Sukses

Bukan Sekadar Musisi, 6 Idol KPop Ini Ternyata Mantan Atlet Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai keterampilan yang dimiliki seorang idol KPop merupakan salah satu daya tarik. Bukan hanya pandai bernyanyi maupun menari, rupanya beberapa idol K-pop juga memiliki keterampilan lain seperti olahraga. 

Beberapa idol K-pop rupanya bukan hanya suka olahraga, melainkan mantan atlet. Sebagian dari mereka bahkan telah menjadi atlet nasional.

Dengan adanya Idol Star Athletic Championship, sangat menyenangkan bagi para fans untuk melihat para idola berbaur dengan idola lain dan memamerkan keterampilan atletik mereka.

Meskipun memiliki jadwal yang melelahkan dan latihan yang intens, tidak mengherankan jika para idol K-pop sangat bugar dan dalam kondisi yang sangat baik.

Beberapa dari mereka mungkin harus berterima kasih kepada latar belakang atletik mereka yang membangun stamina mereka.

Melansir Allkpop, Selasa (22/11/2022), berikut sederet idol KPop yang pernah menjadi atlet sebelum terjun ke industri musik:

1. Jackson Wang ex-GOT7

Sebelum menjadi musisi yang kita kenal sekarang, Jackson Wang sebenarnya adalah pemain anggar berbakat. Berasal dari keluarga atlet medali emas, Jackson berlatih anggar dengan ayahnya di usia muda, dan pada usia 16 tahun, ia menjadi pemain anggar saber tingkat Olimpiade Remaja dengan tim junior resmi Hong Kong.

Sama seperti ketenarannya dalam dunia musik, Jackson adalah seorang superstar dalam dunia anggar. Ia memenangkan posisi pertama dalam berbagai kompetisi, termasuk Kejuaraan Anggar Junior dan Kadet Asia.

Jackson juga mewakili Tiongkok di First Youth Olympic Games di Singapura pada 2014 dan menduduki peringkat ke-11 di dunia junior saber.

Jackson meninggalkan dunia olahraga, termasuk kesempatan untuk berkompetisi di Olimpiade London 2012, untuk mengejar mimpinya di bidang musik.

Untuk mengenang kehidupan yang pernah ia jalani, ia memiliki logo Singapore Youth Olympic Games dan tato pedang anggar di lengannya.

Karena berbakat dan dikenal di industri musik dan olahraga, Jackson merasa terhormat untuk ditampilkan dalam video promosi 2021 untuk Olimpiade Tokyo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

2. Leo - VIXX

Sepak bola adalah bakat lain yang dimiliki Leo selain meluluhkan penggemar dengan nyanyiannya.

Meskipun banyak idola pria lain menyukai dan sangat pandai bermain sepak bola, Leo meningkatkan kecintaannya pada olahraga ini dengan menjadi bagian dari tim junior Korea Selatan selama tiga tahun dari 2004 hingga 2007.

Leo juga diberi kehormatan untuk menyanyikan lagu sorakan resmi untuk tim nasional Korea Selatan selama Piala Dunia FIFA 2018.

 

3 dari 6 halaman

3. Seungyoon - WINNER

Seungyoon tak hanya terlahir menjadi musisi, tetapi dia juga terlahir untuk benar-benar berbakat dalam bermain biliar, karena ia adalah pemain biliar tingkat profesional.

Sebelum menjadi idola, Seungyoon belajar cara bermain biliar selama tahun ketiga sekolah menengahnya dan berlatih dengan Asosiasi Biliar Profesional.

Dia kemudian menjadi pemenang Festival Olahraga Nasional Korea di Busan, menjadikannya perwakilan biliar Busan.

 

4 dari 6 halaman

4. Park Sunghoon - Enhypen

Dikenal sebagai Ice Prince, Park Sunghoon pernah menjadi figure skater internasional yang anggun. Berawal dari usia yang sangat muda, Sunghoon memiliki pengalaman ice skating selama satu dekade.

Ia berkompetisi di berbagai kompetisi global dan memenangkan medali perak di Kejuaraan Figure Skating Korea Selatan 2013 dan medali emas di Asian Open Trophy 2015 dan Lombardia Trophy 2015 di Italia.

Sama seperti Jackson, Sunghoon sedang dalam perjalanan menuju panggung Olimpiade tetapi memilih panggung yang berbeda. Sunghoon menjadi trainee Hybe pada tahun 2018 saat ia masih menjadi figure skater karena dia pikir tarian akan membantu figure skatingnya, tetapi kemudian jatuh cinta dengan KPop.

Sunghoon melepas sepatu skating pada 2020 untuk berkompetisi di I-Land, di mana ia berada di urutan keenam, dan bergabung dengan grup generasi keempat yang terkenal, Enhypen.

5 dari 6 halaman

5. Kim Yohan - WEi

Dengan sejarah Kim Yohan sebagai petarung taekwondo profesional, ia mungkin bisa melakukan tendangan terbang melintasi panggung juga.

Yohan adalah seorang petarung taekwondo yang terlatih secara profesional yang telah berlatih selama 13 tahun dan menang dua kali di Festival Olahraga Nasional Korea.

Seperti yang disebutkan selama audisinya pada Produce X 101, Yohan mendapat beasiswa ke universitas karena bakat Taekwondonya.

Namun, perjalanan bela dirinya terputus ketika Yohan mengalami cedera kaki saat latihan. Saat itulah ia akhirnya memutuskan untuk mengejar mimpinya menjadi seorang idola.

6 dari 6 halaman

6. Woodz

Cho Seungyoun atau kerap dikenal sebagai Woodz sudah terkenal sebagai orang yang multitalenta. Tak hanya dalam bidang musik, ia memiliki bakat atletik seperti sepak bola.

Sebelum menjadi idola, Seungyoun belajar di Brasil dan bermain untuk SC Corinthians, sebuah tim sepak bola Brasil.

Berada di negara asing selama dua tahun di usia yang begitu muda juga, Seungyoun menjadi sangat rindu rumah dan obatnya adalah dengan menonton MusicBank menggunakan komputer di asrama tim sepak bolanya.

Dalam hal tersebut, begitulah caranya mewujudkan mimpinya menjadi seorang idola dan dia memutuskan untuk kembali ke Korea untuk meraih mimpi itu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS