Sukses

Yuk, Kenali 10 Ras Kucing dengan Telinga yang Besar

Liputan6.com, Jakarta - Di alam liar, telinga besar memiliki fungsi penting untuk kelangsungan hidup hewan. Misalnya, telinga kucing bertindak seperti parabola, membantu kucing mendeteksi suara terkecil saat berburu.

Sebagian besar kucing peliharaan menggunakan telinganya untuk mendengarkan suara majikan favorit mereka yang pulang ke rumah, dentingan kotak camilan, atau gemerincing mainan.

Ada beberapa ras kucing dengan telinga besar yang bervariasi dalam penampilan dan kepribadiannya. Beberapa di antaranya cukup gagah, atletis, dan aktif, sementara yang lainnya lebih tenang dan suka dimanja. 

Mengutip The Spurce Pets, Selasa (29/11/2022), berikut 10 ras kucing yang memiliki telinga yang sangat besar. 

1. Abyssinian

Telinga Abyssinian menjulur ke setiap sisi seolah-olah mereka selalu mendengarkan sesuatu. Ini adalah salah satu ras kucing tertua, meskipun asal-usulnya tidak jelas. Nenek moyangnya kemungkinan besar hidup di sepanjang Samudra Hindia, serta di Asia Tenggara. Kucing Abyssinian adalah kucing yang cerdas, suka bermain, dan sangat aktif, mereka juga senang menjadi pusat perhatian. 

2. Balinese

Balinese memiliki telinga segitiga yang besar, hal ini kemungkinan berasal dari mutasi genetik yang menciptakan versi berbulu panjang dari ras kucing Siamese. Langsing dan berotot, ras satu ini memiliki bulu yang halus diseluruh tumubuh mereka dan tidak mudah kusut.

Kucing ini biasanya penuh kasih sayang, suka bermain, dan cerewet. Mereka suka bergaul dengan keluarga mereka, dan mereka sering bergaul dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

3. Chausie

Telinga Chausie yang tinggi dan lebar berbentuk  sedikit miring ke arah luar. Ras kucing hasil persilangan ini dikembangbiakkan pada 1990-an dari persilangan antara Abyssinians dan kucing hutan.

Meskipun Chausie saat ini lebih berjiwa liar daripada kucing liar lainnya, ras satu ini termasuk kucing lucu yang senang ditemani kucing lain, anjing, dan manusia serta sangat mudah bersosialisasi.

3 dari 9 halaman

4. Cornish Rex

Dengan bulu bergelombang yang khas dan besar, ramping, telinga seperti kelelawar, Cornish Rex sangat menarik untuk dilihat. Ras ini mendapatkan namanya dari tempat asalnya-Cornwall, Inggris, di mana seekor anak kucing dengan mutasi genetik untuk bulu bergelombang lahir.

Kucing ini umumnya cerdas, aktif, dan ramah. Mereka lebih menyukai banyak interaksi sosial, tetapi biasanya bukan kucing peliharaan yang ramah. 

4 dari 9 halaman

5. Devon Rex

Telinga Devon Rex yang sangat besar memberikan tampilan seperti peri dan ekspresi yang tidak ramah. Ras ini sangat mudah bergaul dan suka bermain, bahkan beberapa orang menggambarkannya seperti anjing.

Dengan bentuk tubuhnya yang kecil dan kepribadiannya yang ceria, kucing ini cenderung terlihat dan bertingkah laku seperti anak kucing. Devon Rex memiliki bulu lembut dan ikal, tampak seperti berombak ketika kamu mengelusnya. 

5 dari 9 halaman

6. Egyptian Mau

Egyptian Mau memiliki telinga lebar yang melengkung sedikit ke depan, memberikan kucing ini ekspresi waspada. Nenek moyang ras ini kemungkinan besar berasal dari kucing liar Mesir kuno, dan merupakan satu-satunya ras kucing peliharaan dengan pola bulu tutul alami.

Kucing atletis ini terkenal sebagai pelari cepat yang baik dan suka memanjat. Permainan interaktif penting untuk menjaga pikiran dan tubuh mereka tetap aktif. 

6 dari 9 halaman

7. Oriental

Oriental dikembangbiakkan dari Siamese, jadi tidak mengherankan jika ras ini memiliki telinga yang menonjol dan berbentuk segitiga sama seperti sepupunya. Mereka terlihat mirip dengan Siamese tetapi memiliki lebih banyak variasi bulu.

Ras yang menyenangkan ini secara alami atletis dan suka bermain, serta cenderung memiliki ikatan yang sangat kuat dengan manusia favoritnya. 

7 dari 9 halaman

8. Savannah

Kucing Savannah adalah persilangan antara kucing domestik dan serval liar Afrika. Telinga Savannah yang besar dan tinggi merupakan bagian dari ciri khas tampilan ras ini. Kucing ini juga agak liar dalam sikapnya.

Meskipun mereka biasanya mencintai keluarga mereka dan sering menuntut perhatian, mereka juga sangat cerdas dan energik. Dibutuhkan banyak hal untuk membuat mereka tetap terlatih secara fisik dan mental.

8 dari 9 halaman

9. Siamese

Siamese adalah kucing yang ramping dengan telinga yang menonjol yang biasanya berwarna lebih gelap dari sebagian besar bulunya. Manis dan bersemangat, ras ini telah populer di kalangan pecinta kucing sejak akhir 1800-an.

Kucing ini dikenal karena vokalisasi mereka dan akan "mengobrol" dengan manusia ketika siang dan malam, terutama ketika mereka memiliki pendapat untuk diungkapkan. Mereka suka menjadi pusat perhatian dan lebih suka ditemani sepanjang hari. 

9 dari 9 halaman

10. Sphynx

Dengan kulit keriput yang dimiliki, kucing tanpa bulu ini sebenarnya memiliki bulu halus yang menutupi sebagian atau seluruh tubuh mereka. Tetapi mereka memiliki telinga dan mata mereka yang besar dibandingkan dengan bagian kepala mereka.

Ras ini umumnya kucing yang ramah dan suka dipeluk (terutama untuk kehangatan), dan mereka dikenal untuk menghibur manusia dengan kejenakaan mereka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS