Sukses

Minyak Aprikot, Solusi Alami Atasi Masalah Kulit dan Rambut

Minyak aprikot juga dikenal sebagai minyak kernel apricot. Minyak aprikot adalah minyak pembawa yang diekstraksi dari kernel dan biji aprikot.

Liputan6.com, Jakarta Berasal dari biji buah aprikot, minyak berwarna keemasan ini telah terbukti menjadi solusi alami dan serbaguna untuk berbagai masalah kulit dan rambut.

Kaya akan asam lemak esensial, vitamin, dan antioksidan, ketahui apa saja manfaat minyak aprikot untuk merawat kulit hingga rambut.

“Minyak aprikot dapat meningkatkan kesehatan rambut karena kaya akan kandungan vitamin, asam lemak, dan antioksidan. Ini dapat membantu menutrisi kulit kepala, memperkuat folikel rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, sifat pelembab minyak aprikot dapat memperbaiki tekstur rambut dan mengurangi rambut kusut,” jelas dermatolog bersertifikat Chaudhry seperti melansir Pinkvilla, Jumat (1/9/2023).

Apa itu Minyak Aprikot?

Minyak aprikot juga dikenal sebagai minyak kernel apricot. Minyak aprikot adalah minyak pembawa yang diekstraksi dari kernel dan biji aprikot.

Minyak ini diperoleh melalui metode pengepresan dingin yang membantu mempertahankan senyawa alami dan nutrisinya. Warnanya kuning pucat dan memiliki aroma lembut dan pedas.

Dalam bidang perawatan kulit, ia banyak dicari karena sifatnya yang menghidrasi. Kaya akan asam lemak esensial dan vitamin A dan E, menutrisi kulit dengan lembut.

Selain itu, minyak aprikot memiliki sifat antioksidan yang membantu meningkatkan hidrasi, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain perawatan kulit, minyak aprikot juga ditambahkan ke produk perawatan rambut untuk mengkondisikan rambut dan menambah kilau alami.

Meskipun bukan minyak goreng yang banyak digunakan dalam bidang kuliner, minyak ini banyak digunakan karena rasanya yang khas dan titik asapnya yang tinggi sehingga menjadikannya alternatif yang bagus untuk menumis dan menumis.

Jika seseorang diketahui memiliki alergi kacang, sebaiknya hindari penggunaan minyak ini karena berpotensi menimbulkan reaksi alergi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Aprikot untuk Rambut

Jika dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut, minyak aprikot memiliki sederet manfaat. Berikut enam manfaat minyak aprikot untuk rambut.

1. Melembabkan dan Mengondisikan Rambut

Karena minyak aprikot ringan, ia mampu menembus batang rambut secara efisien. Hal ini membuat rambut sangat terhidrasi dan lembap, membantu melembutkan rambut kering dan rapuh sekaligus menenangkan rambut kusut dan membuatnya lebih mudah diatur.

2. Memperkuat Rambut

Minyak aprikot kaya akan vitamin A yang membantu memperkuat setiap helai rambut dari akar hingga ujung. Ia juga memiliki kekuatan untuk memperbaiki rambut yang rusak dan lemah, sehingga mengurangi kerusakan dan ujung rambut bercabang secara keseluruhan.

“Ini dapat melembabkan dan melembutkan kulit, menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit kering atau sensitif. Kandungan vitamin E dan asam lemak dalam minyak berkontribusi pada kemampuannya untuk menutrisi kulit, meningkatkan elastisitasnya, dan membuat kulit lebih bercahaya.

Namun kita harus selalu ingat untuk melakukan uji tempel sebelum mengaplikasikan produk baru untuk memastikan kulit Anda tidak bereaksi negatif,” jelas Chaudhry lebih lanjut.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Asam lemak esensial seperti asam linoleat yang terdapat dalam minyak aprikot membantu memberikan nutrisi pada folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dengan penggunaan yang konsisten pada kulit kepala, minyak aprikot dapat membantu memperlancar pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok

4. Menenangkan Kulit Kepala

Minyak kernel aprikot mengandung khasiat menenangkan yang meredakan masalah kulit kepala, seperti ketombe, gatal, dan kekeringan. Ini menghidrasi kulit kepala dan membantu mengurangi kulit kepala yang mengelupas, sehingga meningkatkan kondisi kulit kepala yang sehat.

5. Membuat Rambut Berkilau

Minyak aprikot efektif melapisi batang rambut, menghaluskan kutikula, dan menambah kilau alami pada rambut. Hal ini meningkatkan penampilan secara keseluruhan, membuatnya tampak bergizi dan sehat.

6. Melindungi Terhadap Kerusakan

Minyak aprikot kaya akan antioksidan seperti Vitamin E yang membantu melindungi rambut dari kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ini berfungsi sebagai penghalang yang melindungi rambut dari sinar UV yang berbahaya, perawatan kimia, dan panas dari alat penata rambut.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Aprikot untuk Kulit

Di samping itu, minyak aprikot juga mampu merawat kulit, antara lain sebagai berikut.

1. Melembabkan Kulit

Minyak aprikot bekerja sangat baik untuk menghidrasi dan melembabkan kulit karena kaya akan asam lemak dan vitamin. Ini memberi nutrisi pada kulit, membuatnya terlihat dan terasa halus, kenyal, dan lembab. Jika digunakan secara konsisten, ini dapat membantu melawan kekeringan dan mencegah hilangnya kelembapan, memastikan kulit Anda halus dan segar.

2. Membantu Menunda Tanda-tanda Penuaan

Karena minyak aprikot mengandung antioksidan seperti vitamin A dan E, minyak ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas ( 12 ), ( 13 ).

Radikal bebas diketahui mempercepat proses penuaan, dan juga berkontribusi pada pembentukan garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Jika sering digunakan, minyak aprikot dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuat Anda tampak lebih muda.

3. Meningkatkan Warna Kulit

Sifat emolien yang terkandung dalam minyak aprikot menjadikannya perawatan yang efektif untuk meningkatkan warna dan tekstur kulit.

Sebagai emolien alami, membantu mengurangi munculnya noda, menghaluskan warna kulit, dan membuat kulit Anda bercahaya lembut. Jika digunakan dalam krim dan serum wajah, berfungsi membuat kulit tampak sehat dan bercahaya.

4. Membantu Meredakan Peradangan Kulit

Minyak kernel aprikot mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu menenangkan dan menenangkan berbagai kondisi kulit seperti jerawat vulgaris. Saat Anda mengoleskan minyak aprikot ke kulit, minyak ini dapat meredakan dan mempercepat penyembuhan, mengurangi rasa gatal, kemerahan, dan peradangan.

5. Lembut dan Non-komedogenik

Minyak aprikot secara alami ringan dan tidak lengket sehingga dapat diserap secara efisien oleh kulit. Tidak menyumbat pori-pori atau menimbulkan jerawat, sehingga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan kulit yang rentan berjerawat dan komedo.

Karena sangat lembut dan lembut, ini adalah pilihan ideal untuk pembersihan minyak, pijat wajah, atau sebagai bahan dasar formulasi perawatan kulit.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Aprikot memiliki campuran nutrisi dan antioksidan serta asam lemak esensial yang menjamin kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Elemen-elemen ini menjaga kulit dari kerusakan lingkungan, merangsang regenerasi sel, dan mendukung fungsi pelindung kulit yang sehat. Untuk menjaga kecerahan dan ketahanan kulit, Anda disarankan untuk sering menggunakan minyak aprikot.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.