Sukses

Kenali Perbedaan Air Kelapa dan Santan Kelapa, Mana yang Lebih Sehat?

Ketahui perbedaan air kelapa dan santan kelapa untuk memperoleh manfaat dari keduanya.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya melimpah, khususnya di bidang pertanian seperti perkebunan kelapa.

Pohon kelapa merupakan tanaman serbaguna atau tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini dikarenakan seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, sehingga pohon ini sering disebut sebagai pohon kehidupan.

Semua bagian dari pohon kelapa, seperti akar, batang, daun, dan buahnya dapat digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Anda mendapatkan banyak manfaat kelapa dan semuanya menyehatkan, sehingga dapat dijadikan pilihan untuk mengonsumsinya sebagai makananan sehari-hari.

Kelapa dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, misalnya santan kelapa. Namun, banyak orang yang bingung dengan perbedaan santan kelapa dan air kelapa walaupun berasal dari sumber yang sama yaitu buah kelapa.

Banyak individu yang bingung membedakan santan kelapa dan air kelapa, karena keduanya merupakan minuman kelapa yang populer.

Bagi yang sudah terbiasa, keduanya sangat berbeda dan memiliki rasa yang beda serta nilai gizi yang berbeda. Air kelapa adalah cairan yang terdapat di bagian tengah kelapa muda dan berwarna hijau, sedangkan santan dibuat dari daging buah kelapa yang berwarna putih.

Untuk mengetahui perbedaan dan manfaat dari air kelapa dan santan kelapa lebih mendalam, berikut penjelasan mengenai perbedaan air kelapa dan santan kelapa, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (12/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Kelapa dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Air kelapa terlihat seperti air biasa, namun memiliki rasa, tidak seperti air. Kelapa yang masih hijau dan muda memiliki cairan transparan di dalam kelapa.

Jadi, jika Anda menggoyangkan kelapa dengan perlahan, Anda dapat mendengar adanya air di dalamnya. Anda dapat membukanya dan meminumnya secara langsung untuk mendapat manfaatnya.

Air kelapa memiliki rasa yang sedikit manis dan rendah kalori. Air kelapa merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik karena airnya mengandung kalium, natrium, kalsium, seng, dan magnesium. Karena sangat rendah kalori, minuman dan olahannya dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Dapat dikatakan bahwa air kelapa merupakan sumber hidrasi yang bagus. Air kelapa lebih baik untuk memuaskan dahaga  daripada air biasa karena air kelapa merupakan alternatif yang bergizi dan menyegarkan.

Air kelapa memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi yang sangat membantu kulit Anda. Hal ini membantu mencegah jerawat, kemerahan, dan peradangan ringan pada kulit wajah. Dan itulah mengapa Anda akan sering melihat air kelapa dalam pengobatan dan produk kulit.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, maka Anda harus sering mengonsumsinya karena air kelapa kaya akan serat dan kandungannya dapat menormalkan aktivitas usus dan metabolisme. Bahkan, air kelapa juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki kalium yang tinggi.

3 dari 4 halaman

Santan Kelapa dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tidak seperti air kelapa, santan adalah buatan manusia. Daging kelapa yang berwarna cokelat diparut dan direbus dalam air atau air kelapa. Kemudian disaring untuk mendapatkan cairan bening dan putih.

Lemak dan kalori lebih banyak terdapat pada santan. Satu cangkir santan mengandung 445 kalori dan 48 gram lemak yang jauh lebih banyak dari persen lemak dan kalori air kelapa.

Santan sering digunakan sebagai pengganti susu oleh banyak orang. Namun, santan memiliki rasa yang berbeda. Santan banyak digunakan untuk membuat sup, hidangan utama, dan minuman.

Berbicara tentang manfaat kesehatan, santan merupakan memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga membantu Anda mengurangi peradangan dan pembengkakan pada cedera. Hal ini merupakan manfaat untuk kondisi peradangan autoimun, seperti rheumatoid arthritis.

Santan kelapa juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah rendah secara teratur, karena lemak jenuh mungkin memiliki efek positif pada kolesterol. Kolesterol yang baik dapat menjauhkan penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Santan kelapa juga dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut, terutama jika Anda memiliki rambut kering. Kandungan lemaknya yang tinggi menjaga kulit kepala tetap terhidrasi dan mencegah gatal-gatal dan ketombe.

Jika Anda menderita penyakit anemia, air santan dapat menjadi pilihan yang baik karena mengandung zat besi. Satu cangkir santan dapat memberikan kita hampir seperempat dari asupan zat besi harian yang direkomendasikan.

Tidak hanya itu, santan kelapa juga dapat membantu untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Asam laurat yang terkandung dalam santan memiliki sifat antiseptik dan melawan bakteri, virus, dan jamur.

4 dari 4 halaman

Air kelapa dan santan kelapa, mana yang lebih sehat?

Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan menyehatkan. Namun, mengonsumi air kelapa dan santan kelapa tergantung pada kesehatan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki masalah pada rambut kering, Anda dapat mengonsumsi santan kelapa secara teratur.

Sebaliknya, jika Anda memiliki masalah pada pencernaan, mengonsumsi air kelapa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan Anda menghindari produk yang mengandung gula dan pengawet atau bahan buatan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah yang alami. Selain itu, pastikan Anda meminumnya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.