Sukses

Waspadai Hewan Peliharaan Stres Saat Ramai Kembang Api Tahun Baru

Intip tips ini agar hewan peliharaanmu tidak stres saat pesta kembang api berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Malam tahun baru menjadi malam yang luar biasa bagi setiap orang untuk merayakan dan menyambut tahun baru. Namun, jutaan hewan peliharaan di seluruh negeri bisa merasa bahwa perayaan ini cukup menakutkan dan menghabiskan malam dengan meringkuk di bawah tempat tidur atau menggonggong di depan pintu.

Suara yang menggelegar dan memekakkan telinga dari pertunjukkan cahaya ini bisa membuat hewan peliharaan kita gelisah. Rasa takut dan terancam itu bahkan bisa membuat mereka stres hingga mati.

Tak perlu khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengurangi stres hewan peliharaan saat kembang api dan pesta pora dimulai. Mulai dari menyediakan sumber suara alternatif hingga memberikan produk penenang yang aman bagi hewan peliharaan.

Mengutip dari Vets Now, Sabtu (31/12/2022), kucing mengasosiasikan suara keras dengan bahaya dan mungkin akan panik ketika cahaya api dan ledakan mulai terdengar di dekatnya.

Berikut ini beberapa cara terbaik untuk menjaga anabul--anak bulu kamu selama pesta kembang api:

  • Pastikan kucing kamu tidak dapat melukai dirinya sendiri - bahkan kucing yang paling tenang pun dapat lari berlindung dan melukai dirinya sendiri dalam prosesnya. Disarankan untuk memastikan mereka memiliki akses ke lebih dari satu ruangan untuk menghindari melukai diri mereka sendiri.
  • Jaga mereka tetap di dalam ruangan - tutup penutup kucing sehingga mereka tidak bisa melarikan diri dan hindari meninggalkan mereka sendirian di rumah.
  • Tutup gorden rumah - jauhkan kilatan cahaya dengan mencoba menjaga anabul kamu di tempat yang tidak ada jendelanya atau dengan menutup gorden.
  • Izinkan akses ke tempat persembunyian favorit mereka - cobalah untuk menghindari terus-menerus memeriksa mereka jika mereka memilih untuk bersembunyi di suatu tempat.
  • Redam kebisingan - berikan suara pengalihan dari TV atau radio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjaga Anjing dari Pesta Kembang Api

Menurut kepala perilaku anjing di badan amal Dogs Trust, Jenna Kiddie, sebagian besar anjing mudah stres akibat kembang api.

"Anjing memiliki pendengaran yang kira-kira empat kali lebih sensitif daripada manusia, sehingga suara keras dan dentuman kembang api seringkali menjadi pengalaman yang menakutkan dan membingungkan bagi mereka," katanya.

"Kembang api cenderung tiba-tiba, tidak dapat diprediksi dan miliki cahaya yang terang. Kombinasi ini bisa menyusahkan dan memiliki dampak yang bertahan lama pada anjing," sambungnya.

Berikut tips Kiddie menjaga anjing kamu saat pesta kembang api berlangsung:

  • Ajaklah anjing kamu berjalan-jalan di siang hari - sebaiknya pastikan anjing kamu telah berolahraga dan telah beristirahat di toilet jauh sebelum pertunjukkan kembang api berlangsung.
  • Beri makan anjing kamu sebelum kembang api dimulai - anjing kamu mungkin tidak mau makan selama kembang api berlangsung.
  • Sediakan tempat persembunyian yang aman - pastikan anjing kamu memiliki spa yang aman di ruangan favorit mereka. Misalnya, letakkan tempat tidur yang nyaman di bawah meja dengan selimut untuk membuatnya nyaman dan membantu kedap suara.
  • Tutup gorden, nyalakan lampu, dan naikkan volume TV atau radio kamu untuk menutupi suara kembang api dan kilatannya.
3 dari 4 halaman

Hewan Lainnya

Bukan hanya kucing yang bisa tertekan oleh kembang api. Kelinci, marmut, hamster dan burung juga bisa ketakutan dengan pertunjukkan kembang api ini. Beberapa bahkan diketahui mati ketakutan ketika kembang api dinyalakan di dekat rumah mereka.

Berikut adalah beberapa tips dari Vets Now untuk membantu makhluk yang lebih kecil saat kembang api berlangsung.

  • Bawa kandang mereka ke dalam - kedap suara yang disediakan oleh empat dinding rumah kamu akan membantu hewan peliharaan kamu mengatasinya. Jika membawa kandang mereka ke dalam rumah tidak memungkinkan, tutupi sebagian dengan selimut sehingga mereka memiliki peredam suara. Tetapi kamu harus memastikan hewan peliharaan kamu memiliki ventilasi yang cukup.
  • Kedapkan suara di rumah kamu dengan menutup jendela dan menutup tirai jendela.
  • Kamu bisa memberikan suara pengalihan yang normal untuk mengalihkan perhatian mereka, seperti TV atau radio.
  • Sediakan banyak tempat tidur - ini akan membantu hewan peliharaan kamu merasa aman dengan memberi mereka sesuatu untuk bersembunyi dan juga akan membantu mencegah kebisingan.
  • Pastikan mereka tidak sendirian - kelinci khususnya adalah hewan sosial, jadi cobalah untuk memastikan mereka bersama seseorang yang mereka kenal.
4 dari 4 halaman

Tips Buat Kamu yang Mau Pergi Lama dan Tinggalkan Hewan Peliharaan di Rumah Saja

Jika kamu harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama saat tahun baru nanti, menitipkan kucing atau anjing di tempat penitipan hewan memang merupakan pilihan terbaik.

Tetapi di lingkungan baru seperti tempat penitipan hewan, bisa membuat hewan peliharaanmu, baik kucing atau anjing merasa stres karena tidak nyaman.

Tak perlu khawatir, kamu bisa meninggalkan kucing atau anjing selama beberapa hari atau beberapa pekan di rumah. Namun sebelumnya kamu harus menyiapkan semua kebutuhannya dengan baik selama hewan ditinggal sendirian.

Dilansir Greatpetcare, berikut 10 tips yang dapat kamu lakukan saat ingin meninggalkan hewan peliharaan di rumah:

Buat Suasana Rumah Terasa Nyaman

Ketika meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah, pastikan dia akan merasa nyaman sehingga mengurangi risiko stres pada hewan. Kamu bisa mengatur suhu ruangan seperti ketika kamu berada di rumah.

Kamu juga perlu memastikan agar semua pintu ke ruangan yang tidak boleh dimasuki hewan peliharaan tertutup, termasuk juga jendela.

Pastikan juga hewan peliharaan kamu memiliki tempat tidur sendiri yang nyaman dan terbukanya jalan ke kamar mandi atau kotak pasir untuknya buang air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.