Sukses

Lupa Sarapan, 8 Minuman Ini Bisa Tunda Rasa Lapar Loh

Ada beberapa jenis minuman sehat yang bisa menunda lapar selain air putih, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu tipe orang yang cepat lapar padahal sudah makan? Atau pagi ini kamu tidak sarapan dan sudah lapar meski belum jam makan siang? Salah satu cara ampuh untuk mengusir rasa lapar adalah dengan menenggak minuman yang mengenyangkan.

Eits, tapi bukan sembarang minuman. Ada beberapa jenis minuman sehat yang bisa menunda lapar selain air putih. Ketika lapar menyerang, dua gelas air putih bisa jadi minuman yang mengenyangkan perut dan menunda lapar.

Namun, tak cuma air putih saja yang bisa menyelamatkan kamu dari rasa lapar. Dilansir foodhow.com, Senin (19/12/2022), berikut ini beberapa jenis minuman penunda lapar yang enak tapi tetap sehat buat tubuh.

1. Susu sapi rendah lemak

Bila rasa lapar muncul, kamu bisa minum susu sapi rendah lemak. Sebuah penelitian yang dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa kandungan laktosa dan protein dalam susu sapi bisa menekan nafsu makan kamu.

Selain rendah akan lemak, susu sapi rendah lemak merupakan pilihan yang baik karena mengandung berbagai macam mikronutrien yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian, susu rendah lemak kalori yang tinggi sehingga sebaiknya kamu tidak minum susu secara berlebihan.

Selain itu, susu yang diminum secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker ovarium akibat tingginya kadar galaktosa dalam tubuh dan juga meningkatkan risiko kanker prostat tingginya konsumsi kalsium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teh hijau

Teh hijau dapat dikonsumsi ketika sore hari. Teh hijau bisa mendetoks racun, membakar lemak, serta membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tidak salah kalau teh hijau diminum oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

3. Kopi

Banyak orang menikmati segelas kopi di pagi hari. Ternyata minuman ini selain bisa membantu tubuh terjaga dan semangat, kopi juga akan menambah rasa kenyang.

Minuman satu ini akan melepaskan hormon peptida yang membuat tubuh merasa tidak ingin makan secara berlebihan.

4. Susu kacang

Bagi kamu yang mengidap intoleransi laktosa, pilih susu yang terbuat dari kacang seperti susu almond dan susu kedelai.

Susu kacang yang bebas laktosa juga lebih sehat karena tidak mengandung lemak jenuh layaknya susu sapi. Susu kacang justru kaya akan protein dan serat yang mengenyangkan

3 dari 4 halaman

5. Jus buah dan sayur

Untuk menunda lapar, jus dari buah dan sayur bisa jadi pilihan yang bijak. Pasalnya, lapar akan hilang jika tubuh sudah mendapatkan beragam jenis nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat.

Nutrisi-nutrisi penting tersebut banyak ditemukan dalam buah dan sayur. Maka, kalau kamu sedang buru-buru dan tidak sempat makan, minum jus buah dan sayur bisa mengenyangkan perut serta menunda lapar.

Namun, usahakan untuk tidak menambah gula atau pemanis ke dalam jus buah dan sayur kamu. Kalau ingin jus kamu terasa lebih manis, tambahkan saja madu atau bubuk kayu manis.

6. Air kelapa muda

Bukan hanya jus, air kelapa muda sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mengandung berbagai nutrisi, minuman satu ini juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini karena air kelapa muda mengandung elektrolit alami yang dibutuhkan tubuh.

4 dari 4 halaman

7. Infused water

Selain menyegarkan dan mengandung berbagai vitamin dan nutrisi, infused water juga bisa dijadikan minuman penunda rasa lapar.

Minuman satu ini bisa memberikan energi saat tubuh merasa lapar serta bisa mengecilkan perut yang buncit jika rutin dikonsumsi.

8. Smoothies

Smoothies adalah salah satu minuman yang mengenyangkan dan kaya nutrisi. Berbeda dengan jus buah dan sayur, bahan utama smoothies adalah yoghurt.

Untuk membuat smoothies yang mengenyangkan, campurkan yogurt rendah lemak tanpa rasa dengan buah dan sayur kesukaan kamu. Tekstur smoothies yang kaya dan padat akan menipu sistem pencernaan kamu seolah kamu habis makan berat.

9. Minuman dark chocolate

Minuman dark chocolate yang terasa pahit di lidah bisa membantu menekan nafsu makan. Selain itu, cokelat juga bisa menekan produksi hormon ghrelin yaitu hormon yang membuat kamu merasa lapar. Sebagai tambahan, dark chocolate juga kaya akan serat, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.