Sukses

Bisa Menyerang Anak Muda, Ini 4 Tanda Kanker Usus Besar yang Harus Anda Waspadai

Berikut ini tanda kanker usus besar yang harus Anda waspadai

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan di AS telah membuat daftar empat gejala utama yang dikeluhkan orang selama dua tahun sebelum kanker usus besar terdeteksi, karena terungkap bahwa jumlah orang muda yang didiagnosis telah berlipat ganda dalam beberapa tahun terakhir.

Klaim para peneliti, memiliki hanya satu gejala saja dapat menggandakan risiko kanker usus besar. Sementara tiga atau lebih gejala dapat melipatgandakan kemungkinannya hingga 6,5 kali lipat.

Melansir dari Mirror, para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis, Missouri, mempelajari data lebih dari 5.000 pasien dengan kanker usus besar stadium awal. Tim mengatakan empat tanda utama biasanya muncul antara tiga bulan dan dua tahun sebelum didiagnosis.

Tanda-tanda awal tersebut adalah sakit perut, pendarahan di dubur, diare dan anemia alias kekurangan zat besi. Mirisnya, dokter mengatakan masing-masing mengindikasikan peningkatan risiko pada pasien di bawah usia 50 tahun. Para ahli mengeluarkan peringatan bahwa kanker usus besar bukan lah penyakit yang hanya menyerang orang tua. 

Peneliti dan profesor asosiasi Yin Cao ScD mengatakan: "Kanker kolorektal bukan hanya penyakit yang menyerang orang tua; kami ingin orang dewasa muda menyadari dan menindaklanjuti tanda dan gejala yang berpotensi sangat jelas ini - terutama karena orang di bawah 50 tahun dianggap berada di berisiko rendah, dan mereka tidak menerima skrining kanker kolorektal secara rutin."

"Penting juga untuk menyebarkan kesadaran di antara dokter perawatan primer, ahli gastroenterologi, dan dokter pengobatan darurat," kata Dr Cao.

"Sampai saat ini, banyak kanker kolorektal onset dini terdeteksi di ruang gawat darurat, dan seringkali ada penundaan diagnostik yang signifikan untuk kanker ini."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua gejala yang amat harus diwaspadai

Dr Cao mengatakan dua gejala khususnya - pendarahan dubur dan anemia defisiensi zat besi, kondisi darah yang menyebabkan kelelahan dan kulit pucat. Bila pasien merasakan itu, berarti pasien harus segera menemui dokter mereka dan meminta endoskopi.

Menurut para ilmuwan, orang yang lahir pada tahun 1990 memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker usus besar dan empat kali lipat risiko kanker dubur dibandingkan dengan orang dewasa muda yang lahir pada tahun 1950.

"Karena sebagian besar kasus kanker kolorektal onset dini telah dan akan terus didiagnosis setelah munculnya gejala, sangat penting untuk mengenali tanda ini segera dan melakukan pemeriksaan diagnostik sesegera mungkin," Dr. Cao menambahkan.

"Dengan melakukan itu, kami dapat mendiagnosis penyakit lebih awal, yang pada gilirannya dapat mengurangi kebutuhan akan pengobatan yang lebih agresif dan meningkatkan kualitas hidup dan tingkat kelangsungan hidup pasien."

3 dari 4 halaman

3 Zodiak Ini Paling Rajin Bangun Pagi, Ada Kamu?

Semua orang tahu menjadi orang yang bangun pagi membutuhkan banyak disiplin. Tidur lebih awal pada malam sebelumnya, melawan keinginan untuk tetap di tempat tidur sampai matahari terbit - itu bisa menjadi perjuangan.

Menurut peramal Catherine Gerdes, ada beberapa tanda zodiak yang lebih cenderung bangun pagi daripada yang lain, jadi jika tanda matahari Anda berada di salah satu dari tiga tanda ini, Anda mungkin lebih mampu bangun lebih awal daripada yang Anda kira.

Bangun lebih awal mungkin bisa sangat bagus. Sebab, menjadi orang yang suka bangun pagi juga memiliki keuntungan. Anda bisa naik sepeda sebelum trotoar dipenuhi dengan pejalan kaki dan gerobak dagangan, mendahului teman sekamar Anda ke kamar mandi, atau bahkan membuat sarapan lengkap.

Jika sahabat Anda telah mencoba mengajak Anda bergabung dengan lari pagi mereka selama berbulan-bulan, ada kemungkinan mereka adalah salah satu dari tiga tanda zodiak yang paling mungkin bangun pagi. Menurut Gerdes, tanda-tanda zodiak ini tidak hanya memiliki disiplin, tetapi juga memiliki energi dan ambisi, yang membuat mereka bersemangat untuk memulai hari secepat mungkin.

Dilansir dari Bustle, inilah zodiak yang paling rajin bangun pagi menurut astrologi.

4 dari 4 halaman

1. Capricorn

Bangun, bangun, Capricorn. Capricorn sangat berorientasi pada tujuan, dan bangun lebih awal hanyalah salah satu dari banyak cara disiplin mereka bersinar. Menurut Gerdes, seorang Capricorn kemungkinan besar akan menjadi yang pertama di kantor karena alasan ini.

2. Virgo

Virgo semua tentang kesempurnaan, dan jika mereka akan mendapatkan semua yang mereka butuhkan untuk dilakukan persis seperti yang mereka suka, mereka harus bangun pagi dan bersinar. Tidak hanya itu, tetapi menurut Gerdes, Virgo mungkin bisa sulit tidur juga, jadi kecenderungan bangun pagi mereka mungkin bukan keinginan dan lebih merupakan kebiasaan.

“Energi Virgo adalah energi gelisah,” kata Gerdes. “Perhatian mereka terhadap detail yang dikombinasikan dengan kegugupan alami membuat mereka bangun lebih awal.”

3. Aries

Aries dikenal memiliki tingkat energi yang berlebihan, jadi "bangun dari tempat tidur di pagi hari bisa menjadi standar bagi mereka," kata Gerdes. Kadang-kadang, energi ini dapat bekerja melawan mereka, tetapi ketika bangun dengan cerah dan lebih awal, itu pasti pro.

“Bergerak dan berolahraga juga penting bagi mereka dan dapat membuat mereka bangun lebih awal,” kata Gerdes. “Mereka adalah petualang alami dan memulai hari dengan semangat ini.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.