Sukses

Waspada, 7 Makanan Ini dapat Membahayakan Sistem Kekebalan Tubuh

Anda mungkin tidak menyadari beberapa makanan tertentu memiliki nilai gizi rendah dan dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pasti ingin memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat dan karenanya kita harus menerapkan gaya hidup sehat. Caranya bisa dengan makan dengan benar dan berolahraga hingga tidur yang cukup. Kita melakukan semuanya untuk menghindari berbagai jenis penyakit.

Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat orang menyadari pentingnya memiliki kekebalan yang kuat, tetapi juga membuat mereka lebih memahami mekanisme pertahanan alami tubuh mereka. Sistem kekebalan tubuh berkaitan erat dengan kesehatan usus.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi ada beberapa makanan tertentu yang memiliki nilai gizi rendah dan dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan makanan yang tinggi kalori, gula, lemak jenuh dan mengandung garam berlebih dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk menghindarinya agar memastikan Anda selalu sehat.

Jaga kekebalan tubuh Anda agar tetap kuat untuk melawan penyakit dengan menghindari makanan-makanan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Melansir Health Shots (14/11/2022), berikut adalah 7 makanan yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda.

1. Soda dan Alkohol

Minuman seperti soda, jus, teh manis, minuman berenergi, dan alkohol telah dikaitkan dengan dampak negatif pada kesehatan manusia. Minuman-minuman ini dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol, mengganggu kadar gula darah, dan mengganggu fungsi insulin yang semuanya dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, minuman semacam itu dikenal karena mengganggu ritme sirkadian. Oleh karena itu, minuman tersebut juga dapat mempengaruhi siklus tidur yang berhubungan erat dengan fungsi kekebalan tubuh Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Permen

 

Lonjakan kadar gula darah setelah asupan permen dapat mengganggu jalur kekebalan tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Permen dan jeli kaya akan gula yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh meningkatkan produksi radikal bebas yamg terkait dengan kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular yang dapat melemahkan sel darah dan menyebabkan peradangan.

3. Keripik Kentang

Kita semua kecanduan makanan yang digoreng, tetapi makanan ini bisa sangat buruk bagi sistem kekebalan tubuh Anda karena tinggi lemak dan kandungan lemak.

Makanan yang digoreng, seperti keripik kentang, adalah penyebab utama di balik gangguan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

3 dari 4 halaman

4. Daging merah

 

Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba mengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol darah Anda. Hal ini tidak hanya akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda terpukul, tetapi juga terbukti memiliki efek buruk pada kesehatan jantung Anda.

5. Roti tawar putih

Roti tawar putih, biskuit, kue, dan kue kering memiliki efek yang sangat negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda karena terbuat dari tepung putih, yang cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi. Makanan ini juga dapat menyebabkan peradangan, resistensi insulin, dan penambahan berat badan.

 

4 dari 4 halaman

6. Es Krim

Es krim adalah makanan yang manis dan menyegarkan, tetapi dikemas dengan krim lemak dan susu yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan gula yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Oleh karena itu, es krim dalam jangka panjang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

7. Kopi

Karena tinggi antioksidan dan sifat anti-inflamasi, kopi baik untuk kesehatan, tetapi tingkat keasaman dalam kopi berkontribusi pada tingkat asam tinggi secara keseluruhan di dalam tubuh dan terlalu banyak asupan kafein menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan sakit perut yang dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain makanan-makanan ini, Anda juga harus menghindari makanan olahan dan minyak olahan, seperti minyak kedelai, jagung, dan bunga matahari, karena mereka dapat memiliki efek buruk pada kesehatan usus dan menghambat sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.