Sukses

4 Tips yang Dapat Kamu Lakukan Sebelum Pesta BBQ untuk Rayakan Malam Tahun Baru

Salah satu tradisi yang dilakukan untuk menyambut tahun baru yakni dengan berbekyuan.

Liputan6.com, Jakarta - Diketahui malam pergantian tahun sudah dekat. Dan seperti yang diketahui kebiasaan banyak orang untuk merayakan malam tahun baru dengan pesta barbekyu atau BBQ.

Biasanya berbekyuan ini akan dilakukan dengan teman-teman, maupun keluarga masing-masing.

BBQ saat malam tahun baru merupakan kegiatan bakar-bakaran berbagai macam bahan makanan seperti ayam, daging, ikan, seafood, atau pun makanan jenis frozen food misalnya sosis.

Sehingga, sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal penting dan menu yang dipertimbangkan dengan cermat.

Melansir laman The Daily Star, Jumat (30/12/22) berikut adalah sederet tips yang dapat kamu lakukan untuk menambah keseruan pesta barbekyu saat malam tahun baru:

1. Rencanakan Pesta dengan Matang

Daftar tamu adalah hal pertama yang dibutuhkan pesta barbekyu yang layak. Sebab, berbekyuan akan terasa menyenangkan apabila dalam suasana ramai.

Sehingga, sebarkan dan ajak temanmu sebanyak-banyaknya untuk menikmati pesta berbekyuan bersama di malam pergantian tahun nanti.

2. Sediakan Cukup Arang

Pastikan kamu sudah menyiapkan arang yang cukup atau lebih sebelum memulai pesta berbekyuan. Sebab, arang amat dibutuhkan untuk memasak makanan tersebut. 

Tentunya, kamu tidak ingin bukan kehabisan arang atau gas di tengah memasak dan membiarkan daging di atas panggangan menjadi dingin.

3. Minta Tamu Bawa Lauk Pauk

Minta tamu atau kawan-kawanmu untuk membawa lauk pauk. Sebab, kemungkinan besar kamu akan disuguhi atau mereka akan membawa hidangan yang mereka sukai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Pasang Lampu Hias

Biasanya, sebagian orang biasanya akan lebih memilih merayakan malam tahun baru di luar rumah, yakni minimal di halaman rumah, dengan alam terbuka.

Tentunya, malam hari cahaya akan semakin gelap. Sehingga, kamu perlu menyediakan obor atau lampu hias lainnya untuk menerangi juga menghiasi malam dari perayaan pesta berbekyuanmu di rumah.

3 dari 4 halaman

5. Tips untuk Hari BBQ

1. Bersihkan dahulu : Untuk mencegah makanan panggang lengket, bersihkan panggangan dengan baik sebelum digunakan. 

2. Gunakan sarung tangan : Kemudian gunakan sarung tangan pemanggang dan celemek yang menutupi pakaianmu dan akan membuat kamu tetap aman.

2. Gunakan alat yang tepat: Menghindari menggunakan garpu untuk membalikkan steak atau stik drum di atas panggangan panas 

melainkan menggunakan peralatan pemanggang bergagang panjang yang bagus.

3. Tetap dingin: Simpan daging mentah, ikan, dan unggas di atas es sampai siap untuk dipanggang.

4. Mengipasi api: Siapkan kipas meja kecil untuk membantu arang terbakar lebih cepat dan lebih efisien.

 

 

4 dari 4 halaman

Resep Susu Kunyit untuk Penghangat Tubuh, Cocok Temani Malam Natal dan Tahun Baru 2023

Sebelumnya, pada Desember dan Januari, Indonesia masih akan diguyur musim hujan. Bersamaan dengan itu, perayaan Natal dan tahun baru juga akan dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Karena hujan identik dengan suasana dingin, maka tak ada salahnya membuat seduhan minuman hangat untuk menemani malam natal dan tahun baru. Bukan sekadar hangat, menambahkan kunyit dan jahe pada minuman juga akan menambah sensasi hangat dari dalam tubuh.

Umumnya, minuman tersebut dijuluki golden latte turmeric and ginger atau susu latte yang mencampurkan aneka rempah di dalamnya, seperti kunyit, jahe, dan kayu manis. Sekilas minuman ini mirip dengan haldi wala doodh atau haldi milk (susu kunyit) di India.

Susu kunyit ini sudah ada sejak lama di India dan kini mulai mendunia. Kehadiran susu kunyit merupakan suatu alternatif minuman yang bisa dikonsumsi oleh seseorang yang kurang nyaman dengan rasa kunyit di lidah.

Membuat minuman ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah dicari dan biasanya sudah tersedia di dapur.

Mengutip dari akun Instagram @tuangdigelas, berikut resep golden latte turmeric and ginger atau resep susu kunyit yang bisa kamu coba:

Bahan: 

Bubuk kunyit

Bubuk jahe

Bubuk kayu manis 

Sirup maple atau madu (pilih salah satu)

Ekstrak vanilla

Susu panas 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.