Sukses

12 Alasan Mengapa Pria yang Telah Menikah Memutuskan untuk Berselingkuh - Part 2

Setiap orang tentu ingin memiliki pernikahan yang sehat dan bahagia. Namun tak jarang orang yang menerima kenyataan pahit bahwa pasangannya berselingkuh.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu ingin memiliki pernikahan yang sehat dan bahagia. Namun tak jarang orang yang menerima kenyataan pahit bahwa pasangannya berselingkuh. Perselingkuhan selalu menjadi hal yang mengerikan yang harus dilalui dalam suatu hubungan.

Ini juga lebih sering dilakukan oleh pria daripada wanita. Institute for Family Studies (IFS) melaporkan dari Survei Sosial Umum baru-baru ini bahwa 20% pria berselingkuh dari pasangannya dibandingkan dengan 13% wanita.

Tentu banyak yang bertanya-tanya bagaimana perselingkuhan bisa terjadi dalam sebuah pernikahan? Mengapa pria menikah yang bahagia berselingkuh? Ini adalah pertanyaan yang tidak memiliki jawaban yang jelas, tetapi banyak yang berpikir berselingkuh karena mereka tidak bahagia.

Tapi ada berbagai alasan mengapa pria selingkuh, dan itu tidak selalu sama untuk semua orang. Dilansir dari Marriage.com, Senin (15/5/2023), berikut deretan alasan mengapa banyak pria beristri berselingkuh:

7. Kepuasan diri yang instan

Apakah pria yang bahagia juga selingkuh? Ya, dia pasti melakukannya tetapi bukan karena kurangnya kepuasan. Sebagian besar waktu, itu terkait dengan ego mereka.

Seperti yang diketahui kebanyakan orang, keegoisan seringkali menjadi faktor pendorong pria berselingkuh. Dia mungkin menikah dengan bahagia tetapi berselingkuh dari istrinya karena kebutuhan akan kepuasan instan yang mungkin tidak dapat diberikan oleh istrinya pada saat itu juga.

8. Berpikir mereka bisa lolos begitu saja

Banyak pria selingkuh karena mereka pikir mereka bisa lolos begitu saja. Mereka membenarkannya dengan mengatakan pada diri mereka sendiri bahwa mereka adalah pria yang baik, suami yang baik, dan ayah yang baik sehingga perselingkuhan seharusnya tidak menjadi masalah besar.

Mereka gagal untuk memahami bahwa istri mereka tidak benar-benar melihatnya seperti itu dan dengan demikian gagal untuk menyadari kehancuran yang ditimbulkan oleh perselingkuhan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

9. Ketidakdewasaan

Ini sering menjadi salah satu alasan utama pria selingkuh. Ketika seseorang kurang pengalaman dan kurang kedewasaan yang dibutuhkan untuk bekerja melalui aspek-aspek inti dari suatu hubungan, hal itu seringkali membuat mereka berpikir ada ruang untuk keluwesan dalam kesetiaan dan kesetiaan mereka kepada istri mereka.

Mereka kemudian akan memberikan banyak pembenaran atas tindakannya yang seringkali bertopeng penyangkalan. Mereka tidak memiliki kedewasaan emosional untuk menyadari bahwa tindakan mereka memiliki konsekuensi.

3 dari 5 halaman

10. Mencari pengalaman baru

Merupakan hal yang umum untuk bertanya-tanya mengapa pria yang menikah dengan bahagia berselingkuh, dan sering kali, jawaban atas pertanyaan itu adalah petualangan dan sensasi berada di belakang punggung istri Anda.

Berada dalam hubungan yang mapan berarti kenyamanan keandalan dan rutinitas, dan beberapa pria senang dengan itu. Tapi kemudian, pada akhirnya, mereka akan mendambakan kegembiraan yang dibawa oleh perselingkuhan.

4 dari 5 halaman

11. Memiliki kesempatan

Bahkan seseorang dalam pernikahan yang kuat dan bahagia pun bisa menjadi rentan saat ada kesempatan. Ini biasanya terjadi ketika seorang suami berselingkuh dengan seseorang yang dikenalnya, seperti rekan kerja yang menurutnya menarik, bukan orang asing.

Mereka sering membenarkannya dengan mengatakan bahwa kesempatan itu ada di sana dan mereka merasa tidak bisa membiarkannya begitu saja.

5 dari 5 halaman

12. Citra diri

Terkadang, selingkuh adalah cara laki-laki untuk membuktikan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka 'masih memilikinya'. Ini terkait langsung dengan keegoisan dan ingin ego mereka dibelai.

Dengan terlibat perselingkuhan dengan orang lain, mereka merasa senang mengetahui bahwa, bahkan di luar pernikahan, mereka masih diinginkan dan menarik bagi orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.