Sukses

5 Cara Mengejutkan Secangkir Kopi Pagi Meningkatkan Kesehatan Anda

Berikut ini ternyata cara mengejutkan minum kopi meningkatkan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seorang pecinta kopi, manfaat secangkir kopi pagi itu tampak jelas. Yang terpenting adalah, ini memberi Anda dorongan energi yang tak tertandingi untuk memulai hari Anda.

Di luar manfaat signifikan itu, kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga. Ini adalah kabar baik bagi banyak orang dewasa.

Namun, seperti kebanyakan hal, sebaiknya jangan terlalu banyak minum kopi pagi Anda. Ahli diet Jordan Hill mengatakan kepada USA Today bahwa asupan kafein yang disarankan adalah sekitar 400 miligram (mg) per hari.

"Hill merekomendasikan 300 miligram per hari untuk orang dewasa, terutama mereka yang mungkin lebih sensitif terhadap efek samping kafein."

Di sisi lain, minum kopi di pagi hari benar-benar memiliki manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan Anda. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Baik untuk jantung Anda

Kopi bisa baik untuk kesehatan jantung Anda. "Karena kopi dapat mempercepat detak jantung, beberapa orang khawatir meminumnya dapat memicu atau memperburuk masalah jantung tertentu," kata Peter Kistler, MBBS, PhD, FRACP, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh American College of Cardiology (ACC).

"Kami menemukan minum kopi memiliki efek netral — artinya tidak membahayakan — atau dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan jantung."

Menurut Kistler, biji kopi mengandung lebih dari 100 senyawa biologis aktif. "Zat ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan metabolisme, menghambat penyerapan lemak di usus, dan memblokir reseptor yang diketahui terlibat dengan irama jantung yang tidak normal," jelasnya dalam keterangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Membantu melindungi dari penyakit liver

The Liver Foundation melaporkan bahwa lebih dari 100 juta orang Amerika memiliki penyakit liver. Sementara 4,5 juta orang dewasa didiagnosis, "diperkirakan 80-100 juta orang dewasa di AS menderita penyakit hati berlemak dan banyak yang tidak tahu mereka mengidapnya," kata situs tersebut.

Untuk memahami bagaimana kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan hati Anda, bersiaplah untuk pelajaran sains kecil.

"Ketika tubuh Anda mencerna kafein, itu membuat zat kimia yang disebut paraxanthine yang memperlambat pertumbuhan jaringan parut yang terlibat dalam fibrosis," jelas WebMD. "Itu dapat membantu melawan kanker hati, sirosis terkait alkohol, penyakit hati berlemak non-alkohol, dan hepatitis C."

3. Menurunkan risiko stroke

Minum kopi hanyalah salah satu pilihan gaya hidup yang berpotensi mengurangi risiko menderita stroke, yang merupakan penyebab utama kematian di AS.

"Setiap tahun, lebih dari 795.000 orang di Amerika Serikat mengalami stroke," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang juga melaporkan bahwa seseorang meninggal karena stroke setiap 3,5 menit.

Dan para peneliti telah menemukan bahwa "orang yang minum kopi secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan banyak lagi," kata Verywell Health. "Orang yang minum tiga hingga empat cangkir per hari tampaknya mendapat manfaat paling banyak."

 

 

3 dari 5 halaman

4. Ini terkait dengan risiko penyakit Parkinson yang lebih rendah

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko penyakit Parkinson (PD) yang lebih rendah, dan "juga dapat membantu mereka dengan kondisi tersebut mengontrol gerakan mereka dengan lebih baik," kata Johns Hopkins Medicine.

"Sejumlah besar studi epidemiologi melaporkan hubungan terbalik dan responsif dosis antara konsumsi kopi/kafein dan risiko pengembangan PD," jelas Institute for Scientific Information on Coffee.

"Konsumsi kopi tampaknya mengurangi atau menunda perkembangan PD dan kafein kemungkinan besar merupakan faktor penyebabnya."

5. Ini dapat membantu Anda hidup lebih lama

Mengingat banyak cara kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, tidak mengherankan bahwa umur panjang adalah salah satu manfaatnya. Dan kabar baik bagi mereka yang menyukai kopi bebas kafein atau saat bepergian: "Tampaknya tidak masalah apakah kopi berkafein atau tanpa kafein, diseduh atau instan," demikian menurut Harvard Health.

“Ada banyak senyawa potensial yang bermanfaat dalam kopi,” kata Edward Giovannucci, pakar nutrisi, kepada WBUR. "Orang-orang berpikir tentang kafein, tetapi kemungkinan beberapa senyawa yang paling bermanfaat bukanlah kafein."

Masyarakat Kardiologi Eropa (ESC) merinci angka-angka tersebut: "Semua jenis kopi dikaitkan dengan pengurangan kematian dari penyebab apa pun," lapor situs tersebut.

"Pengurangan risiko terbesar terlihat dengan dua hingga tiga cangkir per hari, yang dibandingkan dengan tidak minum kopi dikaitkan dengan kemungkinan kematian 14 persen, 27 persen, dan 11 persen lebih rendah untuk persiapan tanpa kafein, bubuk, dan instan, masing-masing."

4 dari 5 halaman

5 Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah massa padat yang terdiri dari krital kecil di ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal terutama disebabkan ketika mineral terlarut menumpuk di dalam ginjal. Mereka bisa berpindah ke saluran kemih dan di situlah akan menyebabkan masalah.

Melansir dari Times of India, Senin (9/1/2023), Dr Praveen Pushkar MBBS, MS (Bedah) DNB (Urologi), di Pristy Care mengatakan ada beberapa faktor yang berkontribusi pada perkembangannya, termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan, dan riwat kesehatan seseorang.

"Batu ginjal mungkin kecil dan tidak terlihat melalui saluran kemih, tapi beberapa tumbuh seukuran bola golf. Mereka bisa terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urin Anda mengandung terlalu banyak zat tertentu," ucap Pushkar.

Ada beberapa macam batu ginjal. Batu kalsium sejauh ini merupakan jenis yang paling umum. Batu yang lebih besar bisa menyebabkan rasa sakit yang parah saat keluar dari tubuh.

Batu ginjal kebanyakan menyerang orang dewasa. Tapi anak-anak dan remaja bisa mendapatkannya. Mereka yang terkena batu ginjal memiliki kondisi kesehatan seperti obesitas, bagaimana saluran kemih terbentuk, asupan makanan khusus, gangguan metabolisme, diabtes dan lainnya.

Faktor lain termasuk terlalu banyak asupan garam dan kurang air.

5 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Batu Ginjal

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda-tanda yang bisa menandakan Anda memiliki batu ginjal, berikut ini:

1. Nyeri di perut bagian bawah, satu sisi atau punggung

Nyeri yang tiba-tiba di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas atau di sekitar punggung bisa menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.

2. Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil

Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil atau merasa ada tekanan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Urin berubah warna

Jika urin Anda berubah warna, ini bisa jadi menjadi indikasi batu ginjal yang parah.

4. Mual atau muntah

Merasa seperti mual atau muntah meskipun ada tanda-tanda keracunan makanan atau penyakit lain yang jelas, Anda mungkin memiliki batu ginjal yang memerlukan penanganan profesional.

5. Demam

Demam mendadak, jika bukan karena virus, bisa menjadi indikasi batu ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.