Sukses

Platform Akselerator Ini Dukung Bisnis dan Penjualan UMKM Indonesia

 

Liputan6.com, Jakarta - Platform social commerce Sleekflow resmi hadir di Indonesia setelah mendapatkan putaran pendanaan seri A senilai $ 8 juta yang dipimpin oleh Tiger Global.

Startup asal Hong Kong ini bakal mengembangkan platform yang yang bisa memperlancar dan mempercepat penjualan. Itu sebabnya, platform ini akan jadi akselerator penjualan bagi UMKM maupun perusahaan besar di Indonesia.

Kehadiran Sleekflow di Indonesia berarti akan ada kantor dan tim baru di Jakarta. Nantinya mereka menawarkan dukungan bagi klien di Tanah Air untuk memenuhi kebutuhan pasar yang sedang berkembang.

Sleekflow didirikan pada 2019 dan memulai perjalanan sebagai omnichannel social messaging platform. Kini Sleekflow membantu melayani 5.000 bisnis secara global, termasuk Shopee Singapura, Giordano, dan Lalamove Hong Kong.

Sleekflow telah berintegrasi dengan lebih dari 2.500 software dan messaging channel. Kini, startup ini mengembangkan solusi WhatsApp Cloud API, fitur chat-and-pay serta integrasi Microsoft Dynamics 365, Salesforce, dan HubSpot.

Tujuannya adalah untuk optimalisasi penjualan bagi brand mempertahankan social commerce. Apalagi, pasar ini diproyeksikan bernilai $3,37 triliun pada tahun 2028.

Tim Sleekflow Indonesia bakal dipimpin oleh GM Sleekflow Asnawi Jufrie. Tim ini bakal mendukung pengguna dengan platform social commerce terpadu yang menggabungkan percakapan, katalog produk, solusi pembayaran, dan manajemen pesanan menjadi satu untuk bisnis lintas industri.

"Indonesia merupakan salah satu pasar e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di ASEAN, dengan nilai yang diproyeksikan $53,8 miliar pada 2025. Kini, 80 persen merchants online Indonesia memperoleh penjualan melalui saluran sosial dan kanal pesan. Sleekflow bertujuan untuk membantu penjual lokal meningkatkan tren lebih jauh lagi," kata Founder dan CEO Sleekflow, Henson Tsai, dalam keterangan.

Tsai menambahkan, platform ini akan memperkenalkan fitur baru yang disesuaikan bersama dengan tracking dan analytic tools untuk memberdayakan UMKM dan perusahaan besar dengan wawasan berharga dan bisa ditindaklanjuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bisa Apa Saja?

Berikut deretan fitur dan kemampuan yang ditawarkan Sleekflow untuk membantu klien UMKM maupun perusahaan besar:

Katalog produk yang disesuaikan

Platform omnichannel memiliki katalog produk yang dapat disesuaikan. Tujuannya untuk lebih melayani perusahaan lokal yang lebih kecil dengan melokalkan penawaran layanannya.

Bisnis sekarang dapat meluncurkan toko di aplikasi perpesanan favorit mereka dalam hitungan menit dengan mengunggah file CSV atau menyinkronkan dengan solusi e-commerce.

Fitur ini akan membantu UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan mereka dengan biaya yang terjangkau. Kemampuan lain yang ditawarkan adalah pembayaran lintas negara hingga menawarkan layanan penjualan yang dipersonalisasi.

3 dari 5 halaman

Integrasi Platform dan Personalisasi

Sleekflow menampilkan Microsoft Dynamics 365 Integration baru yang menghubungkan percakapan pelanggan di seluruh obrolan online dan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP).

Sleekflow juga memanfaatkan kemampuan kecerdasan bisnis bawaan platform untuk melacak dan mempercepat perjalanan pembeli dan proses pembelian.

Seiring berkembangnya masa depan perdagangan di Indonesia yang semakin menjadi komunikatif, bisnis membutuhkan pendekatan yang lebih holistik terhadap Customer Relationship Management (CRM).

Dengan mengintegrasikan Salesforce dan Hubspot di platformnya, Sleekflow membantu brand untuk mengkonsolidasikan, memperbarui, serta mengakses kontak dan percakapan pelanggan di satu platform.

Secara bersamaan, penjual dapat menerima pembaruan data konsumen di seluruh platform dan memantau alur kerja untuk merampingkan proses pengambilan keputusan.

4 dari 5 halaman

Mudahkan Pembayaran Online

One-click Checkout untuk Pembayaran

Dengan satu dari lima dolar yang dihabiskan ritel Asia Tenggara melalui media sosial saat ini, pengalaman chat-to-checkout yang cepat telah pendorong utama di balik konversi penjualan.

Fungsi one-click checkout SleekFlow yang baru dan ekosistem social-to-payment, menawarkan solusi end-to-end yang tepat waktu bagi bisnis untuk bertransaksi langsung melalui social chats.

Fitur baru ini menghubungkan bisnis dan konsumen dengan saluran penjualan yang lebih cepat, lebih mudah dan aman. Fitur ini juga membuka jalan baru untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

5 dari 5 halaman

Mempercepat penjualan dengan kolaborasi multi-agen

Saat konsumen mencari bisnis yang menawarkan komunikasi nyaman, brand kini juga didorong untuk mengelola beberapa messaging channels dan platform media sosial secara simultan seiring dengan pemasaran dan penjualan.

Dengan memusatkan beberapa saluran perpesanan seperti WhatsApp Business Platform, Facebook Messenger, Instagram chats dan Telegram, bisnis bisa memberi dukungan tanpa batas bagi pelanggan. Hal ini membantu bisnis meningkatkan prospek penjualan online dan offline.

Seiring dengan kolaborasi yang terjalin antara Sleekflow dengan Shopify baru-baru ini, perusahaan sekarang juga dapat memfilter pelanggan berdasarkan preferensi pembelian mereka.

Kemampuan ini juga memungkinkan Sleekflow menganalisis profil dan perilaku konsumen untuk pemasaran dan jangkauan penjualan yang lebih tertarget

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS