Sukses

10 Tips Agar Ponsel Anda Tidak Cepat Rusak

Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat ponsel kita tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah hari pertama Anda menggunakan smartphone baru Anda dan kita semua ingin bertahan selama mungkin dalam kondisi bagus. Namun, rutinitas dan kebiasaan kita sehari-hari bisa memberikan efek buruk terhadap perangkat yang bermanfaat ini.

Itu mengapa penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat ponsel kita tidak mudah rusak. Dilansir dari Brightside, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

1. Bersihkan debu dari port pengisian daya ponsel Anda

Gunakan tusuk gigi untuk mengikis bagian dalam port dengan lembut. Sapu di sekitar bagian dalam port untuk mengeluarkan debu dan kemudian goyangkan ponsel sedikit untuk menghilangkan debu. Luangkan waktu Anda dan lakukan selembut mungkin Anda tidak ingin merusak port ponsel.

2. Jangan gunakan phone holder mobil

Alas dan bantalan dasbor anti selip tidak memberi Anda jaminan nyata bahwa ponsel Anda tidak akan meluncur ke bawah. Masih ada kemungkinan ia akan jatuh di tikungan berikutnya yang Anda lewati. Situasi seperti ini dapat sangat merusak ponsel Anda, atau lebih buruk lagi, dapat menghancurkannya sepenuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Jauhkan air dan debu dari speaker ponsel Anda

Ponsel Anda selamat dari kontak dengan air, tetapi apakah suara yang keluar dari speaker teredam? Itu karena air mungkin masih terperangkap di speaker. Sebagian besar orang akan menggunakan beras untuk mengeringkan smartphone mereka, tetapi ada cara yang lebih efisien untuk melakukannya. Unduh aplikasi Android atau pintasan untuk iOS dan ini akan membantu Anda mengeluarkan air dari speaker Anda.

Mereka memainkan suara khusus yang memeras semua air. Hal yang sama berlaku untuk debu, dan jika Anda melakukannya secara teratur, speaker Anda akan tetap dalam kondisi bagus selama bertahun-tahun yang akan datang.

4. Bawa ponsel Anda ke layanan garansi secara berkala

Melakukan ini mudah dan itu akan menghemat ponsel Anda bersama dengan uang Anda. Spesialis di toko dan pusat layanan resmi akan mendiagnosis ponsel cerdas Anda dan memperbaiki kerusakan internal atau eksternal yang mungkin terjadi. Ini mungkin tidak akan dikenakan biaya apapun tergantung pada garansi.

3 dari 4 halaman

5. Jangan taruh ponsel di saku belakang

Anda mungkin lupa bahwa Anda meletakkannya di sana, lalu duduk di atasnya dan menghancurkannya. Akan memalukan untuk menghancurkan ponsel dengan cara ini.

6. Matikan Bluetooth saat tidak digunakan.

Bluetooth adalah alat yang sangat berguna, tetapi juga bisa berbahaya. Rekomendasinya adalah untuk mematikannya saat Anda tidak menggunakannya, dan dengan melakukan itu, Anda akan memblokir semua jenis unduhan berbahaya yang mungkin menghampiri Anda.

4 dari 4 halaman

7. Isi daya smartphone Anda sebelum baterai mati total

Tidak ada yang salah dengan baterai ponsel Anda 0%, tetapi jika itu sering terjadi, maka ponsel Anda akan melayani Anda untuk waktu yang jauh lebih singkat. Setiap smartphone memiliki sejumlah siklus pengisian daya. Saat itulah Anda mengisi daya ponsel hingga 100% dan kemudian menggunakannya hingga baterai benar-benar habis. Jika Anda melakukan ini secara teratur, maka baterai ponsel Anda tidak akan bertahan lama.

8. Perbarui software ponsel Anda secara teratur

Ini adalah pembaruan penting yang digunakan untuk menghilangkan beberapa bug yang mungkin Anda temui, membuat ponsel cerdas Anda berjalan lebih lancar dan lebih cepat, dan menjaga pertahanannya tetap mutakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.