Sukses

Gemas Banget, 9 Ras Kucing Ini Punya Kaki yang Pendek

Ras kucing dengan kaki pendek sering dikenal sebagai ras kerdil dan telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti kucing pada umumnya, jenis kucing kaki pendek mempunyai ukuran tubuh yang mungil, meski usianya beranjak dewasa. Ras kucing dengan kaki pendek sering dikenal sebagai ras kerdil dan telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Kucing Munchkin adalah klasifikasi jenis kucing yang relatif baru yang memiliki kaki pendek (atau fitur lainnya) karena mutasi genetik. Mereka secara khusus dikembangbiakkan untuk menjadi lebih kecil dan pada tahun 1995, mereka diakui oleh Asosiasi Kucing Internasional.

Mereka juga dapat dikenal sebagai kucing sosis, kerdil, atau cebol dan dapat memiliki bulu panjang, bulu pendek, atau tidak berbulu sama sekali.

Kucing ini juga hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Munchkin dipisahkan menjadi tiga kategori ukuran yang berbeda yaitu standar, super pendek, dan pemeluk karpet. Jenis kucing ini tidak mudah mengalami stres. Ketika diajak berpindah tempat, ia akan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Melansir Excited Cats Rabu (16/11/2022) berikut adalah 9 ras kucing kaki pendek yang paling populer.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Kucing Napoleon

Jenis kucing Minuet dulunya disebut Napoleon. Dinamai sesuai dengan nama pemimpin Prancis yang terkenal, Napoleon Bonaparte, kucing Napoleon dikembangkan dengan cara menyilangkan kucing Munchkin dengan kucing Persia berbulu panjang.

Sekilas, Anda akan melihat bahwa mereka mempertahankan banyak fitur Persia termasuk wajah bulat penuh, mata bulat, rambut panjang, dan hidung lebar lurus.

Namun, mereka tetap mempertahankan ciri khas kaki pendek yang menjadi ciri khas kucing Munchkin. Terlepas dari kelainan genetik mereka, mereka adalah kucing yang relatif kuat dengan masalah kesehatan terbesar mereka adalah penyakit ginjal polikistik, masalah yang diturunkan dari sisi Persia mereka.

Kucing kecil ini menjadi kucing keluarga yang hebat karena sifatnya yang menyenangkan dan penuh kasih sayang. Napoleon aktif dan tidak suka ditinggal sendirian. Mereka suka ditemani manusia tetapi juga senang dengan hewan lain termasuk anjing dan kucing.

 

3 dari 10 halaman

2. Kucing Skookum

Kucing Skookum adalah hibrida Dwarf lainnya, tetapi kali ini mereka disilangkan dengan kucing Curly LaPerm. Ras kucing Skookum baru ada sejak tahun 1990-an.

Kucing pendek ini sangat suka bermain dan bahagia. Mereka senang duduk di pangkuan Anda dan dengan senang hati akan mengejar laser atau bola kertas selama berjam-jam.

Kucing cerdas ini dapat mempelajari beberapa trik dan baik dengan anak-anak. Skookum cukup bervariasi dalam hal variasi bulu dan warna, baik berbulu pendek atau panjang.

Namun, ada beberapa sifat yang biasanya mereka miliki. Ekor mereka secara unik panjang dan berbulu di ujungnya yang membulat, dan kaki mereka biasanya memiliki panjang yang berbeda dengan kaki depan yang pendek dan lebih kompak.

4 dari 10 halaman

3. Kucing Lambkin

Lambkin yang lucu dan berbulu ini masih dianggap sebagai ras eksperimental dan tidak diakui oleh banyak organisasi kucing besar. Dikembangbiakkan antara Munchkin dan Selkirk Rex, kucing Lambkin dikenal sangat suka diemong dan suka meringkuk di pangkuan.

Kucing jenis ini akan dengan senang hati digendong oleh pemiliknya. Mereka adalah kucing keluarga dengan kasih sayang, kecerdasan, dan suka bermain.

Mereka cenderung cukup tenang dan jinak dan akan hidup antara 12 dan 14 tahun. Kebanyakan lambkins adalah kucing berbulu panjang dan mereka tersedia dalam berbagai warna dan pola.

Bulu unik mereka yang sedikit keriting berasal dari warisan Selkirk Rex. Pada saat dewasa, mereka akan memiliki berat antara 2 hingga 4 kg dan mencapai tinggi 17 sampai 20 cm.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memelihara Lambkin, Anda harus memahami tantangan yang menyertai mereka. Mereka sangat rentan terhadap masalah deformasi tulang belakang dan dada.

5 dari 10 halaman

4. Kucing Kinkalow

Dari semua kucing hibrida Munchkin, Kinkalow adalah salah satu yang paling langka. Kinkalow adalah persilangan antara kucing American Curl dan Dwarf Munchkin. Kinkalow juga merupakan kucing kecil yang sangat lucu.

Mereka memiliki kaki pendek dari kucing Munchkin, telinga melengkung ke atas dari American Curl, dan diikuti dengan ekor lurus yang panjang. Ras ini hadir dalam varietas berbulu pendek dan panjang dan dalam berbagai warna dan pola.

Ras ini juga dikenal sangat menyenangkan dan baik hati, membuat mereka menjadi kucing keluarga yang sangat baik. Kinkalow dikenal berperilaku seperti anjing dan suka mengikuti pemiliknya ke mana-mana. Mereka memiliki banyak energi dan juga suka memanjat.

Mereka hidup antara 10 dan 15 tahun. Pada ukuran penuh, Kinkalow akan memiliki berat antara 1 hingga 3 kg dan mencapai tinggi tinggi 17 sampai 20 cm.

6 dari 10 halaman

5. Kucing Bambino

Bambino adalah salah satu ras berkaki pendek tanpa bulu yang berasal dari garis keturunan kucing Sphynx dan Munchkin. Namun, kepribadian Bambino yang benar-benar membuatnya istimewa.

Mereka suka berlari, melompat, dan memanjat. Bahkan dengan perawakannya yang kecil dan tidak memiliki bulu, kucing kecil ini tidak kenal takut.

Bambino ramah dan penuh kasih sayang dan suka meringkuk. Mereka adalah jenis kucing yang cerdas yang kadang-kadang dapat menyebabkan perilaku nakal.

Ras kucing tak berbulu ini hadir dengan mata biru yang tajam dan telinga yang cukup besar. Meskipun mereka tidak memiliki bulu, kulit mereka memiliki bulu pendek yang lembut dan mereka merasa sedikit seperti kain chamois.

Kucing bambino pada ukuran penuh akan memiliki berat antara 2 hingga 4 kg dan mencapai tinggi antara 17 sampai 20 cm.

Mereka cenderung hidup antara 12 dan 15 tahun dan kulit mereka berwarna putih, coklat, krem dan warna kucing lainnya. Bambino sangat mudah menyesuaikan diri dan sangat baik dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

7 dari 10 halaman

6. Kucing Dwelf

Kucing Dwelf adalah ras hibrida kompleks yang ditarik dari tiga garis keturunan yang berbeda yaitu Sphynx, American Curl, dan Dwarf Munchkin. Ini adalah jenis lain yang tidak berbulu seperti Bambino, tetapi memiliki telinga keriting.

Ras kucing yang relatif baru ini memiliki fitur seperti peri dan perawakan seperti kurcaci dengan kaki pendek. Kucing kecil ini tidak berbulu dan beratnya tidak lebih dari 5 kg.

Dwelf adalah jenis yang sangat ramah dan memiliki kepribadian yang digambarkan oleh beberapa orang hampir seperti anjing. Mereka suka berada di sekitar orang dan diikutsertakan dalam kegiatan sehingga mereka adalah kucing yang hebat untuk keluarga.

8 dari 10 halaman

7. Kucing Minskin

Kucing Minskin adalah ras hibrida kompleks yang ditarik dari tiga garis keturunan yang berbeda yaitu Sphynx, Devon Rex, Burma, dan Munchkin. Kucing ini adalah jenis kucing yang relatif baru. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1998 di Boston.

Kucing kecil ini bisa datang dengan bulu atau tanpa bulu. Cara terbaik untuk membedakan ras ini dari yang lain adalah ukurannya yang sangat kecil dan ekornya sering kali lebih panjang dari tubuhnya.

Dan meskipun ukurannya besar, kucing ini memiliki masalah kesehatan yang sangat sedikit. Mereka membutuhkan perawatan mingguan terutama jika mereka tidak berbulu. Kucing yang tidak berbulu harus dimandikan setiap minggu dengan sabun yang lembut dan tidak abrasif.

9 dari 10 halaman

8. Kucing Genetta

Kucing Genetta adalah campuran dari ras Bengal, Savannah, dan Munchkin. Genetta adalah jenis kucing yang relatif masih baru, kemunculan awalnya terjadi pada tahun 2006.

Kucing ini adalah ras yang ramah dan energik yang suka bermain dan mengejar. Ras Genetta juga memiliki tampilan yang sedikit liar yang bertentangan dengan sifatnya yang sangat suka diemong.

Kucing ini adalah kucing yang jinak dan sangat ideal untuk dipelihara di tengah-tengah keluarga. Mereka suka mencari perhatian dan interaksi kepada pemiliknya. Tidak cocok jika sering ditinggal sendirian di rumah. Kucing ini akan cenderung stres jika terlalu sering ditinggal sendirian.

Genetta memiliki warna perak, hitam, coklat, dan berbintik-bintik dan cenderung hidup antara sembilan hingga dua belas tahun.

 

 

10 dari 10 halaman

9. Kucing Siam

Kucing Siam adalah salah satu ras kucing yang paling dipuja dan terkenal. Mereka adalah kucing yang cerdas, banyak bicara, dan memiliki sifat yang baik, sehingga menjadi hewan peliharaan keluarga yang ideal.

Kucing Siam cenderung memiliki tubuh yang panjang tetapi kucing betina dapat memiliki berat kurang dari 2 kg. Tinggi mereka bisa mencapai sekitar 30cm sehingga tampak seperti kucing kecil yang lincah. Mereka cenderung memiliki kaki yang pendek dibandingkan dengan ukuran tubuh mereka yang lain.

Kucing ini memiliki bulu pendek yang unik, dengan tubuh berwarna terang dan bulu yang halus seperti sutra. Wajah, cakar, dan ekor mereka lebih gelap daripada bagian tubuh mereka yang lain. Dan semua kucing Siam memiliki mata biru yang menakjubkan.

Meskipun mereka adalah kucing dalam ruangan yang hebat, mereka mencari persahabatan dari pemiliknya, termasuk duduk di pangkuan dan meringkuk di tempat tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.