Sukses

Bukan Cuma Angkat Barbell, Ketika Gym Anda Juga Harus Ingat Hal Ini!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aktivitas yang sedang tren dalam membangun pola hidup sehat adalah dengan melakukan olahraga gym 7jhdK . Teruntuk yang belum pernah sama sekali melakukan, Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting. 

Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, Anda akan bagaimana melakukan olahraga gym dengan cara yang benar. Hal itu juga dapat meminimalisir risiko cedera yang akan muncul.

Untuk itu, bagi para pemula, Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini saat sedang memulai olahraga gym. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1. Foku dengan Alat Tertentu Saja

Ketika Anda baru pertama kali ke tempat gym, akan disuguhkan dengan begitu banyak alat. Anda bisa fokus pada alat yang tidak menggunakan banyak otot, semisal kardio.

Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi dengan trainer di tempat gym terkait dengan tujuan utama dan target yang dimiliki. 

Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mencoba alat-alat baru yang berkaitan dengan pembentukan massa otot, seperti menggunakan barbell. 

2. Jangan Lupakan Pemanasan dan Pendinginan

Anda juga tidak boleh melewatkan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera di tengah-tengah olahraga. Anda dapat melakukan pemanasan dengan gerakan peregangan yang sederhana atau berjalan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pendinginan selepas olahraga. Pendinginan bertujuan untuk melemaskan bagian otot yang kaku pasca olahraga. 

3 dari 3 halaman

3. Tahu Batas Kemampuan Diri!

Semangat itu boleh, asal jangan berlebihan, ya! Ketika melakukan gym, Anda perlu mengetahui batas kemampuan diri, jangan dipaksakan demi target yang ditetapkan!

Anda harus mulai secara perlahan dan bertahap. Hal itu ditujukan guna membiasakan tubuh dengan kondisi ketika gym dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu istirahat di sela-sela gym agar otot yang mengalami microtear selama latihan beban dapat diperbaiki.

4. Jaga Pola Makan!

Latihan rutin sudah, tapi kok hasilnya tidak memuaskan? Mungkin salah satu faktornya adalah pola makan Anda yang buruk. Pola makan berkaitan erat dengan nutrisi yang akan diserap oleh tubuh, untuk itu sangat penting dijaga. 

Anda bisa mengonsumsi makanan pembentuk massa otot yang mengandung protein, semisal dada ayam, kacang-kacangan, serta sayuran. Anda juga perlu mencukupi kebutuhan lemak baik dalam tubuh, ya!

5. Jaga Hidrasi Tubuh!

Anda juga tak boleh melewatkan kecukupan mineral dalam tubuh, ya! Pasalnya ketika Anda mengeluarkan banyak keringat, energi yang dilepaskan pun banyak. Di sela-sela gym, Anda bisa mengganti cairang yang kurang tersebut dengan mengonsumsi air putih agar tubuh tetap fit.

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS