Sukses

Studi: Berjalan Kaki Dapat Meningkatkan Konektivitas Otak dan Mencegah Demensia pada Orang Tua

Sebuah penelitian baru dari University of Maryland School of Public Health menunjukkan bahwa berjalan meningkatkan koneksi di dalam dan di antara tiga jaringan otak, termasuk yang terkait dengan penyakit Alzheimer, menambah data bahwa olahraga berjalan kaki bermanfaat bagi kesehatan otak.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian baru dari University of Maryland School of Public Health menunjukkan bahwa berjalan meningkatkan koneksi di dalam dan di antara tiga jaringan otak, termasuk yang terkait dengan penyakit Alzheimer, menambah data bahwa olahraga berjalan kaki bermanfaat bagi kesehatan otak.

Diterbitkan bulan ini di Journal for Alzheimer's Disease Reports, penelitian tersebut meneliti otak dan kemampuan mengingat cerita orang dewasa yang lebih tua dengan fungsi otak normal dan mereka yang didiagnosis dengan gangguan kognitif ringan, yang merupakan sedikit penurunan kemampuan mental seperti ingatan, penalaran dan penilaian dan salah satu faktor risiko alzheimer.

"Secara historis, jaringan otak yang kami pelajari dalam penelitian ini menunjukkan kemunduran dari waktu ke waktu pada orang dengan gangguan kognitif ringan dan penyakit Alzheimer," kata J. Carson Smith, seorang profesor kinesiologi di School of Public Health dan peneliti utama studi tersebut, dilansir dari Hindustan Times. 

"Mereka menjadi terputus, dan akibatnya, orang kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih dan mengingat berbagai hal. Kami menunjukkan bahwa latihan olahraga memperkuat hubungan ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga berjalan kaki meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa

Studi ini didasarkan pada penelitian Smith sebelumnya, yang menunjukkan bagaimana berjalan dapat menurunkan aliran darah pada otak dan meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan.

Sebanyak 33 peserta, yang berusia antara 71 dan 85 tahun, berjalan sambil diawasi di atas treadmill empat hari seminggu selama 12 minggu. Sebelum dan sesudah rejimen latihan ini, peneliti meminta peserta untuk membaca sebuah cerita pendek dan kemudian mengulanginya dengan sedetail mungkin.

3 dari 4 halaman

Peneliti dapat mengukur perubahan komunikasi di dalam dan di antara tiga jaringan otak peserta

Peserta juga menjalani pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) sehingga peneliti dapat mengukur perubahan komunikasi di dalam dan di antara tiga jaringan otak yang mengontrol fungsi kognitif:

Jaringan mode default - Aktif saat seseorang tidak melakukan tugas tertentu (berpikir melamun tentang daftar belanjaan) dan terhubung ke hippocampus - salah satu daerah otak pertama yang terkena penyakit Alzheimer. Itu juga di mana plak Alzheimer dan amiloid, tersangka utama penyakit Alzheimer yang ditemukan di sekitar sel saraf, muncul dalam tes.

Jaringan frontoparietal - Mengatur keputusan yang dibuat saat seseorang menyelesaikan tugas. Ini juga melibatkan memori.

Jaringan Salience - Memantau dunia luar dan rangsangan dan kemudian memutuskan apa yang perlu diperhatikan. Ini juga memfasilitasi peralihan antar jaringan untuk mengoptimalkan kinerja.

 

4 dari 4 halaman

Aktivitas otak lebih kuat dan lebih tersinkronisasi

Setelah 12 minggu latihan, peneliti mengulangi tes dan melihat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengingat cerita peserta.

"Aktivitas otak lebih kuat dan lebih tersinkronisasi, mendemonstrasikan olahraga sebenarnya dapat mendorong kemampuan otak untuk berubah dan beradaptasi," kata Smith. 

“Hasil ini memberikan lebih banyak harapan bahwa olahraga dapat bermanfaat sebagai cara untuk mencegah atau membantu menstabilkan orang dengan gangguan kognitif ringan dan mungkin, dalam jangka panjang, menunda perubahan mereka menderita demensia atau Alzheimer.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.