Sukses

4 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Minum 2 Cangkir Kopi Sehari

Meskipun minum terlalu banyak kopi bisa memiliki beberapa efek samping yang tidak menyenangkan, jumlah kopi yang tepat bisa memberikan keajaiban bagi kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi segelintir individu, kopi menjadi salah satu minuman wajib untuk memulai aktivitas. Bahkan beberapa dari mereka akan gelisah jika tak mengonsumsi kafein.

Meskipun minum terlalu banyak kopi bisa memiliki beberapa efek samping yang tidak menyenangkan, jumlah kopi yang tepat bisa memberikan keajaiban bagi kesehatanmu.

Pakar medis percaya bahwa 2 hingga 3 cangkir sehari adalah jumlah yang tepat yang memungkinkan Anda memperoleh manfaat kesehatan paling banyak.

Oleh karena itu, ketahui manfaat apa yang didapat tubuh jika Anda minum 2 cangkir kopi sehari, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (20/1/2023).

1. Baik untuk ginjal

Penelitian menunjukkan bahwa minum 2-3 cangkir kopi per hari bisa membantu mengurangi risiko cedera ginjal akut ketika ginjal tiba-tiba kehilangan sebagian atau seluruh fungsinya.

Para peneliti percaya bahwa senyawa bioaktif tertentu dalam kopi bisa meningkatkan pemanfaatan oksigen di ginjal, yang membantu ginjal bekerja lebih efisien.

2. Bermanfaat bagi jantung

Meskipun kopi bisa membuat detak jantungmu lebih cepat, meminumnya dalam jumlah sedang sebenarnya bisa mengurangi risiko terkena stroke.

Menikmati 1 hingga 2 cangkir kopi hitam setiap hari bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengurangi risiko gagal jantung.

Tapi pastikan kopi yang Anda minum berkafein, karena memilih kopi tanda kafein bisa menyebabkan beberapa konsekuensi kesehatan yang tidak menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Perpanjang umur

Minum terlalu banyak kopi memang memiliki efek samping yang berbahaya. Tapi jumlah yang tepat bisa bekerja sebaliknya.

Itu karena minum 2 hingga 3 cangkir kopi sehari bisa menjaga kesehatan jantungmu, sehingga bisa membantumu hidup lebih lama.

4. Membuat kulit bercahaya

Melakukan rutinitas perawatan kulit dan menggunakan produk yang tepat bisa membantumu mendapatkan kulit yang sempurna. Minum kopi bisa menjadi kebiasaan yang membuat kulitmu lebih bercahaya.

Ini karena kopi mengandung antioksidan tinggi dan senyawa anti-inflamasi lainnya, sehingga bisa melindungi kulitmu dari radikal bebas berbahaya dan membantumu mempertahankan kulit awet muda dan bercahaya lebih lama.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Pada masa lalu, kopi pernah mendapatkan reputasi yang buruk. Konsumsi kopi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, respons stres yang meningkat, dan hal negatif lainnya.

Mungkin sampai sekarang ini minum kopi masih terus dikaitkan dengan pengaruh negatif dalam tubuh. Contohnya saja mungkin jika kalian meminum secangkir kopi, orang lain akan menasihati kalian untuk tidak mengonsumsinya seara berlebihan.

Namun tahukah kamu ternyata, secangkir kopi yang nikmat setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan apabila dikonsumsi dengan tepat dan tidak secara berlebihan? Karena, apa pun yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan.

Minum kopi kerap kali dilakukan sebagai aktivitas pagi hari sebelum memulai setiap kegiatan. Kopi juga adalah menu-menu yang disajikan oleh kafe-kafe dengan harga dan jenis yang beragam.

Bahkan sebagian orang akan merasa ada yang kurang dalam diri mereka jika belum mengonsumsi secangkir kopi setiap harinya.

Menurut temuan yang baru-baru ini dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Tahunan ke-71 American College of Cardiology, minum kopi, khususnya minum dua hingga tiga cangkir setiap hari, menurunkan risiko penyakit jantung dan irama jantung yang berbahaya.

Sementara kopi kadang-kadang mendapat reputasi buruk dengan banyak orang percaya pepatah bahwa kopi menghambat pertumbuhan sebenarnya menunjukkan hal lain, yaitu bahwa konsumsi harian dapat membantu kalian hidup lebih lama.

Mengutip laman The Fact Site, Rabu (21/12/2022), berikut 5 manfaat minum kopi untuk kesehatan:

4 dari 4 halaman

Membantu Mencegah Diabetes

Data dari 15 studi terpisah tentang kopi menunjukkan beberapa bukti yang cukup kuat bahwa minum minuman populer ini dapat mencegah diabetes, menurut WebMD.

Frank Hu, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard, telah mengomentari temuan dari sembilan studi yang berbeda tentang hubungan antara diabetes tipe 2 dan kopi.

Studi-studi tersebut melacak hampir 200.000 orang yang mengaku minum enam cangkir kopi atau lebih setiap hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang ini 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan/mengidap diabetes tipe 2 daripada orang-orang yang minum kopi lebih sedikit per hari.

Menambah Kebahagiaan

Healthline.com melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari mengalami depresi dengan tingkat penurunan dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Peminum kopi empat cangkir sehari memangkas risiko depresi sebesar 20%.

Selain itu, penelitian lain, yang melacak lebih dari 200.000 orang, yang mengatakan bahwa mereka minum empat cangkir kopi atau lebih sehari, lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena bunuh diri sebanyak 53 persen.

Ini adalah berita yang sangat baik bagi mereka yang membuat secangkir kopi utuh dan meminumnya setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.