Sukses

Tetap Nyaman Menonton Konser Idola, Tanpa Takut Sakit Telinga

Menonton konser secara langsung akan terasa nyaman dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Para pencinta nonton konser, mari merapat! Pergi untuk menonton konser dan melihat langsung penampilan artis kesayangan memang menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan seumur hidup. Namun sayangnya, terlalu lama terpapar musik yang cukup keras, ternyata bisa memicu gangguan hingga kehilangan pendengaran, lho!

Berdasarkan informasi yang kami himpun dari Theguardian, Sabtu (15/04/2023), paparan suara saat konser musik rata-rata memiliki tingkat suara sekitar 100dB-120dB (desibel). Padahal, paparan suara pada percakapan sehari-hari hanya berada di antara 65dB.

Hal ini semakin diperparah jika berdiri terlalu dekat dengan sumber suara, mendengar teriakan penonton, serta suara bising lainnya dari konser. Itulah kenapa, setelah meninggalkan lokasi konser, Anda ketulian sementara atau telinga terasa berdenging akan sulit sekali untuk dihindari.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak boleh menonton konser selamanya, lho. Demi menjaga kesehatan telinga tapi tetap merasa nyaman saat menonton konser, ada benda yang sebaiknya tidak boleh ketinggalan untuk Anda bawa. Salah satunya adalah ear plug atau penyumbat telinga. Fungsinya untuk melindungi telinga Anda dengan memblokir suara tingkat tinggi dalam waktu yang cukup lama, serta melindungi sel-sel rambut halus pada telinga agar tidak rusak.

Pilihlah penyumbat telinga dari busa atau gel yang memang khusus dirancang untuk menghalangi kebisingan. Anda pun juga bisa menggunakan ear plug elektronik yang Anda miliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melindungi Telinga saat Menonton Konser

Selain menggunakan ear plug, cara-cara di bawah ini juga penting Anda lakukan untuk melindungi telinga, antara lain:

  • Hindari mendengar suara yang terlalu keras beberapa hari sebelum menonton konser

Ketika ingin melindungi telinga dari kerusakan, sebaiknya Anda menghindari mendengar suara keras-keras terlebih dahulu. Itu berarti, sebaiknya jangan mendengarkan musik lewat headphone di malam sebelumnya. Namun, jika telinga berdenging sebelum konser, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk pergi sampai kondisi membaik.

  • Jangan memaksakan untuk menonton konser tanpa jeda

Biasanya saat menonton konser akan ada waktu istirahat atau jeda untuk para artis mengganti custom. Di momen ini, bisa dimanfaatkan dengan mengistirahatkan telinga selama beberapa menit dengan pergi ke kamar mandi atau mendatangi tenant yang tersedia di sana.

  • Pilih kursi yang agak jauh dari panggung

Jika Anda tidak bisa menggunakan ear plug, cara terbaik lainnya adalah duduk di kursi yang jauh dari panggung. Ini akan membantu untuk mengurangi suara yang masuk ke telinga. Hal ini tidak mengurangi suasana untuk menonton dan pastinya telinga Anda tidak akan mengalami kerusakan berat. 

  • Hindari konsumsi alkohol selama menonton pertunjukkan konser.

Saat menonton konser, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol. Sebab, suara yang Anda dengar bisa meningkat karena adanya perubahan aliran darah ke telinga. Lebih baik konsumsi air putih yang cukup.

3 dari 4 halaman

Tips Mengatasi Telinga Berdenging Setelah Nonton Konser

Pada dasarnya, saat telinga terekspos suara keras dalam kurun waktu yang cukup panjang, kemunculan tinnitus atau telinga berdenging memang dapat meningkat.

Jadi, bila telinga sudah terlanjur berdenging setelah nonton konser, simak tips yang telah kami rangkum dari beberapa sumber seperti berikut:

  • Dengarkan musik yang lembut seperti musik klasik atau jazz dengan headphone atau earphone

Jangan lupa diatur dengan volume rendah. Selain itu, Anda juga perlu menghindari beberapa tempat-tempat bising seperti kelab malam, bar, atau tempat karaoke.

  • Menyetel suara white noise (derau putih)

White noise bisa berupa suara hujan, ombak di laut, atau sesederhana suara kipas angin yang ada di dalam ruangan. Sebaiknya jangan memberikan ruangan terlalu sepi karena bisa menyakiti telinga. 

  • Kerjakan aktivitas lainnya seperti olahraga atau meditasi

Suasana yang sepi justru bisa membuat suara denging akan semakin parah. Nah, daripada hanya duduk melamun, Anda bisa melakukan olahraga atau meditasi dengan menyalakan musik yang pelan supaya fokus teralihkan. 

4 dari 4 halaman

Berapa Lama Telinga akan Berdenging?

Paparan suara keras memang bisa menyebabkan tinnitus sementara. Menurut Healthline, biasanya tinnitus ini akan hilang dalam kurun waktu 16-48 jam. Namun, beberapa kasus juga memerlukan waktu satu hingga dua minggu. Dalam beberapa kasus yang ekstrem, gangguan pendengaran bahkan juga bisa berlangsung hingga lebih dari enam bulan. Jika kondisi ini cukup mengganggu Anda, sebaiknya segera hubungi dokter.

Karena bisa jadi telinga berdenging yang Anda alami bukan hanya disebabkan oleh menonton konser, tapi juga beberapa hal lainnya seperti adanya infeksi.

Untuk itu, jaga baik-baik kesehatan telinga Anda, ya! Jangan sampai pengalaman bertemu idola yang seharusnya menyenangkan, justru berubah menjadi sesuatu yang tidak mengenakkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.