Sukses

Gol Griezmann Dianulir di Fase Grup Piala Dunia 2022, Prancis Banding ke FIFA

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Prancis mengajukan banding kepada FIFA atas dianulirnya sebuah gol yang disarangkan Antoine Griezmann.

Gol tersebut terjadi pada babak perpanjangan waktu, tepatnya di menit ke-98, pertandingan antara Prancis dan Tunisia di penyisihan Grup D Piala Dunia 2022.

Gol Griezmann yang dianulir ini membuat Les Bleus kalah 1-0 dari Tunisia di pertandingan yang berlangsung Rabu, 30 November 2022 di Education City Stadion, Qatar. 

Mengutip laman ESPN, Kamis (1/12/2022), gol tersebut dianulir lantaran pesepak bola berusia 31 tahun ini dinilai telah berada dalam posisi offside, ketika Aurelien Tchouameni mengirim bola ke area pinalti. 

Bola itu selanjutnya dibelokkan oleh bek Tunisia ke arah Griezmann. Griezmann pun berhasil menyarangkan bola ke gawang Tunisia.

Sayangnya, setelah referee melihat rekaman di Video Assistant Referee (VAR), ia memutuskan untuk menganulir gol Griezmann. Kedudukan pun tetap 1-0 dan Tunisia berakhir jadi pemenang laga ketiga di babak Grup D ini. 

Namun, Federasi Sepak Bola Prancis menilai wasit dan VAR melakukan kesalahan teknis dalam prosesnya.

Menurut tim nasional Prancis, wasit Michael Conger kebobogolan gol di waktu tambahan dan memulai kembali pertandingan sebelum meniup pluit untuk pertandingan babak penuh. 

Tunisia Gagal ke 16 Besar

Berhasil menundukkan juara dunia 2018, Tunisia tetap gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Pasalnya di laga lain Australia menang 1-0 atas Denmark. Prancis sendiri tetap melaju ke 16 besar sebagai juara grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Prancis Cadangkan Pemain Utama di Laga Kontra Tunisia

Prancis mencadangkan mayoritas pemain utamanya di laga ini karena sudah pasti lolos ke 16 besar. Laga terakhir kontra Tunisia di fase grup D ini merupakan upaya Prancis mengunci status sebagai juara grup D. 

Pemain nomor punggung 25, Eduardo Camavinga, bahkan ditempatkan oleh sang pelatih, Didier Deschamps, sebagai bek kiri. Langkah berani Prancis ini membuat Tunisia percaya diri untuk keluar menyerang sejak awal.

Tunisia sempat mencetak gol di menit sembilan saat umpan tendangan bebas Wahbi Kharzi disundul oleh Nader Ghandri. Namun gol ini dianulir wasit karena offside.

Peluang emas kembali didapat Tunisia di menit ke-24. Lagi-lagi Khazri yang menebar ancaman. Sayangnya umpan silang Khazri tidak berhasil disambar rekan-rekannya.

Lewat serangan balik cepat, Prancis nyaris mencetak gol di menit 26. Akan tetapi buruknya kontrol bola Kingsley Coman membuat peluang tersebut terbuang percuma. Karena salah saat melakukan sentuhan pertama, bola menjauh sehingga sepakan Coman menjadi melebar.

Tunisia kembali mendapat peluang emas di menit ke-36. Khazri melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Prancis, kiper Steve Mandanda masih bisa mengamankan bola. Skor 0-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

3 dari 4 halaman

Prancis Tantang Polandia di 16 Besar

Penyisihan grup di Piala Dunia Qatar 2022 hampir berakhir. Hingga saat ini, dipastikan sudah ada 10 tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sepuluh tim besar tersebut terdiri dari Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Australia, Argentina, Polandia, Brasil, dan Portugal.

Dilansir dari Olympics, pada Kamis (1/12/2022), sebanyak 32 tim yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar dibagi menjadi delapan grup, Grup A hingga H untuk fase pertama.

Tim pertama yang lolos ke babak 16 besar setelah memenangkan dua pertandingan grup pertama mereka adalah Prancis, dari Grup D. Les Bleus pertama kali mengalahkan Australia 4-1, sebelum mengalahkan Denmark 2-1.

Sejauh ini, Kylian Mbappe telah menjadi pemain yang menonjol untuk Prancis dan merupakan salah satu kandidat terdepan untuk penghargaan pencetak gol terbanyak FIFA World Cup 2022.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar

Sabtu, 3 Desember 2022

22.00 WIB: Belanda vs Amerika Serikat - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Minggu, 4 Desember 2022

02.00 WIB: Argentina vs Australia - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

22.00 WIB: Prancis vs Polandia - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Senin, 5 Desember 2022

02.00 WIB: Inggris vs Senegal - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

22.00 WIB: Juara Grup E vs Runner up Grup F - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Selasa, 6 Desember 2022

02.00 WIB: Juara Grup G vs Runner up Grup H - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

22.00 WIB: Juara Grup F vs Runner up Grup E - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Rabu, 7 Desember 2022

02.00 WIB: Juara Grup H vs Runner up Grup G - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS