Sukses

5 Sifat yang Membuat Orang Tidak Mempercayai Anda Menurut Ahli

Berikut ini cara Anda menjadi tidak dapat dipercaya

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan sangat penting untuk hubungan apa pun yang mungkin kita miliki—entah itu platonis, romantis, atau bahkan profesional. Kurangnya kepercayaan dapat memutuskan hubungan antara Anda dan teman atau orang yang Anda cintai, atau menyebabkan Anda kehilangan kesempatan kerja.

Tapi Anda mungkin tidak menyadari ketika Anda memberi orang alasan untuk meragukan Anda. Untuk membantu memahami apa yang harus diwaspadai, berikut ini lima sifat dan perilaku yang membuat Anda dianggap tidak dapat dipercaya. Dilansir dari Bestlife, ini dia.

1. Anda menghindari kontak mata

Ada yang mengatakan mata adalah jendela jiwa—itulah sebabnya meresahkan jika Anda selalu mengalihkan perhatian Anda. Sarah Watson, PsyD, seorang pelatih bersertifikat dan chief operating officer di BPTLAB, memberi tahu bahwa kurangnya kontak mata adalah sifat umum yang dapat membuat Anda tampak tidak dapat dipercaya.

"Kontak mata adalah tanda rasa hormat dan kepercayaan," jelas Watson. "Jadi mereka yang menghindari kontak mata langsung sering mengeluarkan aura kecurigaan yang membuat orang lain sulit mempercayai mereka."

2. Anda tidak pernah bertanggung jawab

Akuntabilitas memainkan peran besar dalam seberapa dapat dipercaya Anda terlihat oleh orang lain. "Jika seseorang mencoba untuk menyalahkan sesuatu yang mereka lakukan pada orang lain, itu pertanda buruk," Hazan memperingatkan.

Itu juga bukan tanpa pamrih. "Orang yang tidak dapat dipercaya jarang menganggap diri mereka bertanggung jawab atas kesalahan," Rubenstein menegaskan. "Orang-orang seperti ini akan mencoba untuk menyalakannya pada orang lain, menyangkal keterlibatan, dan memutarbalikkan situasi agar dianggap sebagai kesalahan orang lain atau menjebak orang lain."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cerita Anda tidak konsisten

Kita semua terkadang suka membumbui kebenaran. Namun jika cerita Anda tidak konsisten, hal ini dapat menimbulkan kecurigaan dari orang lain. Carolyn Rubenstein, PhD, seorang psikolog berlisensi yang berbasis di Boca Raton, Florida, mengatakan bahwa orang yang mengubah detail cerita tergantung pada keadaan seringkali tampak tidak dapat dipercaya oleh orang-orang di sekitar mereka.

Menurut Rubenstein, Anda tidak ingin seolah-olah Anda menceritakan sebuah cerita secara berbeda setiap kali Anda menceritakannya. Hal ini terjadi saat Anda menambahkan informasi baru atau menahan sesuatu tergantung pada faktor yang berbeda, seperti dengan siapa Anda berbicara saat itu.

"Ketika ini terjadi, garis waktu dan fakta dari sebuah cerita biasanya tidak sesuai," dia memperingatkan.

 

3 dari 4 halaman

4. Anda berbagi kisah terlalu banyak dengan cara tertentu

Berbagi berlebihan dapat merusak kredibilitas Anda dengan orang lain dalam beberapa kasus. Jack Hazan, LMHC, seorang terapis berlisensi dan pendiri Modern Therapy Group, mengatakan bahwa membeberkan banyak hal tentang diri Anda kepada seseorang yang hampir tidak Anda kenal sering kali dianggap sebagai tanda bahaya.

"Jika Anda berbagi terlalu banyak informasi pribadi saat bertemu seseorang, itu mungkin mengindikasikan bahwa Anda tidak dapat dipercaya atau tidak stabil," jelasnya.

Tapi bukan hanya terlalu banyak berbagi tentang diri Anda yang dapat membuat orang menjauh. Menurut Hazan, mereka yang berbagi rahasia orang lain cenderung membuat pendengar mempertanyakan seberapa besar mereka bisa mempercayai orang yang berbagi terlalu banyak.

"Jika mereka merasa bisa berbagi rahasia tentang orang lain, apa yang menghentikan mereka untuk berbagi rahasia tentang Anda?" dia berkata.

 

4 dari 4 halaman

5. Anda menghindari komunikasi

Tentu saja, saat ini mungkin sulit untuk mengakui bahwa tindakan Anda telah menyebabkan masalah. Tetapi jika Anda bahkan menolak untuk menghibur percakapan yang mungkin mengharuskan Anda untuk bertanggung jawab atas sesuatu, itu akan memperburuk kepercayaan Anda.

Orang yang menghindari komunikasi tentang masalah dan tanggung jawab penting sering terlihat tidak dapat dipercaya oleh orang lain, menurut Aliyah Moore, PhD, pakar hubungan yang bekerja dengan SexualAlpha.

"Menghindari pertanyaan langsung atau masalah penting secara konsisten dapat menyebabkan orang lain mempertanyakan kejujuran dan transparansi seseorang," jelas Moore. "Penghindaran juga dapat menyiratkan kurangnya akuntabilitas dan tanggung jawab, yang selanjutnya dapat melemahkan kepercayaan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.