Sukses

Ingin Brazilian Waxing Pertama Kali? Ketahui Tipsnya Agar Tidak Terlalu Sakit

Penasaran untuk brazilian waxing pertama kali? Ini dia informasi lengkap sebelum Anda melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Brazilian waxing menjadi salah satu metode untuk menghilangkan rambut di area kemaluan. Metode ini menggunakan lilin khusus yang akan dioleskan pada permukaan kulit lalu ditarik untuk mengempaskan rambut.

Tidak seperti bikini waxing yang hanya menghilangkan bulu di sepanjang garis pakaian dalam, brazilian waxing bisa menghilangkan hampir semua rambut kemaluan.

Ketika melakukan prosedur ini, prosesnya mungkin akan memakan waktu sekitar 30-60 menit. Namun, hal tersebut juga tergantung pada seberapa banyak rambut kemaluan yang akan dihilangkan.

Nah, sebelum menggunakan prosedur ini, ketahui dulu serba-serbinya di sini. Terutama untuk Anda yang baru pertama kali ingin melakukannya.

Persiapan Sebelum Brazilian Waxing

Berdasarkan laman Webmd, Kamis (27/4/2023), ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukannya supaya prosesnya berjalan mudah. Hal ini termasuk:

  • Memangkas rambut kemaluan

Waxing bekerja paling tepat ketika rambut kemaluan Anda memiliki panjang sekitar 1/4 inci hingga 3/4 inci.

  • Eksfoliasi

Lakukan eksofiliasi secara lembut di area sekitar kulit yang hendak di-waxing. Proses ini bermanfaat supaya mengurangi risiko terjadinya rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair).

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri

Minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen sekitar 30 menit sebelumnya, bisa membantu meminimalisasi rasa sakit dan peradangan.

Tidak cuma itu saja, ada juga hal-hal yang harus dihindari sebelum melakukan brazilian waxing. Pertama yaitu tidak melakukan perawatan yang dapat mengiritasi kulit, setidaknya 24 jam sebelum prosedur dilakukan.

Kedua, jangan mengonsumsi minuman beralkohol atau kafein pada hari waxing karena dapat menyebabkan pori-pori menjadi menyempit, yang berakibat pada proses waxing akan lebih menyakitkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosedur-prosedur dalam Brazilian Waxing

Brazilian waxing sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional, mengingat prosesnya yang melibatkan area kulit yang sensitif dan sulit dijangkau. Sebelum proses ini dilakukan, biasanya terapis akan meminta Anda untuk menanggalkan pakaian dari pinggang ke bawah, kemudian berbaring atau duduk di kasur yang telah disediakan.

Langkah-langkah prosedur brazilian waxing seperti berikut ini:

  • Area sekitar kemaluan akan dibersihkan supaya lilin dapat menempel di permukaan kulit.
  • Mengoleskan minyak atau bedak untuk melindungi kulit.
  • Lilin akan dioleskan tipis di area kulit yang akan dihilangkan rambutnya.
  • Menempelkan kain khusus atau strip dan menekannya dengan lembut supaya lilin menempel di kain atau kertas khusus.
  • Kain akan ditarik dengan cepat hingga seluruh rambut ikut tercabut.
  • Proses ini akan diulang beberapa kali hingga rambut area kemaluan tercabut semua.

Setelah prosedur selesai dilakukan, terapis akan mengoleskan serum atau krim untuk meredakan iritasi dan mencegah rambut tumbuh ke dalam kulit (ingrown hair).

3 dari 4 halaman

Kelebihan Brazilian Waxing

Dikutip dari beberapa sumber, ada beberapa kelebihan melakukan brazilian waxing, yaitu:

  • Risiko terjadinya iritasi lebih rendah

Risiko terjadinya iritasi seperti ruam setelah melakukan brazilian waxing lebih kecil dibandingkan menggunakan epilator atau bercukur. Hal ini terjadi kalau prosedurnya dilakukan dengan benar.

  • Rambut kemaluan bisa tumbuh lebih lama

Brazilian waxing memang dilakukan dengan mencabut rambut kemaluan dari akarnya. Jadi, kulit pun bisa terbebas dari rambut dalam waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 3-4 minggu.

  • Tumbuh lebih tipis dan halus

Selain membuat tumbuh lebih lama, rambut kemaluan juga bisa menjadi tipis daripada sebelumnya. Inilah yang akan memudahkan dan membuat proses waxing berikutnya tidak terlalu menyakitkan

  • Menghilangkan sel kulit mati

Menurut American Academy of Dermatology Association, eksfoliasi dari waxing bisa menghilangkan sel kulit mati dari lapisan kulit sehingga meningkatkan produksi kolagen. 

4 dari 4 halaman

Efek Samping dan Risiko Brazilian Waxing

Meskipun ada banyak kelebihan dari brazilian waxing, tapi Anda tidak boleh mengabaikan efek samping dan risikonya, seperti:

  • Nyeri ringan hingga berat yang tergantung pada toleransi Anda terhadap nyeri.
  • Gatal pada kulit saat prosedur selesai dan penyembuhan.
  • Vulvodinia, yaitu nyeri kronis pada vulva. Akan tetapi, ini sangat jarang terjadi.
  • Luka bakar di sekitar area kemaluan.
  • Infeksi bakteri.
  • Peningkatan risiko tertular atau menularkan virus, contohnya herpes simplex atau HPV.

Maka, supaya hal tersebut tidak terjadi dengan Anda, sebaiknya sebelum melakukan prosedur ini, jangan sembarangan memilih tempat waxing dan terapisnya. Pilihlah tempat yang bersih dengan terapis yang sudah berpengalaman dan berlisensi.

Kemudian, jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antiobiotik, obat jerawat retinoid, dan birth control sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan waxing. Sebab, ada beberapa obat-obatan yang dapat membuat waxing terasa lebih menyakitkan karena kulit Anda menjadi lebih sensitif. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.