pH alami jeruk nipis yang asam dapat membantu membangun kembali keseimbangan pH kulit kepala yang ideal. Agar folikel rambut tetap sehat dan terhindar dari masalah seperti kekeringan, pengelupasan, minyak berlebih, dan iritasi pada kulit kepala, keseimbangan ini sangat penting.

Itulah mengapa buah sitrat seperti jeruk nipis sering terlihat dalam sampo karena tidak hanya memberikan aroma yang menyenangkan tetapi juga memiliki kapasitas untuk menjaga netralitas pH.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

1. Sumber Antioksidan

Jeruk nipis kaya akan zat-zat yang digunakan tubuh Anda secara aktif sebagai antioksidan, seperti limonoid, flavonoid, asam askorbat, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa tersebut menjaga sel Anda dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Tubuh Anda biasanya memproduksi radikal bebas ini, dan jika kadarnya terlalu tinggi, radikal bebas ini dapat menyebabkan stres oksidatif. Penyakit jantung, kanker, dan penyakit neurologis adalah beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan stres oksidatif.

2. Anti Peradangan

Jeruk nipis memiliki zat tanaman dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang diakui. Dengan demikian, jeruk nipis membantu penyembuhan luka lebih cepat dengan menurunkan peradangan dan meningkatkan pembentukan kolagen. Sebuah studi ilmiah bahkan membuktikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi dari kulit jeruk nipis. Jadi, mengonsumsi kulit jeruk nipis bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan komponen penting karena memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu buah yang kaya akan vitamin C adalah jeruk nipis. Satu buah jeruk nipis dapat memasok sejumlah besar kebutuhan harian vitamin C. Hal ini mendorong perkembangan sel darah putih yang bertugas menangkal infeksi dan penyakit sehingga hal ini meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.