Sukses

8 Cara Mencerahkan Ketiak Gelap dengan Bahan Alami

Warna gelap pada area ketiak sulit dihilangkan karena kulit ketiak bersifat sensitif. Memutihkan ketiak dengan perawatan secara rutin di dokter kecantikan mungkin menjadi hal yang mudah. Namun, cara ini cukup menguras biaya yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda merokok, saatnya untuk segera memeriksa warna ketiak Anda. Menurut sains, merokok menyebabkan hiperpigmentasi, yang akan menyebabkan ketiak gelap.

Ketiak merupakan salah satu area yang sering mengalami hiperpigmentasi, yakni ketika melanin berlebihan yang menyebabkan munculnya bintik hitam atau warga gelap di kulit.

Sekadar informasi, memiliki ketiak yang gelap juga merupakan tanda bahwa kesehatan Anda mungkin sedang bermasalah.

Melansir dari Medical News Today, Senin (31/10/2022), penyakit diabetes, kanker, obesitas, hingga konsumsi obat-obatan merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit ketiak gelap.

Tak hanya itu, beberapa kebiasaan yang sering dilakukan secara tidak sadar juga mungkin menyebabkan ketiak menghitam.

Berikut beberapa alasan utama di balik perubahan warna ketiak menjadi gelap:

  • Terlalu sering menggunakan deodoran
  • Mencukurnya dan tidak melembapkannya dengan benar
  • Akumulasi kulit mati
  • Infeksi bakteri, karena keringat berlebih
  • Mengenakan pakaian ketat yang dapat menyebabkan abrasi
  • Diabetes dan obesitas juga bisa menyebabkan ketiak hitam
  • Melanosis perokok, yaitu hiperpigmentasi yang disebabkan oleh merokok

Warna gelap pada area ketiak sulit dihilangkan karena kulit ketiak bersifat sensitif. Memutihkan ketiak dengan perawatan secara rutin di dokter kecantikan mungkin menjadi hal yang mudah. Namun, cara ini cukup menguras biaya yang tak sedikit.

Anda bisa coba menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Melansir dari Helath shots, berikut beberapa pengobatan rumahan untuk memutihkan ketiak secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman obat yang mengandung sifat antibakteri yang menenangkan kulit yang meradang dan mencerahkan ketiak yang berubah warna.

"Pijat ketiak Anda dengan gel lidah buaya, biarkan mengering selama sekitar 20 menit. Ini membantu menghilangkan ketiak yang gelap,” saran dokter kulit, dr Ajay Rana.

2. Atur Berat Badan

Obesitas dan penambahan berat badan adalah salah satu alasan utama di balik ketiak gelap, itulah mengapa ini perlu ditangani secepatnya.

3. Cobalah cuka sari apel

Cuka sari apel adalah bahan utama yang kaya akan asam amino dan asam laktat. Ini membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan mengurangi bekas luka.

Cuka sari apel mengandung sifat astringen utama yang membuka pori-pori dan mengurangi munculnya kegelapan kulit. Ambil cuka sari apel di atas kapas, tepuk-tepuk ke area ketiak dan biarkan, sampai benar-benar kering sebelum dibilas. 

3 dari 4 halaman

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit ketiak yang gelap. Namun, tidak semua ketiak hitam bisa diatasi dengan jeruk nipis. Ketiak yang gelap karena kondisi medis tertentu tidak bisa diatasi dengan jeruk nipis, seperti diabetes, obesitas, atau infeksi tertentu. 

Cara menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan ketiak cukup mudah, yaitu dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Lalu, peras dan oleskan airnya pada bagian ketiak yang hitam. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Kemudian beri pelembab setelahnya.

5. Soda kue 

“Soda kue adalah eksfoliator alami yang membuka pori-pori dan mencerahkan ketiak yang gelap. Lemon juga mengandung sifat antiseptik dan dikenal sebagai bahan pemutih alami,” kata dr Rana.

Untuk menggunakannya, campurkan soda kue dan lemon untuk membuat pasta. Kemudian oleskan scrub ini ke ketiak Anda selama beberapa menit, bilas menggunakan air hangat, dan selesaikan dengan melembabkan kulit Anda.

4 dari 4 halaman

6. Kunyit

dr Rana menyarankan bahwa kunyit mengandung sifat penyembuhan dan pencerah kulit yang utama, jadi mengoleskannya ke area ketiak akan mencerahkan kulit serta mengurangi rasa gatal.

7. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk ketiak adalah mencegah bau menyengat, mencerahkan area gelap ketiak, menjaga kelembaban kulit, serta mempercepat pengelupasan kulit rusak dan mati. Minyak satu ini mengandung vitamin E alami yang tinggi dan berperan dalam menjaga kesehatan kulit. 

Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan ketiak cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Anda dapat mengulangi langkah ini setiap hari setelah mandi.

8. Kentang

Siapa sangka kentang bisa menjadi penyelamat ketiak. Kentang sangat bagus untuk mengatasi pigmentasi dan perubahan warna di ketiak.

Untuk mengaplikasikannya pada ketiak, kupas kentang dan peras jusnya, oleskan langsung pada ketiak dan bilas setelah 10-15 menit. Percayalah, kentang juga membantu menghaluskan dan melembutkan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.