Sukses

Genap Seabad, Frisian Flag Indonesia Perkenalkan 100 Sosok Pahlawan Kemajuan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan, kesejahteraan, dan keselarasan menjadi hal yang terpenting dalam hidup kita. Disadari atau tidak, ketiga faktor itu bisa membuat kita menjadi manusia yang bahagia. Hal ini sejalan dengan kampanye yang dilakukan oleh Frisian Flag Indonesia di umur yang genap 100 tahun. 

Selain menyuarakan soal kesehatan, kesejahteraan, dan keselarasan, momen 100 tahun Frisian Flag Indonesia diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya peluncuran buku bertajuk '100 Sosok Pahlawan Kemajuan Keluarga'.

Buku tersebut berisi 100 orang terpilih yang memiliki kisah inspiratif dan patut dijuluki sebagai sosok pahlawan keluarga. Keseratus sosok itu terpilih setelah melewati serangkaian penilaian yang ketat.

Acara peluncuran buku yang diadakan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat siang, 25 November 2022 dihadiri Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F Saputro; Sosiolog, Imam B Prasodjo; dan sosok di balik program Kick Andy, Andy F Noya.  

Selain menjadi narasumber, ketiganya merupakan juri dalam pemilihan tokoh pahlawan hebat yang tercantum dalam buku '100 Sosok Pahlawan Kemajuan Keluarga'

Dalam kesempatan tersebut, Andrew F Saputro mengungkapkan rasa bangganya bisa mengumpulkan 100 sosok pahlawan hebat dan berharap dengan adanya buku ini bisa menginspirasi banyak orang.

"Sebuah kebanggaan bagi Frisian Flag Indonesia (FFI), di momen 100 tahun kehadirannya di Indonesia dapat memberikan penghargaan bagi para sosok inspiratif di balik kemajuan sebuah keluarga," katanya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2 dari 4 halaman

Sosok Pahlawan

Andrew juga menambahkan bahwa sosok pahlawan yang dimaksud adalah seseorang yang memiliki semangat yang berkelanjutan (progresif) saat menghadapi berbagai tantangan hidup. 

"Caranya memampukan diri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya. Menjadi kelanjutan dari penghargaan Arkatama (permata yang menerangi keluarga) kali ini, kami meluncurkan buku yang mendokumentasikan 100 sosok inspiratif, yang juga memiliki semangat progresif untuk #MelajuKuatBersama," ujarnya. 

"FFI melihat, semangat untuk terus maju dan menghadapi berbagai tantangan yang dimiliki sosok-sosok dalam buku ini, penting untuk juga dimiliki keluarga lainnya, agar kelak dapat lebih siap menghadapi berbagai kerentanan perubahan yang terjadi di masa depan," dia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kisah Inspiratif

Sementara itu Andy F Noya menambahkan bahwa dengan terbitnya buku ini bisa memberikan energi positif bagi semua orang untuk bisa terus berbuat baik. 

"Pada buku ini banyak terdapat sosok teladan, yang diharapkan dapat menstimulasi lebih banyak sosok-sosok pahlawan keluarga, yang  kemudian secara bersama-sama membawa perubahan bagi kemajuan bangsa," katanya. 

"Semoga kisah-kisah yang dituangkan dalam buku ini dapat menjadi energi positif bagi kita untuk terus berbuat baik, sekecil apapun. Karena dimulai dari gerakan kebaikan kecil, kelak akan terbentuk gelombang kebaikan yang lebih besar, yang dapat berdampak dan memberi manfaat bagi lebih banyak orang," Andy menambahkan.

4 dari 4 halaman

Mengusung Nilai-Nilai yang Penting

Hal serupa juga dikatakan Sosiolog tersohor,  Imam B Prasodjo. Ia menyebut bahwa dalam buku ini kita bisa melihat nilai-nilai penting dari berbagai sudut pandang.

Termasuk nilai-nilai keluarga yang saat ini, intensitas interaksi secara langsung dengan keluarga berkurang, akibat perkembangan zaman.

"Perkembangan zaman, membuat sebuah keluarga memiliki keharusan untuk memiliki pandangan tertentu, terlebih soal menanamkan ketiga nilai ini, yaitu kejujuran, tanggung jawab dan adil, tu adalah dasar," katanya. 

Ia juga menambahkan bahwa keluarga yang tangguh bisa menciptakan Indonesia tangguh. 

"Kemampuan diri dan ketangguhan keluarga dalam menghadapi perubahan memiliki peran yang menentukan dalam memenangkan perjuangan menghadapi gejolak kehidupan. Keluarga tangguh yang tumbuh dari akar rumput, pada gilirannya nanti akan menjadi bagian penting dalam menciptakan Indonesia tangguh," pungkas Imam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.