Sukses

Jungkook BTS Cetak Banyak Sejarah Berkat Dreamers, Soundtrack Piala Dunia 2022

Dreamers milik Jungkook BTS jadi soundtrack Piala Dunia 2022 yang sukses mencetak banyak sejarah

Liputan6.com, Qatar - Jungkook akhirnya tampil di Pembukaan Piala Dunia 2022 pada 20 November pukul 17.40 waktu setempat atau pukul 21.40 WIB.

Jungkook BTS tampil bersama bersama artis Qatar, Fahad Al Kubaisi, menyanyikan lagu 'Dreamers' yang diproduseri oleh penyanyi, penulis lagu, dan produser terkenal Maroko, RedOne.

Artis Maroko ini telah bekerja sama dengan bintang-bintang dunia seperti Lady Gaga, Shakira, Enrique Iglesias, One Direction, Usher, dan masih banyak lagi artis yang berpengaruh.

Pembukaan Piala Dunia Qatar dimulai dengan penampilan kejutan dari aktor legendaris Amerika Serikat, Morgan Freeman, yang menarasikan pertunjukan pembukaan.

Morgan Freeman memberikan pidato persatuan dan toleransi yang mengharukan, menyambut semua yang hadir di Qatar untuk merayakan Piala Dunia.

Setelah pertunjukan pertama berakhir, medley soundtrack Piala Dunia sebelumnya, termasuk 'Waka Waka' oleh Shakira dan 'La Copa de la Vida' oleh Ricky Martin, dimainkan bersamaan dengan maskot Piala Dunia sebelumnya naik ke panggung, dan bendera negara-negara yang berpartisipasi dikibarkan.

Dikelilingi oleh puluhan penari pendukung, Jungkook memikat penonton dengan karisma dan bakat vokalnya yang luar biasa. Jungkook memberikan penampilan kelas dunia dengan sempurna selama sekitar dua menit, dilansir Koreaboo pada Senin (21/11/2022). 

‘Dreamers’ adalah lagu solo ketiga Jungkook tahun ini, menyusul ‘Stay Alive’ yang dirilis Februari (diproduseri oleh rekannya di BTS, Suga) dan ‘Left & Right' (lagu musim panas Billboard Hot 100-nya bersama Charlie Puth).

Tak jauh berbeda dengan pencapaian lagu-lagu solo Jungkook sebelumnya, Dreamers debut menjadi #1 di Worldwide iTunes Song Chart di 100 negara di dunia. 

Selain itu, nama penyanyi berusia 25 tahun itu juga mencapai 1,7 juta mentions di Twitter hanya dalam waktu 60 menit setelah penampilannya di upacara pembuka Piala Dunia 2022.

Maknae BTS ini lagi-lagi menunjukkan talenta dan bakatnya yang membuat banyak orang di dunia terpukau. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Song Chart

Chart Data merilis data bahwa soundtrack Piala Dunia 2022 Qatar ini menjadi  yang nomor satu di iTunes di 100 negara hanya dalam waktu kurang dari 12 jam. 

Dengan ini Jungkook mempertahankan kedudukannya sebagai solois korea dengan lebih dari 100 lagu di #1 iTunes Worldwide. 

Bahkan, delapan di antara 100 negara tersebut adalah Amerika, Inggris, Jepang, Jerman, Prancis, Kanada, Australia, dan Italia sebagai 8 music markets terbesar di dunia. 

Selain Dreamers menjadi lagu FIFA World Cup Pertama dan satu-satunya yang mencapai #1 iTunes di 100 negara.

Jungkook kini menjadi solois Asia pertama dan satu-satunya dalam sejarah yang memuncaki delapan pasar musik terbesar dunia dengan tiga lagunya yaitu Stay Alive, Left & Right, dan Dreamers.

Amazon juga melaporkan bahwa ‘Dreamers’ setelah perilisannya langsung naik menjadi ‘#1 best selling song on Amazon US’.

Selain Amazon, Dreamers juga memasuki Top 5 dari All-Genre Genius Charts. Serta telah melampaui 140 ribu Shazam.

Bahkan, Dreamers mendapatkan Shazamed lebih dari 120.00 kali setelah penampilan Jungkook di Piala Dunia.

Menyusul hal tersebut, BTS Charts Daily melaporkan bahwa kini ‘Dreamers’ menjadi Theme Song atau Main Song dari FIFA World Cup 2022.

3 dari 4 halaman

Debut Stage Memukau

Penampilan solois korea pertama di Piala Dunia ini menjadi sorotan dan perhatian publik. Khususnya para pecinta musik dan sepak bola. Banyak tanggapan dan reaksi positif atas debut stage Jungkook untuk Dreamers senin malam kemarin. 

Namun, terlepas dari berbagai apresiasi dan reaksi positif yang Jungkook terima, dia mengaku tidak sepenuhnya puas dengan apa yang ia tampilkan. 

Melalui Livenya di Weverse, Jungkook bercerita tentang debut stagenya dengan persiapannya

Ia mengungkapkan bahwa dia tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari koreografi lagu yang dibawakannya. 

"Aku belajar koreo saat aku sampai di sini. Bahkan, chorus-part aku belajar kemarin (Minggu, 19 November). Setiap malam setelah mandi, aku selalu latihan sendiri," ujar Jungkook. 

"Sejujurnya, aku enggak bisa bilang aku benar-benar puas sama penampilanku. Tapi, yang penting enggak ada gangguan dan aku bisa bersenang-senang," dia melanjutkan.

Jungkook juga mengungkapkan bahwa dia tidak dapat mendengar suaranya selama tampil kemarin, meskipun dia telah menggunakan in-ears.

In-ears merupakan hal terpenting saat penyanyi tampil di panggung agar mereka bisa mendengarkan suaranya dan berada di pitch dan beat yang benar.

Meski begitu, Jungkook tetap tampil memukau dan ARMY bangga bahwa Jungkook tampil tanpa kesalahan sedikitpun. 

4 dari 4 halaman

Trending Dunia

Atas kontribusinya di Piala Dunia, nama ‘Jungkook’ bertengger di trending nomor 1 Worldwide dengan 5 juta mentions dan 126 juta engagements dalam 24 jam. 

Selain itu, Jungkook juga viral di media Jepang setelah Opening Ceremony FIFA World Cup. Bahkan, Japan locals juga memuji visual dan suaranya membawakan Dreamers.

Jungkook juga menjadi hot topic dengan 66 juta views selama 24 jam di media China. Ia trending sebagai #1, #5, #8, di kategori Hot Search Entertainment dan #2 di All Categories.

Bahkan, sebelum penampilannya di Opening Ceremony. Tepat setelah perilisan lagu Dreamers, Jungkook menjadi trending topic dan dibicarakan oleh banyak fans bola internasional serta qatar locals yang memuji vokal Jungkook. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.