Sukses

5 Pemain Basket NBA dengan Gaji Tertinggi Sepanjang 2022

Beberapa atlet basket pemain NBA masuk menjadi jajaran dengan penghasilan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya selebriti dan pebisnis, ternyata profesi atlet juga memiliki income yang tinggi. Mengapa demikian?

Karena para atlet tersebut menekuni dan berkompetisi pada satu atau lebih bidang olahraga, yang mana menggunakan kemahiran serta kekuatan fisiknya.

Atlet memiliki keterampilan dan bakal luar biasa yang tidak dimiliki orang lain dan umumnya mereka sangat dihargai karena memiliki kemampuan tersebut yang kemungkinan besar diasah sejak dini. Itulah sebabnya mengapa atlet memiliki income yang tinggi, lantaran melewati proses yang tidak instan.

Dilansir dari Spectatornews, profesi atlet olahraga profesional secara langsung bertanggung jawab atas dirinya sendiri maupun tim-nya.

Jika mereka tidak melakukan pekerjaannya dengan baik, maka memliki sedikit penggemar sehingga berimbas ke pendapatan yang kecil.

Sementara, jika seorang atlet melakukan pekerjaannya dengan baik, maka akan menghasilkan beberapa peluang besar, seperti banyaknya kontrak bersama media, memberikan dampak ke individu lain, hingga meningkatkan bisnis mereka.

Terkait dengan profesi, atlet basket merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki penghasilan yang tinggi. Siapa yang tak asing mendengar liga bola basket profesional yang ternama di Amerika Serikat, yakni National Basketball Association (NBA).

Nah, beberapa atlet basket pemain NBA tersebut masuk menjadi jajaran dengan penghasilan tinggi. Salah satunya Stephen Curry. 

Ia diketahui baru saja memulai perpanjangan kontrak 4 tahun senilai 215 juta Dolar AS yang akan membayarnya 59,6 juta Dolar AS untuk musim 2025 sampai 2026.

Berikut sederet pemain NBA dengan income tertinggi pada 2022 melansir Forbes dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lebron James (124,5 Juta Dolar AS)

Pada peringkat pertama, ada penyerang Lakers yakni Lebron James yang dinobatkan sebagai miliarder. Hanya sepuluh atlet yang telah melampaui 100 juta Dolar AS dalam pendapatan sebelum pajak dalam satu tahun.

Menurut Forbes, King James adalah salah satu dari lima atlet yang telah mencapai pendapatan tertinggi dalam olahraga tim (setelah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar).

Namun sebagian besar pekerjaan di luar lapangan pebasket Lakers dengan nomor punggung 6 ini, yakni sebagai investor dan pengusaha. Bisnis pengembangan yang ia dirikan dihargai sekitar 725 juta Dolar AS dalam kesepakatan tahun lalu.

Selain itu, pria berusia 37 tahun ini juga berinvestasi di beberapa perusahaan besar. Ia juga salah satu pendiri perusahaan suplemen nutrisi olahraga.

Dengan pendapatan sebelum pajak sebesar 124,5 juta Dolar AS dari gajinya di lapangan tahun 2022 sampai 2023 ditambah uang tunai tahunan di luar lapangan dari endorsement dan usaha bisnis lainnya.

Maka James akan menjadi pemain NBA dengan bayaran tertinggi yang pernah ada, melampaui perkiraan 121,2 juta Dolar AS yang ia hasilkan setelah pajak.

3 dari 6 halaman

2. Stephen Curry (95,1 Juta Dolar AS)

Stephen Curry baru saja memulai perpanjangan kontrak 4 tahun senilai 215 juta Dolar AS yang akan membayarnya 59,6 juta Dolar AS untuk musim 2025 sampai 2026.

Bintang Golden State ini menempati urutan kedua dengan pendapatannya di luar lapangan total 95,1 juta Dolar AS, yang mana menjadi rekor pendapatan NBA baru-baru ini pada musim 2019 sampai 2020.

Pria berusia 34 tahun ini dikenal memiliki kemampuan ball handling yang baik, tak heran jika ia sering mendapat gelar MVP Final NBA.

Selain itu, pebasket dengan julukan 'Chef Curry' ini pun berhasil menjadi pencetak 3 poin terbanyak sepanjang sejarah NBA dalam kemenangan timnya di markas New York Knicks di Madison Square Garden pada 2021 silam.

4 dari 6 halaman

3. Kevin Durant (88 Juta Dolar AS)

Setelah gagal mencari pertukaran selama musim panas, Durant menetap kembali dengan timnya Brooklyn Nets untuk musim pertama dari perpanjangan 4 tahun senilai 198 juta dolar AS yang ia tandatangani pada 2021 silam.

Penyerang berusia 34 tahun ini sudah menitih karier selama 15 tahun lamanya, yang mana sebanyak 12 kali All-Star dan satu kali MVP, ia telah menghasilkan lebih dari 300 juta Dolar AS.

Pria dengan julukan 'Captain America' ini pun memiliki mitra bisnisnya, Rich Kleiman’s Ventures, dan memiliki portofolio investasi yang mencakup lebih dari 75 peruahaan.

Beberapa dari investasi tersebut meraup kesuksesan, seperti investasinya ke Coinbase, yang IPO pada 2021 lalu, dilaporkan bernilai 53 kali lipat dari apa yang awalnya ia investasikan di puncak perusahaan.

5 dari 6 halaman

4. Giannis Antetokounmpo (86,5 Juta Dolar AS)

Antetokounmpo adalah satu-satunya dari lima pemain dengan pendapatan tertinggi di NBA yang belum menginjak usia 30 tahun.

Penyerang klub Bucks yang berusia 27 ini sempat menjadi aktor film Rise yang rilis di Disney+ pada bulan Juni. Selain itu, selama berkarier di dunia perbasketan, ia pernah menjadi MVP NBA pada 2019 dan 2020 silam.

Diketahui, ia baru saja membuka toko, AntetokounBros, yang bekerja sama dengan 4 saudara laki-lakinya di bandara kota asalnya, yakni Athena, Yunani.

Walaupun baru mengenal basket pada 2008 silam, ia sempat bergabung di Filathlitikos bersama dengan kakaknya.

Dengan tampilan yang memukai hingga ingin direkrut oleh beberapa tim di Yunani, tak heran pebasket dengan julukan 'Greek Freak' ini menjadi salah satu pemain terbaik NBA dengan pendapatan yang tinggi.

6 dari 6 halaman

5. Russell Westbrook (82,1 Juta Dolar AS)

Selain Lebron James, salah satu pemain Lakers yakni Westbrook kembali melanjutkan kontraknya dengan ketetapan 47,1 juta dolar AS.

Pria berusia 33 tahun ini, penduduk asli daerah Los Angeles yang memiliki 10 dealer mobil di California.

Ia juga meluncurkan bisnis media bernama RW Digital pada bulan Juli, dan bekerja sama dengan perusahaan pemasaran  untuk membantu para band menjangkau konsumen yang beragam.

Pebasket ini terkenal dengan gaya berkaiannya yang padu dan menjadi trend setter di Amerika Serikat, serta dijuluki sebagai 'Mr. Triple Double', lantaran ia menjadi satu-satunya pemain yang mencatatkan triple-double selama tiga musim berturut-turut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.