Sukses

7 Minyak yang Bisa Masuk Dalam List Perawatan Rambut Kamu, Yuk Cari Tahu!

Liputan6.com, Jakarta - Penipisan rambut adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang. Kurangnya perawatan, menggunakan produk penata rambut yang panas, bahan kimia keras, dan polusi serta kerusakan akibat sinar matahari, dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut.

Salah satu efek sampingnya juga bisa berupa penipisan rambut, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada kerusakan dan kerontokan rambut.

Tetapi untungnya beberapa kesengsaraan pada rambut ini dapat diatasi dengan beberapa jenis minyak. Beberapa jenis minyak dapat digunakan untuk mengontrol rambut rontok dan menipis.

Pengetahuan tentang kebaikan minyak alami telah diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Meminyaki rambut Anda dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan rambut.

Impian untuk memiliki rambut yang kuat, tebal, dan sehat dapat benar-benar terpenuhi ketika Anda memasukkan jenis minyak tertentu dalam rutinitas perawatan rambut.

Salah satunya minyak argan. Minyak argan adalah pelindung alami untuk rambut Anda karena melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan panas.

Kemudian minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak pelembab lainnya untuk rambut yang membantu pertumbuhan dan mencegah penipisan rambut.

Lalu, selain mudah diakses, minyak kelapa adalah salah satu minyak rambut yang memiliki banyak manfaat untuk rambut.

Vitamin dan mineral yang ada dalam minyak kelapa membantu memperkuat rambut dan juga membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

Melansir Health Shots, Selasa (8/11/2022), berikut 7 minyak yang dapat digunakan untuk mengontrol penipisan dan kerontokan rambut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Minyak Argan dan Minyak Jarak

1. Minyak Argan

Minyak argan berasal dari biji pohon argan (Argania spinosa) yang banyak ditemukan di negara Maroko.

Minyak argan dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda. Minyak argan adalah pelindung alami untuk rambut Anda karena melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan panas.

Selain itu, kaya akan antioksidan dan vitamin E yang meningkatkan kesehatan kulit kepala, sehingga membuat rambut sehat dan tebal. Minyak argan juga merawat ujung rambut yang bercabang yang paling bertanggung jawab atas kerontokan rambut.

2. Minyak Jarak

Minyak jarak berasal dari ekstrak biji jarak. Minyak jarak adalah minyak kental dan bergizi yang melembabkan kulit kepala.

Minyak jarak meningkatkan sirkulasi darah yang membantu dalam memberikan nutrisi penting untuk menumbuhkan rambut Anda. Kulit kepala yang ternutrisi memastikan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Minyak jarak secara efektif merawat kulit kepala kering dan terkelupas karena sifatnya yang melembapkan dan melembutkan dan membantu memiliki rambut panjang dan tebal.

 

3 dari 4 halaman

Minyak Zaitun dan Minyak Bawang

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Minyak zaitun adalah minyak pelembab lainnya untuk rambut yang membantu pertumbuhan rambut dan mencegah penipisan rambut.

Minyak ini sarat dengan kebaikan antioksidan, dan vitamin E, dan kehadiran asam oleat dalam minyak zaitun memungkinkan minyak untuk menutrisi rambut secara mendalam dari akarnya.

Hal ini juga efektif dalam mengobati ketombe yang merupakan salah satu alasan rambut rontok. Dengan penggunaan minyak zaitun secara teratur, rambut menjadi lebih lembut dan halus.

4. Minyak Bawang 

Bawang bombay dikenal dapat meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Minyak bawang kaya akan belerang yang mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah penipisan rambut.

Selain itu, minyak bawang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang menyebabkan rambut tebal dan kuat. Folikel rambut yang cukup diberi nutrisi oleh minyak bawang merupakan anugerah untuk rambut sehat.

4 dari 4 halaman

Minyak Almond hingga Minyak Nimba

 5. Minyak Almond

Minyak almond sangat bagus untuk rambut kering dan rusak. Ia bekerja sebagai agen perbaikan yang sangat baik untuk rambut karena mengandung vitamin E, asam lemak, dan protein penting lainnya yang mempromosikan rambut.

Minyak ini juga bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut karena kualitasnya yang bergizi. Magnesium yang hadir dalam minyak almond membantu dalam memerangi penipisan rambut dan kerontokan rambut.

6. Minyak Kelapa

Selain mudah diakses, minyak kelapa adalah salah satu minyak rambut yang memiliki banyak manfaat untuk rambut. Minyak ini memelihara kulit kepala dan membuat batang rambut lebih kuat.

Vitamin dan mineral yang ada dalam minyak kelapa membantu memperkuat rambut dan juga membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

7. Minyak Nimba

Minyak nimba atau neem oil adalah minyak yang diproses dari biji yang diperoleh dari pohon nimba. Minyak nimba telah menjadi minyak rambut favorit selama berabad-abad.

Karena sifat antimikroba dan antijamurnya, minyak nimba sangat efektif dalam memerangi ketombe dan membantu menenangkan kulit kepala yang gatal atau iritasi.

Minyak ini juga diperkaya dengan asam lemak yang berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang lebih baik dan lebih cepat. Minyak ini memperkuat rambut dari akarnya memastikan pencegahan penipisan dan kerusakan rambut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS