Sukses

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Cepat Tua

Selain perawatan yang bisa mempercantik penampilanmu, hal terpenting yang bisa membuatmu terlihat awet muda yakni mengubah aktivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang sehat dan tampak muda tentu menjadi dambaan setiap individu. Berbagai cara pun dilakukan agar tidak menua lebih cepat, mulai dari menggunakan produk kecantikan hingga perawatan kecantikan.

Namun nyatanya, selain perawatan yang bisa mempercantik penampilanmu, hal terpenting yang bisa membuatmu terlihat awet muda yakni mengubah aktivitas sehari-hari.

Ternyata rahasia anti-penuaan ada dalam kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membuatmu menua lebih cepat, seperti melansir dari Bright Side, Senin (16/1/2023).

1. Menggunakan sedotan setiap hari

Sedotan tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga berbahaya bagi wajah kita. Para ilmuwan menunjukkan bagaimana penggunaan sedotan meningkatkan pembentukan garis halus dan kerutan di sekitar bibir.

Selain itu juga bisa merusak kolagen dari waktu ke waktu, yang bisa membuatmu tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Makan banyak kue

Menurut para peneliti, kue-kue panggang dan makanan manis lainnya seringkali mengandung gula dan lemak tambahan yang tinggi, berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan kesehatan mulut yang buruk.

Selain mempromosikan mikrobiota yang tidak sehat, gula bersifat pro-inflamasi. Kandungan ini yang bisa mempercepat seseorang menua, dan membuat terlihat lelah, bengkak dan keriput.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tidak cukup tidur

Menurut penelitian, tidur kurang dari 7 jam setiap malam bisa mengurangi umurmu. Selain itu, juga akan membuatmu terlihat dan merasa jauh lebih tua.

Kurang tidur akan menghabiskan stamina mental dan fisik yang diperlukan untuk beraktivitas. Selain itu juga kurang tidur akan merugikan tubuh, terutama jantung dan otak.

4. Tidak memakai kacamata hitam

Meskipun cahaya di luar tidak terlalu terang, Anda perlu mengenakan kacamata hitam. Melindungi matamu dari sinar matahari membantu menjaga penglihatan.

Selain itu, sering menyipitkan mata dalam cahaya yang intens bisa mempercepat pembentukan garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan dahi.

Karena berjemur bisa memberikan cahaya yang tampak sehat, tapi paparan sinar matahari yang terlalu lama atau tanning bed bisa menyebabkan ketidakteraturan pigmentasi, terutama di sekitar mata.

 

3 dari 3 halaman

5. Menjalani diet ketat

Diet ketat, terlepas dari daya pikatnya, bukanlah ide yang bagus. Menurut penelitian, diet ketat akan membuatmu merasa lebih tua karena menurunkan tingkat energi, merusak fokus dan memicu depresi.

Ketidakmampuan kulit untuk bereaksi terhadap penurunan berat badan juga bisa menyebabkan keriput dan kendur.

Kontrol berat badan sangat penting untuk kesehatan yang baik, tapi Anda tidak boleh mencoba menurunkan berat badan lebih dari 1 atau 2 pon setiap minggu.

6. Mengabaikan kesehatan mental

Penelitian menunjukkan bahwa depresi mempercepat kerusakan otak, yang pada akhirnya mempercepat proses penuaan.

Jadi, jika Anda mengalami hari-hari yang suram selama lebih dari 2 minggu, Anda harus segera mencari bantuan profesional untuk kesehatan mentalmu.

Kebahagiaanmu bisa dipulihkan lebih cepat jika Anda menjalani terapi perilaku-kognitif.

7. Tidak cukup berolahraga

Kurang aktivitas fisik adalah salah satu cara tercepat untuk menua. Jalan-jalan, pergi ke gym, atau berlatih yoga minimal 3 kali seminggu untuk meredakan ketegangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.