Sukses

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Suka Kabur

Liputan6.com, Jakarta Umumnya beberapa kucing peliharaan cukup betah berada di dalam rumah dan merasa takut ketika dibawa keluar. Namun, disisi lain ada juga sebagian kucing yang tidak betah berada di dalam rumah, bahkan beberapa kali nekat untuk kabur.

Melansir laman Cuteness, Minggu (4/12/2022), perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab kucing kabur dari rumah seperti :

Berahi

Misalnya kucing jantan ,memilih kabur untuk kawin dengan kucing betina yang sedang berahi. Dan kasus ini terjadi jika kucingmu tidak disteril.

Biasanya, kucing jantan yang belum disterilkan akan menghabiskan banyak waktunya di luar rumah dan cenderung kabur. Sementara untuk kucing betina, mereka akan melarikan diri saat sedang berahi untuk mencari kucing jantan. Jika kucing betina hamil, mereka akan kabur mencari tempat yang tenang untuk melahirkan.

Memiliki naluri berburu

Diketahui kucing memiliki naluri berburu. Artinya, kucing ingin menjelajah dengan keluar rumah. Setelah itu, kucing akan kembali ke rumah dengan membawa burung atau tikus mati.

Meski begitu, ini termasuk prilaku tidak aman karena hewan tersebut dapat membawa penyakit yang membahayakan kucing.

Kecemasan atau penasaran

Kucing juga bisa kabur dari rumah jika mengalami kecemasan. Mereka ingin pergi keluar untuk menghindari apa pun yang menyebabkannya cemas.  Adapun untuk alasan yang lain, mungkin kucing kebetulan menemukan jalan keluar.  Sehingga muncul rasa penasaran yang membuat dia ingin keluar rumah, melihat-lihat dan menjelajah.

Namun, tidak perlu khawatir sebab ada cara mencegah kucing kabur dari rumah, di antaranya:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Disteril

Pertama yang dapat dilakukan adalah mensterilkan kucing jantan atau kucing betina. Sehingga, mengurangi hasrat berahinya yang akhirnya dapat mencegah atau tidak akan membuat mereka mencoba kabur dari rumah sebab alasan meluapkan berahi.

Meskipun, sebetulnya kucing ketika akan diadopsi, biasanya mereka sudah disterilkan.

Sebab, hal tersebut dapat membantu membatasi populasi kucing dan memastikan lebih sedikit kucing berkeliaran di jalanan.

 

 

3 dari 4 halaman

2. Beli tali atau tempat bertengger

Kemudian, cara lainnya untuk mencegah kucing kabur dari rumah adalah membeli tali dan harness (tali tuntun yang digunakan untuk membawa kucing berjalan-jalan). Sebab, kamu juga perlu mengajak kucing bermain di luar rumah untuk mengusir rasa bosan. Dengan menggunakan harnees sehingga bisa mengontrol pergerakan kucing.

Jika hal itu tidak memungkinkan, kamu juga bisa beli tempat untuk bertenggar di jendela atau tempat tidur gantung. Dengan begitu, kucing dapat bersantai di dekat jendela sambil menikmati sinar matahari tanpa harus keluar rumah.

4 dari 4 halaman

3. Tutup pintu rumah

Cara mencegah kucing kabur dari rumah yang paling mudah adalah menutup pintu rumah, lalu buat semacam penghalang tambahan jika perlu, seperti gerbang atau pagar yang tinggi untuk dapat mencegah kucing melarikan diri.

Jika kamu dihadapi dengan situasi tamu ke rumah, beri tahu mereka untuk segera menutup pintu depan.

4. Beli mainan

Selain mengajaknya jalan-jalan, cara menghilangkan rasa bosan dari kucing untuk mencegahnya kabur adalah memberikan mainan.

Jadi, kucing tidak memiliki keinginan atau alasan yang membuat dia ingin keluar rumah. Atau mungkin juga kamu bisa membeli tiang garukan, pohon kucing, atau mainan kucing agar kucingmu  akan merasa memiliki kesibukan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS