Sukses

Bisakah Serum Vitamin C dan Niacinamide Digunakan Bersamaan? Ini Kata Dermatologis

Ada yang mengatakan bahwa penggunaan serum vitamin C dan niacinamide tidak dibolehkan. Namun, inilah fakta yang sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta Dalam merawat kulit khususnya kulit wajah, penggunaan skincare memang dibutuhkan untuk menunjang hal tersebut, ya. Termasuk dalam penggunaan bahan aktif pada skincare agar kulit halus dan terbebas dari jerawat.

Akan tetapi, ada yang mengatakan penggunaan beberapa bahan aktif skincare dalam waktu yang bersamaan justru bisa merusak kulit. Namun, ada juga yang bisa memaksimalkan manfaatnya bila digabungkan.

Sama seperti halnya vitamin C dan niacinamide yang sering menjadi perdebatan. Sebab, keduanya merupakan bahan ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi perubahan warna kulit serta bintik hitam.

Seperti yang dikutip dari Cosmopolitan, Rabu (20/3/2024), Melanie Palm, MD, dokter kulit bersertifikat di San Diego, CA mengatakan, “Niacinamide dan vitamin C keduanya merupakan antioksidan dan antiperadangan.” 

Meskipun demikian, tidak lantas membuat mereka bisa menjadi sahabat karib dan dipakai bersamaan. Jadi, bisakah Anda menggunakan kedua bahan ini? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide merupakan suatu bentuk vitamin B3, dapat memberikan manfaat ekstra bagi kulit.

“Pertama, ini dapat membantu kulit Anda membangun keratin, protein yang membantu mendukung pelindung kulit Anda dengan mempertahankan kelembapan dan melindunginya dari kerusakan lingkungan,” kata Dr. Palm.

Dalam produk skincare juga, niacinamide juga dapat meredakan peradangan, memperkecil tampilan ukuran pori-pori, mengatur produksi minyak, dan mengatasi produksi pigmentasi yang tidak normal, sehingga dapat meratakan warna kulit. 

Oleh karena itu, sering kali produk ini dipadukan dengan bahan aktif yang bisa mengiritasi, seperti retinol, untuk meredam efek sampingnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, ya. Sebab, vitamin yang satu ini bisa menjadi "kunci" dalam memberikan manfaat bagi seluruh tubuh. Termasuk untuk kulit Anda.

Menurut Dr. Palm, vitamin C bisa berfungsi sebagai antioksidan yang berarti dapat melindungi kulit Anda dari radikal bebas, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan. Tidak hanya menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polutan, tapi ada juga manfaat vitamin C terbukti secara klinis.

Seperti misalnya dapat mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, memberikan perlindungan terhadap penuaan dini, dan mencegah kelemahan kulit. Maka tidak mengherankan bila pemakaian vitamin C dalam skincare kerap dijadikan sebagai holy grail dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

3 dari 4 halaman

Bolehkan Niacinamide dan Vitamin C Dipakai Bersamaan?

Rupanya, gagasan bahwa vitamin C dan niacinamide tidak dapat bercampur adalah mitos belaka.

“Hal ini berasal dari penelitian awal yang menunjukkan potensi interaksi antara kedua bahan tersebut,” kata Claire Chang, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City.

Penelitian awal tersebut menunjukkan bahwa kombinasi vitamin C dan niacinamide dapat menyebabkan pembentukan senyawa yang disebut asam nikotinat, yang dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kemerahan pada kulit.

Namun penelitian ini telah ditingkatkan dengan penelitian terbaru yang menunjukkan "bahwa interaksi antara kedua bahan ini minimal, dan kombinasi tersebut umumnya dapat ditoleransi dengan baik," kata Dr. Chang. 

Tidak hanya itu, keduanya juga bisa menjadi solusi ampuh mengatasi flek hitam dan perubahan warna pada khususnya. Vitamin C menghambat tirosinase, yang merupakan enzim penting untuk produksi melanin, atau pigmen, di kulit—dan dengan memblokir tirosinase. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah pembentukan pigmen berlebih.

“Sementara itu, niacinamide bekerja dengan mengurangi jumlah melanin yang ditransfer dan terakumulasi di kulit,” kata Dr. Chang.

Jadi setiap bahan bekerja dengan cara berbeda untuk mengurangi produksi pigmen berlebih, sehingga mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

“Saya yakin kedua bahan ini memiliki manfaat sinergis untuk kulit, antara lain mencerahkan kulit, anti penuaan, dan efek antioksidan,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Niacinamide dan Vitamin C

Jika Anda mau menggunakannya dalam dua produk terpisah, ikuti saran lama dalam mengaplikasikan produk Anda. Di mana cobalah berdasarkan tekstur dari yang paling cair. 

"Misalnya, serum yang lebih ringan dapat diaplikasikan sebelum pelembap,” kata Dr. Chang. “Jika vitamin C Anda ada dalam serum dan niacinamide di pelembap Anda, Anda bisa menggunakan vitamin C terlebih dahulu baru kemudian pelembap yang mengandung niacinamide.”

Bahkan, kini Anda dapat menemukan kedua bahan tersebut dipadukan dalam banyak produk berbeda. Keduanya bisa bekerja untuk mencerahkan kulit dan memudarkan bintik hitam dengan lebih cepat.

Selain serum yang menawarkan yang terbaik dari kedua dunia, Anda juga dapat memanfaatkan gabungan manfaat melawan radikal bebas dalam tabir surya Anda. Sebab, paparan sinar matahari merupakan faktor besar dalam perubahan warna dan bintik hitam, tetap menggunakan SPF setiap hari juga merupakan terobosan dalam membantu memudarkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.