Sukses

5 Cara Cerdas Menghadapi Orang yang Suka Bercanda Sarkas

Jika Anda sudah sering menghadapi atau sedang menghadapi individu yang sarkas, maka inilah yang harus Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu menggunakan sarkasme saat berhadapan dengan orang lain dan mereka bisa menjadi sangat jahat dan merendahkan.

Berurusan dengan orang jahat dan sarkastik bisa jadi menantang, tapi ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk menangani orang seperti itu.

Jika Anda sudah sering menghadapi atau sedang menghadapi situasi seperti itu, maka inilah yang harus Anda lakukan.

Berikut beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan saat berurusan dengan orang-orang yang suka bercanda sarkastik yang jahat, seperti melansir dari Times of India, Senin (29/5/2023).

1. Tetap tenang

Sangat penting untuk tetap tenang dan tidak membiarkan komentar atau sarkasme mereka memengaruhi emosimu. Orang-orang seperti itu menggali reaksimu dan ketika mereka tidak mendapatkan apa-apa, itu mengganggu mereka.

Tarik napas dalam-dalam dan ingatkan dirimu bahwa perilaku mereka merupakan cerminan dari masalah mereka sendiri, bukanlah masalah Anda.

2. Jangan tersinggung

Jangan mengambil hati ucapan sarkastik. Penting bagi Anda untuk memahami bahwa komentar yang kejam dan sarkastik mengungkapkan lebih banyak tentang orang yang mengatakannya daripada tentangmu. Jangan biarkan kenegatifan siapa pun mencerminkan nilai atau kemampuan Anda.

3. Tanggapi dengan kebaikan

Alih-alih bereaksi dengan kemarahan atau pembelaan diri, tanggapilah dengan kebaikan. Terkadang, tanggapan positif bisa melumpuhkan orang tersebut dan meredakan situasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Gunakan humor dengan bijak

Jika Anda merasa nyaman melakukannya, Anda bisa menggunakan humor untuk menanggapi komentar sarkastik.

Namun, itu harus ditempatkan dengan baik dan tanggapan ringan yang membantu meredakan ketegangan dan menunjukkan bahwa Anda tidak menanggapi komentar mereka dengan serius.

5. Tetapkan batasan

Jika perilaku sarkastik orang tersebut terlalu berlebihan untuk ditangani, penting untuk menetapkan batasan.

Dengan sopan dan tegas beri tahu orang tersebut bahwa komentarnya menyakitkan dan minta mereka untuk berhenti.

Bersikaplah jelas dan tegas tentang batasan Anda, dan hindari terlibat dalam argumen lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Zodiak Ini Miliki Selera Humor Gelap dan Suka Bersikap Sarkas

Beberapa zodiak bangga dengan sarkasme mereka. Mereka menggunakannya untuk menggetarkan teman-teman mereka dan meringankan suasana saat orang yang mereka cintai terlalu tegang. 

Mereka sering merasa bahwa mereka memiliki banyak lelucon sinis untuk dilontarkan dan komentar sarkastik yang dapat membuat orang terkesan atau bahkan tak nyaman.

Terkadang dark humor dan lidah tajam mereka terlihat sedikit ekstrem, tetapi mereka benar-benar berharap untuk membuat orang-orang di sekitar mereka tertawa cekikikan. Akibatnya, mereka menunggu sampai mereka memiliki penonton yang lebih baik untuk humor gelap dan sikap sarkas mereka. Dilansir dari Pinkvilla berikut ulasannya:

Cancer

Cancer secara alami suka bermain dan suka berpetualang, menjadikan mereka salah satu zodiak yang paling nakal. Tanda air ini mendekati kehidupan dengan semangat dan kesembronoan. 

Mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat orang tertawa dengan ucapan cerdas dan anekdot lucu mereka. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa mereka sebenarnya memiliki selera yang sangat baik. 

Mereka memiliki bakat membaca suasana dan tahu persis apa yang harus dikatakan untuk membuat orang tertawa. Jadi, mereka menyampaikan bagian lucunya dengan akurasi yang tepat, yang membuat mereka menjadi pendongeng yang hebat! 

Tidak hanya itu, kemampuan mereka untuk menyampaikan cerita yang lucu dan menghibur membuat mereka menjadi teman yang luar biasa. Cancer memiliki pesona dan kharisma alami yang menarik orang kepada mereka. Tapi komentar sinis dan selera humor gelap merekalah yang menyebarkan kegembiraan dan tawa kepada orang-orang di sekitar mereka.

Scorpio

Orang sering terkejut dengan selera humor Scorpio yang bersahaja. Mereka memiliki selera humor yang khas dan tidak ortodoks yang sering mengejutkan orang lain. Hal ini karena mereka berbakat dalam melakukan observasi terhadap lingkungan sekitarnya dan menemukan sarkasme dalam kejadian sehari-hari. 

Mereka memiliki bakat untuk melihat dunia dengan cara yang tidak biasa dan menemukan kelucuan di tempat yang tidak terduga. Dengan lelucon brilian dan cerita menghibur, mereka memiliki bakat untuk membuat orang tertawa. 

Selain itu, mereka memiliki kepribadian yang santai, yang menjadikan mereka teman yang sangat baik. Menariknya, zodiak ini memiliki kecerdasan yang cepat dan mungkin muncul dengan satu kalimat yang cerdas. Mereka memiliki lidah yang tajam dan kering, komentar pedas, yang sering mereka gunakan untuk meredakan ketegangan dan meringankan situasi. Namun, beberapa lelucon mereka bisa jadi terlalu canggih atau akademis bagi sebagian orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.