Sukses

5 Alasan Mereka yang Tidak Menyukai Kucing

Meski kucing adalah hewan yang imut dan menggemaskan, ternyata beberapa orang tidak menyukai kucing atau bahkan mungkin membencinya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski kucing adalah hewan yang imut dan menggemaskan. Meski begitu, ternyata ada beberapa orang tidak menyukai hewan tersebut atau bahkan mungkin membencinya.

Bagi mereka yang memiliki kecintaan terhadap kucing dan menganggap hewan mungil itu sebagai anggota keluarganya, pasti akan merasa heran.

Tetapi meskipun kita mungkin tidak mengerti mengapa beberapa orang mungkin tidak menyukai sifat-sifat yang dimiliki sebagian besar kucing, mereka memiliki alasan tersendiri.

Meski terkadang alasannya tidak bisa dimengerti dan banyak yang tidak rasional, masih ada beberapa alasan logis untuk menghindari kucing.

Melansir The Spruce Pets, Senin (31/10/2022), ada beberapa alasan logis kenapa seseorang tidak menyukai kucing seperti berikut:

 

1. Alergi Kucing 

Alasan ini dapat dimengerti mengapa orang yang alergi terhadap kucing menolak berada di dekat mereka. Mereka mungkin tidak membenci kucing itu sendiri, tetapi mereka mungkin membenci cara bulu kucing memicu gejala alergi ringan hingga parah.

Bulu kucing dan bulu hewan peliharaan lainnya sebenarnya bukan biang keladinya, pemicunya adalah reaksi terhadap protein pelindung bulu yang disekresikan oleh kulit kucing. Orang dengan alergi kucing akan bereaksi terhadap molekul protein yang disekresikan ke dalam air liur atau urin kucing.

Ada kepercayaan luas bahwa alergi kucing hanya berasal dari debu fisik dan bulunya. Masyarakat umum kurang menyadari penyebab sebenarnya adalah reaksi yang bersifat kimiawi yang mampu memicu reaksi yang sangat kuat tersebut.

Alergi kucing bisa sangat parah hingga menyebabkan reaksi anafilaksis seperti alergi yang mengancam jiwa terhadap kacang dan makanan lainnya. Bahkan dapat menyebabkan penutupan saluran udara, hal ini membutuhkan perhatian medis darurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kucing Menjadikan Kotoran Sebagai Tanda Teritorial

Kebanyakan kucing akan memilih untuk buang air besar di luar di kebun dengan tanah subur dan menggalinya hingga dalam, bahkan jika tanah itu ada di halaman tetangga.

Kucing yang suka berkeluaran di luar akan membiarkan kotorannya terbuka sebagai tanda teritorial untuk menyampaikan informasi ke kucing lain di area tersebut.

Rumah tetangga mungkin tidak akan terhindar, karena kucing tidak memahami garis properti atau batas halaman lainnya.

Ketika kucing rumahan melihat kucing asing di halamannya, ia mungkin secara refleks bertindak agresif terhadap yang terdekat. Dimana, mungkin salah satu teman serumahnya itu tidak bersalah.

Selain buang air besar, kucing juga akan banyak menyemprotkan urin ke dinding luar dan pintu tempat tinggal lain di lingkungan itu untuk menandai wilayah luar mereka.

Hal ini sangat menyebalkan bagi orang-orang yang menjaga kebersihannya, sehingga mereka tidak menyukai kucing.

3 dari 5 halaman

3. Membunuh Burung

Kucing, sebagai karnivora wajib adalah predator. Maupun kucing itu hanya di dalam ruangan, bebas berkeliaran tetapi dimiliki, atau liar dan tersesat, burung dan tikus adalah mangsa favorit kucing.

Bagian penting dari semua perawatan yang dikelola untuk kucing yang biasa diluar adalah memberi makan kucing sehingga akan menghalangi kebutuhan mereka untuk membunuh burung liar sebagai makanan.

kucing peliharaan pun dapat mengganggu burung peliharaan lain karena menganggap mereka mainan yang unik.

Pemilik harus berhati-hati dalam memisahkan keduanya.Pemilik kucing juga dapat melakukan hal untuk melindungi burung mereka dari kucing mereka.

Pikirkan tentang menambahkan sangkar burung dan bahan sarang burung ke lingkungan Anda, sementara pada saat yang sama menyediakan lebih banyak aktivitas bagi kucing untuk terlibat selain satwa liar. Kucing senang melihat pengumpan burung melalui jendela.

4 dari 5 halaman

4. Menggigit dan Mencakar

Kucing mampu dan mau mengomunikasikan suka dan tidak suka mereka. Mereka sering berkomunikasi dengan cukup vokal, dan kadang-kadang bahkan secara fisik, dengan pukulan cepat dari cakar yang terentang ketika terlalu banyak membelai berlebihan.

Komunikasi dengan fisik merupakan salah satu hal yang membuat orang lain enggan mendekati kucing. 

Perilaku mencakar dan menggigit yang agresif ini telah dipelajari kucing sejak masa anak-anak. Kucing yang diajari bahwa tangan manusia adalah mainan akan sering menggigit tangan pemiliknya saat dewasa.

Mungkin hal ini menjadi pengalaman buruk dengan kucing. orang dewasa harus selalu hadir untuk mengajari anak dan kucing tentang batas aman bermain.

Banyak keluarga yang bahkan melepaskan kucing pertama mereka karena perilaku mencakar atau menggigit yang disalahpahami ini.

 

5 dari 5 halaman

5. Hubungan yang Rumit dengan Manusia

Beberapa orang tidak menyukai kucing karena mungkin sebelumnya mereka pernah memilikinya dan mendapatkan pengalaman buruk yang.

Jika seseorang membuat kucing tidak nyaman atau ketakutan, kucing pasti akan memberitahukannya dengan mendesis atau memukul.

Dibandingkan dengan anjing, kucing mungkin tampak lebih sensitif. Memahami kucing menjadi lebih sulit . Namun, di alam, kucing dan anjing berevolusi dengan gaya hidup yang sangat berbeda. Anjing berevolusi untuk hidup dalam kelompok keluarga, karena kerja tim diperlukan untuk berburu mangsa besar.

Kucing liar memakan mangsa yang lebih kecil dan berevolusi menjadi pemburu dan pemancing tunggal. Namun sifat independen kucing yang sama itulah yang membuat mereka sangat mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan rutinitas kita sehari-hari.

Selama kucing disosialisasikan kepada manusia sebagai anak kucing, kucing dapat membentuk ikatan yang erat dengan manusianya. Tetapi ketika kucing yang mandiri bertindak dengan cara yang angkuh, itu paling sering disebabkan oleh orang baru yang datang ke rumah.

Bahkan kucing yang pemalu itu jeli dan menilai keamanan relatif pendatang baru. Berikan waktu untuk belajar, kucing biasanya akan datang untuk menerima mereka sebagai teman dan pengasuh yang terpercaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.