Sukses

3 Fitur Terbaru WhatsApp, dari Komunitas hingga Peningkatan Keamanan

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan November 2022, WhatsApp mengeluarkan fitur besarnya yang disebut dengan WhatsApp Communities

WhatsApp meluncurkan fitur Communities pada tanggal 3 November 2022. Dalam sebuah unggahan blog, perusahaan mengatakan bahwa pembaruan besar sedang diluncurkan secara global dan akan tersedia untuk semua pengguna. 

Dikutip dari laman resmi blog.WhatsApp, Selasa (15/11/2022), fitur baru WhatsApp komunitas tersebut dapat menghubungkan orang-orang di lingkungan sekitar, orang tua, serta tempat kerja. Dengan fitur ini, beberapa grup serupa bisa dimasukkan ke satu payung, guna memudahkan pengaturan percakapan di grup. 

Adapun cara menjalankan fitur WhatsApp Komunitas bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Untuk memulai, ketuk tab komunitas baru di bagian atas chat Anda di Android dan di bagian bawah di iOS. Dari sana Anda dapat memulai komunitas baru dari awal atau menambahkan grup yang sudah ada.
  • Setelah Anda berada di dalam komunitas, Anda dapat dengan mudah beralih di antara grup yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya, dan admin dapat mengirim pembaruan penting kepada semua orang di komunitas.

WhatsApp menghadirkan fitur ini agar pengguna terutama anggota dan admin grup WhatsApp bisa meningkatkan standar cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak dapat ditemui di aplikasi lain.

Seperti perusahaan perangkat lunak yang perlu mempercayai salinan pesan, maka dapat lebih aman karena WhatsApp menggunakan kemanan oleh enkripsi end-to-end.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Tambahan In Chat Polls

Selain WhatsApp Communities, WhatsApp menambahkan fitur in chat polls, yang dapat menampung panggilan video sampai 32 orang, dan grup yang lebih besar.

"Hari ini kami juga merilis tiga fitur lagi yang menurut kami akan membuat pengguna bersemangat, yakni kemampuan untuk membuat jajak pendapat dalam obrolan, panggilan video 32 orang, dan grup dengan hingga 1024 pengguna," demikian dikutip dari blog WhatsApp.

Sama seperti reaksi emoji, berbagi file yang lebih besar, dan penghapusan admin, fitur-fitur ini dapat digunakan di grup mana pun, tetapi akan sangat membantu untuk WhatsApp Communities.

Dalam hal tersebut WhatsApp sudah bekerja sama dengan lebih 50 organisasi di 15 negara untuk membangun fitur ini dalam memenuhi kebutuhan mereka. 

"Kami sangat senang bahwa umpan balik yang kami dengar sejauh ini adalah alat baru ini membantu kelompok-kelompok seperti ini mengatur dan mencapai tujuan mereka dengan lebih baik," tulis WhatsApp. 

Selama beberapa bulan mendatang akan masih banyak lagi rencananya fitur yang akan ditambah di aplikasi WhatsApp. 

3 dari 4 halaman

Fitur Baru Untuk Meningkatkan Privasi

Dikutip dari Augustman, pada tanggal 9 Agustus, CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa WhatsApp mendapatkan serangkaian fitur privasi baru yang ditingkatkan.

Zuckerberg mengatakan bahwa fitur-fitur tersebut akan membantu menjaga perpesanan WhatsApp se-privat dan seaman percakapan tatap muka.

Salah satu fitur yang paling penting adalah membiarkan pengguna keluar dari grup, tanpa adanya notifikasi dalam ruang obrolan yang dapat dilihat oleh anggota grup lainnya kecuali admin.

Namun fitur ini belum sempurna, pasalnya, semua anggota grup akan diberi tahu oleh notifikasi dalam kotak obrolan ketika seorang anggota keluar dari grup.

Kedua, pengguna akan dapat mengontrol siapa yang bisa melihat mereka secara online. Mereka bisa memilih kontak mana yang tidak akan bisa dilihat ketika pengguna sedang online.

Fitur ketiga akan membantu mereka yang mengirim pesan View Once. Fitur ini memungkinkan pesan hilang setelah penerima yang dituju telah melihatnya. Pembaruan fitur ini akan mencegah pengguna lain mengambil tangkapan layar pesan View Once sehingga bisa mengamankan privasi pengirim.

4 dari 4 halaman

Pengguna Whatsapp Perlu Tahu Fitur-Fitur Ini

Selain fitur besar pada bulan November yang sudah diluncurkan WhatsApp, seperti peningkatan pengamanan pesan, WhatsApp Communities, dan Chat-In Polls. Fitur berikut tidak kalah pentingnya, berikut fitur-fitur WhatsApp dikutip dari Augustman.

Pemutaran di luar obrolan

Fitur ini membantu Anda mendengar pesan suara di luar obrolan, sementara Anda membaca dan menanggapi pesan lain atau melakukan banyak tugas di smartphone Anda.

Jeda/lanjutkan perekaman (Pause/Resume)

Anda dapat menjeda perekaman pesan suara Anda untuk, misalnya, mengumpulkan pikiran Anda atau menghilangkan gangguan dan melanjutkan perekaman setelah siap.

Visualisasi bentuk gelombang (Waveform visualisation)

Ini menunjukkan representasi visual dari suara, pada pesan suara, untuk menunjukkan bahwa rekaman sedang aktif.

Pratinjau konsep (Draft Preview)

Anda dapat mendengarkan pesan suara Anda sebelum mengirimkannya ke orang yang Anda cintai atau klien.

Ingat pemutaran (Remember playback)

Jika Anda menekan pause saat mendengarkan pesan suara dalam obrolan, fitur ini memungkinkan Anda melanjutkan dari tempat Anda tinggalkan.

Pemutaran cepat pada Pesan yang Diteruskan (Fast playback on Forwarded Messages)

Fitur ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan kecepatan pesan suara biasa dan pesan suara yang diteruskan menjadi 1,5x atau 2x, untuk mendengarkannya lebih cepat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS