Sukses

Terjebak Macet di Jalan Saat Mudik? Ini 6 Tips Jaga Emosi Tetap Stabil Saat Macet Berjam-jam

Suasana kemacetan tidak hanya membuat kesal, tapi juga dapat mengubah emosi. Ikuti tips di bawah ini agar emosi tetap stabil dan terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Kemacetan rasanya sudah menjadi "makanan" sehari-hari buat warga ibukota. Terlebih saat momen mudik Lebaran setiap tahunnya, kemacetan pun akan sulit untuk dihindari oleh para pemudik. Terjebak dalam kemacetan berjam-jam, sering kali membuat sebagian orang jadi mudah stres dan marah-marah. Istilah untuk emosi di jalanan seperti ini disebut dengan road rage. Sayangnya, emosi yang tidak terkenali bisa berujung pada perilaku agresif, yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Alasan Orang Mengalami Road Range

Di dalam mobil, Anda pasti merasa terisolasi dari dunia luar sehingga membuat lupa ada orang lain dengan prioritas yang berbeda. Hal ini menjadi penyebab kenapa orang-orang saat mengemudi bisa jauh lebih tidak sopan kepada satu sama lain, ketimbang bertemu secara langsung dan harus saling berhadap-hadapan.

Selain itu, kondisi ini juga dipengaruhi oleh rasa frustasi dengan lalu lintas, yang membuat orang-orang melakukan kesalahan dalam bermanuver yang dapat menyulut kemarahan pengemudi lainnya.

Sayangnya, kemarahan yang tidak bisa diatasi membuat Anda lebih rentan mengalami kecelakaan dan risiko lainnya juga. Sebagai contoh, masalah kesehatan yang bisa timbul akibat meningkatnya stres dan ketegangan di jalan raya.

Namun, tidak perlu merasa khawatir dan cemas. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menahan emosi dan mengurangi risiko mengalami road rage seperti yang kami himpun dari beberapa sumber pada Kamis (20/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips untuk Mencegah Emosi di Jalan

  • Mendengarkan sesuatu

Biar tidak ingin emosi saat macet-macetan di jalan, Anda bisa mendengarkan sesuatu. Misalnya musik, podcast, atau hal-hal yang menghibur lainnya. Dengan mendengarkan sesuatu, membuat pikiran Anda terdistraksi dengan kemacetan sehingga perjalanan jadi lebih menyenangkan.

  • Melakukan latihan pernapasan sebelum perjalanan panjang

Latihan pernapasan dapat membantu Anda membersihkan tubuh dari energi yang negatif dan udara yang stagnan. Tujuannya untuk melepaskan ketegangan yang terjadi. Fokus pada pernapasan bisa membuat rasa frustasi mereda, tanpa mengalihkan fokus terlalu jauh.

  • Relaksasi

Relaksikan otot Anda juga bisa menjadi tips menahan emosi yang efektif. Soalnya, saat sedang merasa frustasi, seluruh ketegangan akan disimpan di dalam tubuh. Teknik relaksasi yang tepat dapat membantu Anda melepas ketegangan dengan cepat, bahkan saat duduk di dalam mobil.

3 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya untuk Mencegah Emosi di Jalan

  • Mengalihkan pikiran

Tips lain untuk menahan emosi saat terjebak macet yaitu dengan mengalihkan pikiran pada hal-hal lain. Salah satu contoh yang bisa dilakukan misalnya dengan menghitung jumlah kendaraan berwarna abu-abu di jalan, atau melihat pergerakan awan di langit. Hal ini dapat membuat Anda sedikit teralihkan dari macetnya jalanan. Namun, tetap harus berhati-hati dan jangan sampai hilang fokus, ya.

  • Atur waktu sebaik mungkin

Emosi dan kemarahan yang terjadi karena terjebak macet memang menyebalkan. Untuk itu, Anda perlu mengatur waktu sebaik-baiknya. Jika ingin pergi ke suatu tempat yang cukup jauh atau aksesnya sering macet, luangkan waktu berangkat lebih awal. Anda pun juga dapat merasa lebih tenang karena punya cukup banyak waktu.

  • Berolahraga rutin

Tips terakhir untuk menahan emosi di jalanan adalah dengan rutin berolahraga. Alasannya, karena olahraga dapat membantu otak untuk mengatasi faktor stres degnan baik, sebab aktivitas fisik dapat menghasilkan hormon endorfin. Tidak cuma sampai di situ, olahraga dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.