Sukses

Benarkah Jerawat, Psoriaris, Rosacea, dan Eksim Dipengaruhi Oleh Usus?

Bagaimana usus bisa mempengaruhi masalah kulit seperti Jerawat, Psoriaris, Rosacea, dan Eksim? simak penjelasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini dunia maya ramai dengan 7 days juice challenge yang mengharuskan seseorang meminum jus selama 7 hari berurut-turut demi memperbaiki kulit. Hasilnya, tak sedikit yang merasa kulitnya lebih baik bahkan bebas dari jerawat setelah rutin meminum jus selama 7 hingga 30 hari. 

Selain itu, muncul juga tren meminum air mineral 2 liter sehari untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Berbagai masalah tersebut diklaim sebagai salah satu solusi dari masalah kulit yang sering muncul seperti jerawat hingga eksim. 

Sejalan dengan tren tersebut, penelitian terbaru juga membuktikan bahwa memang benar berbagai masalah kulit yang muncul ada kaitannya dengan apa yang kita konsumsi. Lebih khusus lagi, beberapa masalah kulit tersebut berkaitan dengan usus dan sistem pencernaan. 

Anggota American Academy of Dermatology, Dr. Brooke Jeffy, membenarkan bahwa kesehatan usus dan pencernaan berhubungan dengan masalah kulit.

"Ketika mikrobioma usus Anda tidak seimbang, sel-sel usus tidak bekerja dengan baik yang memungkinkan molekul pro-inflamasi melarikan diri dan memasuki aliran darah," kata Jeffy kepada Live Science, dikutip Kamis (22/12/2022).

"Molekul-molekul ini sampai ke kulit dan memicu peradangan yang menyebabkan percepatan penuaan atau kambuhnya rosacea, jerawat, eksim, dan psoriasis," lanjut Jeffy.

Usus berhubungan langsung dengan kulit yang kerap disebut dengan poros usus-kulit yang mengacu pada pertukuran sinyal konstan antara kulit dan usus. Beberapa ilmuwan lain juga menyebut bahwa mikrobioma usus yang tidak seimbang dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan kulit

Lalu, gangguan kulit apa saja yang terkait dengan pencernaan dan usus? Simak jawabannya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang biasanya muncul dalam bentuk komedo, komedo putih, benjolan merah, dan kista, kebanyakan di sekitar wajah.

Predisposisi genetik, ketidakseimbangan hormon dan masalah metabolisme dianggap sebagai pemicu umum. Baru-baru ini, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan usus juga dapat menjadi faktor yang berpengaruh. 

"Pada jerawat, kita tahu bahwa diet barat berkontribusi pada patogenesis jerawat dan menyebabkan disbiosis usus," kata Patricia Farris, dokter kulit dan asisten profesor klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Tulane, Louisiana.

"Diet Barat" dikategorikan sebagai pola makan tinggi karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan gula tambahan. 

Kajian tahun 2022 dalam jurnal Microorganisms juga menunjukkan bahwa mikroba usus dapat memperburuk gejala jerawat dengan memodifikasi respons kekebalan kulit terhadap bakteri seperti Cutibacterium acnes dan Propionibacterium acnes. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan ini.  

3 dari 5 halaman

Eksim

Dermatitis atopik, juga dikenal sebagai eksim, adalah kondisi peradangan yang menyebabkan kulit memerah, bengkak, menebal dan bersisik. Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi para peneliti percaya bahwa hal ini mungkin dipicu oleh sejumlah faktor lingkungan, genetik, dan psikologis. Kesehatan usus juga tampaknya terkait dengan kondisi tersebut.

"Tampaknya pasien dengan dermatitis atopik memiliki keragaman bakteri usus yang menurun dan kekurangan bakteri tertentu yang ditemukan pada individu yang sehat," kata Farris.

Sebuah penelitian pada 2016 yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Ilmu Molekuler menyatakan bahwa faktor-faktor lingkungan tertentu dapat mempengaruhi komposisi bakteri di usus. 

Penderita eksim biasanya adalah bayi atau balita yang memiliki kerentanan inang dan komposisi mikrobioma usus yang berubah-ubah. 

 

4 dari 5 halaman

Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan autoimun yang menyebabkan orang mengalami bercak-bercak kulit yang gatal dan meradang, terutama pada lutut dan siku, dan juga dapat mempengaruhi area tubuh lainnya. Kondisi ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi diyakini disebabkan oleh kombinasi sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, kecenderungan genetik, dan faktor lingkungan. 

Kondisi ini juga tampaknya berkaitan dengan kesehatan usus. Menurut laporan 2021 di Jurnal Internasional Ilmu Molekuler, perubahan mikrobioma usus pada psoriasis mirip dengan yang diamati pada pasien dengan penyakit radang usus.

Pada kedua kondisi ini, cenderung ada peningkatan yang signifikan pada strain bakteri berbahaya seperti Salmonella dan Campylobacter, sedangkan strain "baik" menurun jika dibandingkan dengan orang tanpa penyakit.

"Pasien dengan psoriasis kekurangan bakteri tertentu yang menghasilkan asam lemak rantai pendek, berakibat pada ketidakseimbangan kekebalan tubuh dan peradangan," kata Farris kepada Live Science.

Asam lemak rantai pendek diproduksi oleh bakteri "baik" di usus Anda, dan dianggap berperan dalam kesehatan dan penyakit. Sumbu usus-otak-kulit juga dapat membantu menjelaskan mengapa kambuhnya psoriasis cenderung sangat terkait dengan stres dan depresi.

Kajian tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy menunjukkan bahwa keadaan emosi negatif dapat menyebabkan perubahan mikrobiota usus, yang kemudian dapat memicu peradangan kulit. Mekanisme spesifik dari interaksi ini masih belum jelas, tetapi karena psoriasis dapat membuat stres, hal ini dapat memperburuk gejala.

5 dari 5 halaman

Rosacea

Rosacea adalah kondisi kronis yang ditandai dengan kemerahan dan jerawat berulang di sekitar wajah. Banyak faktor lingkungan dan genetik yang berbeda memicu kambuhnya penyakit ini, dengan kesehatan usus tampaknya memiliki peran yang sangat signifikan. 

Menurut jurnal Advances in Therapy, rosacea memiliki kaitan dengan sejumlah kondisi gastrointestinal, termasuk penyakit radang usus, penyakit celiac, dan sindrom iritasi usus besar. 

"Pasien dengan rosacea memiliki peluang lebih besar untuk mengalami sesuatu yang disebut pertumbuhan berlebih usus kecil," kata Farris. 

"Dalam kondisi ini ada pertumbuhan berlebih dari bakteri tertentu yang dikenal sebagai Helicobacter pylori yang dapat berkontribusi pada gejala rosacea termasuk pembilasan dan peradangan,” lanjut Farris.

Menurut sebuah studi tahun 2018 di jurnal BMC Infectious Diseases, bakteri spesifik ini dapat merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan sejumlah besar mediator inflamasi, yang menyebabkan dan memperburuk peradangan rosacea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.