Sukses

Gandeng Universitas Borneo Tarakan, Indosat dan GSMA Gunakan Teknologi Digital untuk Konservasi Mangrove

Indosat Ooredo Hutchison dan GSMA menggandeng Universitas Borneo Tarakan untuk konservasi mangrove

Liputan6.com, Tarakan Meski memiliki kawasan hutan mangrove yang cukup luas, keberadaan tambak yang merupakan alih fungsi hutan mangrove serta penebangan secara serampangan di Kalimantan Utara cukup mengkhawatirkan.

Hal tersebut mendapat perhatian Global System for Mobile Communication Association (GSMA) yang memiliki fokus terhadap isu lingkungan. Setelah sempat berkolaborasi dengan Pemerintah Jerman di beberapa tempat, GSMA memiliki ketertarikan untuk melakukan hal yang sama di Indonesia.

Pemilihan Indonesia salah satunya dikarenakan adopsi teknologi oleh masyarakat Indonesia yang lebih cepat dari beberapa negara lain. Hal tersebut disampaikan oleh Head of Asia Pasific Global System Mobile Communications Association (GSMA), Julian Gorman saat ditemui di Tarakan, Senin (22/03/2023).

"Indonesia memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup diperhitungkan di mata dunia. Ini yang membuat GSMA tertarik untuk mengembangkannya lebih luas di Indonesia," ujar dia.

Untuk mempercepat dan mengakselerasi tujuan tersebut, GSMA bekerja sama dengan Indosat Ooredo Hutchison meluncurkan Program Digitalisasi Konservasi Mangrove di Tarakan, Kalimantan Utara.

Terdapat dua kegiatan yang dilakukan oleh Indosat dan GSMA, yaitu pertama adalah pemetaan wilayah laut dan pesisir dengan menggunakan Open-source & Geospatial Mapping di wilayah pesisir dan laut Kalimantan Utara khususnya di Desa Setabu, Kecamatan Sebatik Barat. Kegiatan ini akan melibatkan warga serta tokoh masyarakat sekitar dengan menggunakan aplikasi Qfiled yang dapat diperbarui secara berkala.

Sedangkan kegiatan kedua adalah memperkenalkan solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) kepada para petambak udang lokal untuk memantau kadar air dalam tambak, khususnya yang berdekatan dengan wilayah tumbuh mangrove.

Tujuannya adalah agar produktivitas tambak-tambak kecil meningkat serta menghindari mangrove dari ancaman penebangan oleh para petambak besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggandeng Universitas Borneo Tarakan

Untuk mendukung kelancaran program tersebut, Indosat dan GSMA menggaet Universitas Borneo Tarakan yang disambut baik oleh civitas akademika di universitas tersebut.

Wakil Rektor III Univesitas Borneo Tarakan Dr. Ir. M Djaya Bakri, S.T., M.T. mengatakan bahwa kegiatan CSR Indosat tersebut akan membantu berkontribusi terhadap mangrove itu sendiri dan dapat mendorong masyarakat untuk mengembangkan kelestarian kawasan hutan mangrove.

"Teknologi yang mereka kembangkan ini akan mempercepat analisis kami. Karena selama ini kami mengambil sampel air, butuh waktu relatif lebih lama. Dengan teknologi ini, kita bisa langsung membaca di layar."

Ia menambahkan bahwa solusi digital berbasis IoT yang dibawa oleh Indosat dan GSMA bisa membantu warga secara langsung mengetahui kualitas air sehingga bisa segera ditangani jika terjadi perubahan-perubahan yang berdampak pada produktivitas tambak.

"Kami Universitas Borneo Tarakan berterima kasih telah dilibatkan dengan program yang tentu akan menantang para akademisi kami yang tentu sudah memiliki kompetisi," ujar Djaya.

 

3 dari 3 halaman

Kerja sama jangka panjang

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan bahwa kerja sama dengan GSMA tersebut akan dilakukan dalam jangka panjang. Nantinya, pihak Indosat dan GSMA akan melihat bagaimana impelementasi dan kontribusi teknologi yang digunakan setelah satu tahun dan menganalisis ke depannya.

"Ini adalah komitmen jangka pajang. Kami akan kembali untuk melihat manfaatnya untuk warga Tarakan. Jadi ini merupakan kerja sama jangka panjang dengan GSMA," ujar Vikram.

Program berkelanjutan ini juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ), dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Universitas Borneo Tarakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, dan Pemda Sebatik Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini